8 Istilah Teknologi Ini Ternyata Punya Padanan Dalam Bahasa Indonesia Lho!

Ditulis oleh Jaka - Senin, 25 September 2017, 18:30
tahukah kamu sebenarnya sudah banyak kata maupun istilah serapan dalam dunia teknologi yang sudah memiliki padanan kata baku dalam bahasa Indonesia.

Tanpa disadari, banyak dari kita yang sering menggunakan kosakata dari bahasa Inggris. Apalagi kalau sudah membahas dunia teknologi.

Namun, tahukah kamu sebenarnya sudah banyak kata maupun istilah serapan dalam dunia teknologi yang sudah memiliki padanan kata baku dalam bahasa Indonesia. Ini buktinya!

BACA JUGA
  • Netter Wajib Tahu! Ini 25 Istilah Yang Populer Di Internet
  • Ngaku Pecinta Anime? 5 Istilah di Dunia Anime Ini Harus Kamu Ketahui
  • Dafuq, Coeg, Dan 8 Istilah 'Alay' Di Internet Yang Paling Sering Dipakai

Istilah Teknologi Ini Punya Padanan Dalam Bahasa Indonesia

1. Hotspot - Area bersinyal

Hotspot atau dalam bahasa Indonesia disebut area bersinyal ini merujuk pada tempat-tempat tertentu (biasanya tempat umum) yang memiliki layanan WiFi, seperti pada perguruan tinggi, mal, plaza, perpustakaan, restoran ataupun bandar udara.

Layanan internet ini, ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Tapi, kalau kamu pasti nyarinya yang gratis sih.

Biar Nggak KUDET! Ini 8 Istilah Dalam Dunia Smartphone yang Perlu Diketahui
Jaka sudah rangkum buat kamu, berikut adalah istilah-istilah dalam dunia smartphone yang pasti belum semua kamu ketahui, padahal wajib biar nggak gaptek.
LIHAT ARTIKEL

2. Offline - Luring

Kalau online pastinya kamu sudah tau dong. Ya, kata bakunya daring alias dalam jaringan. Nah kalau offline, kata bakunya adalah luring atau luar jaringan.

3. Jailbreak - Menjebol Kungkungan

Pengguna iPhone pasti sudah nggak asing dengan istilah jailbreak. Tapi, tau nggak kalau kata bakunya adalah menjebol kungkungan. Hemm ya, kungkungan Apple pastinya ya.

4. Dunia Maya - Ruang Siber

Sebenarnya kata dunia maya ternyata tidak baku lho, tapi masih sering digunakan. Padahal kata baku dunia maya adalah ruang siber, baru tau kan?

5. Password - Sandi Lewat

Kamu mungkin taunya, password adalah kata sandi. Ternyata salah, kata baku dari password ternyata adalah sandi lewat. Memang sedikit aneh sih kedengarannya.

ADVERTISEMENT

6. Mouse - Tetikus

Walaupun kamu ketemu mouse setiap hari, yang satu ini juga mungkin kamu baru tau ya. Kata baku mouse adalah tetikus, bukan tikus binatang ya, tapi yang sering kamu gunakan di PC atau laptop kamu.

7. Keyboard

Jaka yakin, istilah keyboard juga kamu taunya papan ketik bukan? Ternyata salah lagi, kata baku yang benar adalah papan tombol.

8. Virtual Reality - Realitas Maya

Salah satu tren teknologi baru saat ini adalah Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Tapi, kamu tidak padanan dalam bahasa Indonesianya?

Virtual Reality disebut sebagai realitas maya. Sementara, Augmented Reality disebut realitas tertambah. Pengertiannya, pasti kamu sudah taulah ya. Jadi, nggak perlu dibahas.

Akhir Kata

Siapa sangka, hidup kita penuh dengan kesalahan ya. Sebagai warga Indonesia yang baik, kita juga harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai EYD (Ejaan yang Disempurnakan). Kamu setuju, bagaimana pendapat kamu?

Baca juga artikel seputar Teknologi atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

ARTIKEL TERKAIT

5 Penemuan NASA yang Dipakai Dalam Kehidupan Sehari-hari

5 YouTuber Indonesia yang Paling Dibenci, Ceban Dulu ya!

Biar SUKSES! 5 Skill Ini Harus Kamu Kuasai di Era Digital

10 Meme Tentang iPhone X yang Harganya Kebangetan Mahal, Kocak Njir!

Biar Nggak Gaptek! 21 Singkatan Ini Harus Kamu Tahu Kepanjangannya

APPS TERKAIT
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
undefined
Kembali Keatas