Ini Dia Beda Headphone Virtual Surround dan Real Surround

Ditulis oleh Jaka - Sabtu, 08 April 2017, 09:00
Salah satu fitur unggulan yang ada di headphone saat ini, yaitu surround. Tetapi ada dua jenis surround di pasaran saat ini, yaitu virtual surround dan real surround. Nah ini dia beda headphone virtual surround dan real surround!

Untuk mendapatkan kualitas audio terbaik, tentunya kita juga harus memakai headphone dengan kualitas terbaik juga. Untuk pilihan mereknya bisa seperti Senheiser, Bose, Razer, dan masih banyak lagi. Sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Salah satu fitur unggulan yang ada di headphone saat ini, yaitu surround. Tetapi ada dua jenis surround di pasaran saat ini, yaitu virtual surround dan real surround. Nah ini dia beda headphone virtual surround dan real surround!

BACA JUGA
  • Jangan Asal Colok, Ini Jenis Audio Jack 3.5 mm yang Harus Kamu Ketahui!
  • Headphone Kabel vs Headphone Wireless, Mana yang Lebih Baik Buat Kamu?
  • Mau Beli Headphone Gaming? Baca Dulu 5 Tips Ini Biar Kamu Gak Nyesel

Beda Headphone Virtual Surround dan Real Surround

Sumber foto: Gambar: HowToGeek

Untuk tahu beda headphone virtual surround dan real surround, tentunya kamu harus tahu dulu apa sih surround itu. Berikut penjelasannya.

Pengertian Surround

Sumber foto: Gambar: SoundEncore

Merupakan teknik untuk memperkaya kualitas suara, dengan cara menambahkan speaker yang mengelilingi pendengar. Dengan speaker yang mengelilingi, akan membuat suara terdengar lebih nyata bahkan seolah ada di dunia suara itu.

Fitur Virtual Surround dan Real Surround

Sumber foto: Gambar: HowToGeek

Pada headphone dengan fitur virtual surround, sebetulnya ini adalah headphone stereo biasa. Stereo yang dimaksud di sini, hanya ada dua speaker yaitu kanan dan kiri. Lalu dengan bantuan software, disimulasikan seolah menjadi ada banyak speaker. Caranya dengan mengatur pola suara kanan dan kiri sedemikian rupa.

Sumber foto: Gambar: HowToGeek
Sumber foto: Gambar: HowToGeek

Pada headphone dengan fitur real surround, ada empat speaker dan satu subwoofer untuk surround 5.1. Untuk surround 7.1, tentu jumlah speaker akan jauh lebih banyak. Intinya secara hardware memang benar-benar mengikuti standard surround yang seharusnya.

Kesimpulan

Sumber foto: Gambar: Rapallo AV

Kalau ditanya lebih bagus mana antara virtual surround dan real surround, tentu jauh lebih bagus real surround. Alasannya karena pada virtual surround, speaker tidak bisa fokus mengeluarkan sebuah suara. Dua speaker, tapi harus berperan sebagai banyak speaker.

Contoh pada subwoofer atau bass, saat suara pelan dan bergeming. Biasanya pada virtual surround akan gagal mensimulasikan. Alasannya karena subwoofer atau bassnya akan mati pada saat mengeluarkan suara pelan.

ADVERTISEMENT

Hal ini tidak terjadi pada real surround. Meski suara pelan, kamu akan tetap bisa merasakan getaran. Alasannya karena pada real surround, subwoofer atau bass-nya tetap bisa galak meski speaker lain dalam keadaan pelan.

Jadi itu dia beda headphone virtual surround dan real surround. Memang sih, kalau dilihat secara harga saja keduanya sudah berbeda. Ada harga ada rupa sih. Jadi bagaimana menurut pendapat kamu? Share sama Jaka ya, terimakasih.

Pastikan juga kamu membaca artikel terkait Headphone atau tulisan menarik lain dari Putra Andalas.

Banner: ShutterStock

ARTIKEL TERKAIT

Begini Kerusakan PC Karena Mati Listrik Terlalu Sering

Tahun 2018 Harga SSD Turun Tajam Hingga 50%! Benarkah?

Ini Perkembangan Bitcoin 5 Tahun Terakhir, Yakin Nggak Mau Invest?

Review SteelSeries APEX M650: Ini Baru Profesional!

Karena Alasan Ini Prosesor 128 Bit Tidak Akan Pernah Ada

APPS TERKAIT
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
LINE for Android 10.0.2
Apps Naver
LINE Komputer 4.8.3.1128
Apps Naver
undefined
Kembali Keatas