Penjelasan Ping, Ini Dia Yang Buat Internet Kamu Stabil!

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 12 Mei 2017, 11:00
Internet tidak stabil, disebabkan nilai ping yang tinggi. Apakah kamu sudah mengerti apa itu ping? Kok bisa ya ping menentukan kestabilan koneksi internet? Yuk simak!

Hampir semua komputer di seluruh dunia saat ini sudah terhubung ke internet, membuat internet menjadi hal yang biasa. Meski internet sudah tersebar luas, tapi tetap saja tidak semua tempat internet kencang. Bahkan beberapa tempat kerap mengalami internet terputus-putus atau tidak stabil.

Internet tidak stabil, disebabkan nilai ping yang tinggi. Apakah kamu sudah mengerti apa itu ping? Kok bisa ya ping menentukan kestabilan koneksi internet? Yuk simak!

BACA JUGA
  • REKOR! Inilah Jaringan Internet Tercepat Dengan Kecepatan 100 Gbps
  • Ingin Internetan Gratis, Anak ini Berhasil Hack Jaringan 4G
  • 10 Negara Dengan Jaringan Internet 4G LTE Tercepat di Dunia

Penjelasan Ping Yang Membuat Internet Kamu Stabil

Sumber foto: Gambar: SpeedTest

Dilansir melalui video Techquickie. Ping merupakan metode untuk mengukur waktu berkirim paket data dari mulai kirim dan terima antara dua perangkat, biasanya memiliki satuan ms (mili second). Contohnya komputer A mengirim data ke komputer B, lalu komputer B mengirim balasan ke komputer A, ini adalah ping.

Sumber foto: Gambar: HowToGeek

Seberapa penting ping?

Ping rendah akan sangat penting apabila kamu memakai software yang berfokus pada kecepatan data, bukan besar data. Contoh software tersebut seperti game online, live streaming dan kontrol IoT (Internet of Things).

Mari kita coba ambil kasus game online. Pada game online, data-data besar seperti texture game tersimpan di hard disk komputer. Namun koneksi internet dibutuhkan untuk mengirimkan data-data kecil seperti koordinat lokasi pemain dan tembakan peluru. Data tersebut kecil, namun harus dikirim dengan cepat. Ping rendah sangat dibutuhkan.

Sumber foto: Gambar: WallpaperSafari

Ping Rendah Bisa Tidak Dibutuhkan Jika...

Tidak selamanya kamu butuh ping sangat rendah untuk internetan. Contohnya apabila kamu memakai software yang berfokus pada besar data, terlebih lagi jika software tersebut punya fitur pramuat. Contohnya seperti nonton Youtube atau download dengan IDM.

Contohnya pada kasus nonton Youtube. Pada saat nonton Youtube, sebetulnya ibarat kita mendownload sebuah film. Katakan besarnya 100MB. Tidak peduli timingnya, yang penting 100MB tersebut terdownload. Jika terdownload, dijamin video Youtube akan lancar. Jadi nggak perlu yang namanya latency rendah, yang penting Mbps-nya besar.

Video Techquickie Yang Dilansir

Penjelasan Sinyal GSM 5G
Setelah sinyal GSM 4G, dikabarkan saat ini sudah ada teknologi generasi 5 (5G). Hmm, seperti apa ya 5G itu? Yuk simak penjelasan Jaka!
LIHAT ARTIKEL

Ping tergolong sederhana. Meski sederhana kamu jangan sampai keliru ya, kamu harus tahu kapan butuh ping rendah dan kapan tidak. Semoga informasi ini bermanfaat. Jangan lupa share pendapat kamu ya!

ADVERTISEMENT

Pastikan juga kamu membaca artikel terkait Internet atau tulisan menarik lain dari Putra Andalas.

Banner: ShutterStock

ARTIKEL TERKAIT

Review Chuwi Lapbook 15,6: Wow! MACBOOK Killer Seharga Rp 3 Jutaan

Review SteelSeries APEX M650: Ini Baru Profesional!

Mouse Terbaik Untuk Game MOBA/MMO? Cek Review SteelSeries Rival 500!

Harga RAM PC/Laptop Naik Hingga 2 Kali Lipat! Kok Bisa Ya?

Ini Perkembangan Bitcoin 5 Tahun Terakhir, Yakin Nggak Mau Invest?

APPS TERKAIT
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
LINE for Android 10.0.2
Apps Naver
LINE Komputer 4.8.3.1128
Apps Naver
undefined
Kembali Keatas