Mengenal Jenis dan Investasi Obligasi Sebelum Membelinya

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 24 Pebruari 2021, 19:30
Tertarik buat investasi obligasi? Tunggu, sudah tahu belum jenis-jenis dan risikonya? Yuk, pelajari dulu apa itu obligasi di sini!

Obligasi merupakan salah satu produk investasi yang paling diminati di pasar modal. Apalagi jika kamu sudah banyak belajar mengenai dunia investasi atau pasar modal.

Namun, kira-kira apa sih obligasi itu sendiri? Seperti apa produknya, lalu bagaimana tingkat risikonya dalam tingkatan pasar modal?

Sebelum melangkah lebih lanjut dalam dunia investasi, Jaka akan menjelaskan secara rinci mengenai obligasi.

Nantinya diharapkan kamu nggak salah langkah dan mampu menggunakannya seperti di simulasi trading investasi.

Apa itu Obligasi?

Disadur situs OJK, obligasi adalah surat utang jangka menengah maupun jangka panjang yang dapat diperjualbelikan.

Obligasi sendiri berisi janji dari pihak yang menerbitkan Efek untuk membayar imbalan berupa bunga pada periode tertentu. Bunga, dalam obligasi disebut sebagai kupon.

Kupon tersebut nantinya wajib diberikan oleh penerbit obligasi terhadap pemegang obligasi untuk dilunasi. Di Indonesia sendiri, tempo atau jangka waktu obligasi lamanya 1 hingga 10 tahun.

ADVERTISEMENT

Tujuan dari adanya penerbitan obligasi adalah untuk menghimpun dana dari masyarakat untuk dijadikan sebagai salah satu sumber dana.

Apalagi untuk para pengusaha, obligasi adalah salah satu sarana sumber pendanaan untuk menjalankan bisnis mereka. Ada juga obligasi pemerintah yang dinamai sebagai Surat Berharga Negara (SBN).

Kegunaan dari SBN ini ialah sebagai sumber dana dalam membiayai sebagai defisit dalam anggaran belanja yang telah diatur di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Jenis-Jenis Obligasi

Jenis Obligasi Berdasarkan Nominalnya

Jenis Obligasi Berdasarkan Sistem Pembayaran Bunganya

Jenis Obligasi Berdasarkan Imbal Hasil

Jenis Obligasi Berdasarkan Penerbitnya

Perbedaan Saham dan Obligasi

Sebenarnya obligasi tidaklah jauh berbeda dari saham. Status dari obligasi juga dapat untuk diperjualbelikan. Sedangkan perbedaannya dengan reksa dana kamu bisa simak di sini:

Biasanya para pelaku pasar modal apabila ingin membeli saham hanya tinggal mencari tahu di Bursa Efek Indonesia (BEI). Hal ini tentu berbeda dengan obligasi di mana transaksi jual belinya tidak dilakukan di BEI.

Pasalnya, obligasi merupakan surat pernyataan utang yang hanya bisa didapatkan dari pihak penerbit yang sepakat melakukan jual beli dengan pembeli, baik itu perusahaan, pemerintah, dan instansi lainnya.

Maka tidak mengherankan jika obligasi kalah terkenal apabila dibandingkan investasi saham. Contohnya, ketika pemerintah menerbitkan obligasi. Investor yang berminat membelinya bisa mendapatkannya di instansi yang sudah ditunjuk oleh pemerintah.

Seperti bank, lembaga sekuritas, dan platform investasi tertentu sebagai agen penjual obligasi. Agen penjual obligasi ini juga bisa kamu temui dalam aplikasi investasi yang kini sudah banyak dan terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Obligasi

Setiap produk investasi di pasar modal tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Hal ini juga perlu diperhatikan di samping tingkat risiko yang dimiliki oleh pembeli obligasi.

Lantaran, dalam melakukan investasi ada banyak hal yang perlu untuk diperhatikan. Selain faktor internal dan eksternal yang bisa memengaruhi naik turunnya keuntungan dari obligasi.

Agar makin jelas, berikut ini Jaka sudah merangkum dengan lengkap kelebihan dan kekurangan dari investasi obligasi.

Kelebihan Obligasi

Kekurangan Obligasi

Akhir Kata

Untuk memulai berinvestasi sekarang sangat mudah karena ada aplikasi investasi yang bisa dengan mudah kamu akses. Apalagi investasi obligasi adalah salah satu yang memiliki beragam produk yang bisa dipilih.

Jangan lupa untuk terus ikuti dan simak kabar menarik lainnya dari JalanTikus.com. Bagikan dan berikan komentar juga pada artikel ini!

Baca juga artikel seputar Apps atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

ARTIKEL TERKAIT

Daftar Aplikasi Android TERMAHAL yang Bisa Bikin Bengong

100+ Daftar Aplikasi Pinjam Uang Online Ilegal 2020, Jangan Tertipu!

17 Aplikasi & Game Penghasil Pulsa Tercepat, No Tipu-Tipu!

Kumpulan Aplikasi Ringan untuk Gantikan Aplikasi Bawaan

10 Aplikasi Belajar Online Gratis & Terbaik 2020, Makin Pintar di Rumah!

10 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis 2020 | Android & iOS!

undefined
Kembali Keatas