Ustadz Jaka: Apakah Selama Bulan Puasa Masih Bisa Melihat Hantu?

Ditulis oleh Jaka - Minggu, 12 Juni 2016, 12:00
Selama bulan puasa setan dibelenggu oleh Allah SWT. Tapi bagaimana dengan hantu? Apakah kita bisa melihat hantu di bulan puasa?

Pertanyaan

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Saya Gilang, calon suami untuk wanita yang saat ini masih belum saya temukan. Kalo Ustadz ada rekomendasi wanita yang bisa Saya jadikan makmum yang halal, boleh lah ya dikabarin. Udah gitu aja perkenalannya.

Jadi gini, selama bulan puasa ini kan banyak amalan ibadah di malam hari nih. Dari mulai shalat tarawih, witir, hingga bangun sahur; sementara saya ini orangnya penakut. Pertanyaan saya, kalo setan dibelenggu selama bulan puasa, jadi selama malam bulan puasa kita gak bisa lihat hantu dong ya? Ya macam-macam penampakan gitu lah, Ustadz. Soalnya jujur saya males bangun sahur takut lihat hantu.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Gilang Permana, 26 tahun

BACA JUGA
  • Ustadz Jaka: Benarkah Setan Diikat Selama Bulan Puasa?
  • Ustadz Jaka: Apa Hukumnya Menelan Ludah Saat Puasa?
  • Ustadz Jaka: Apa Hukumnya Menggunakan WiFi Tanpa Izin?

Jawaban

Wa'alaikumsalam Wr. Wb.

Untuk menjawab pertanyaan saudara Gilang, di artikel Benarkah Setan Diikat Selama Bulan Puasa? saya sempat meyebutkan bahwa setan memang benar dibelenggu. Di dalamnya juga sempat dsebutkan bahwa setan dan hantu itu berbeda. Lalu, apakah masih bisa melihat hantu di bulan Ramadan ini? Jawabannya adalah masih.

Kita masih bisa melihat hantu di bulan puasa ini. Karena hantu sendiri bukanlah setan yang masuk dalam daftar belenggu Allah di bulan puasa. Hantu adalah proyeksi dari Qorin (jin pendamping) yang berasal dari orang yang telah meninggal. Berbeda dengan ruh yang kembali ke alam baka setelah meninggal, Qorin yang merupakan jin akan tetap abadi hingga kiamat.

ADVERTISEMENT

Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu setan-setan (dari jenis) manusia dan (dari jenis) jin, sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia). Jikalau Tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak mengerjakannya, maka tinggalkanlah mereka dan apa yang mereka ada-adakan. (Q.S. Al-An'am 6:112)

Nah, dalam ayat itu disebutkan "Setan dari jenis jin". Maka jelas lah bahwa setan itu berbeda dengan jin, dan berbeda juga dengan hantu. Jadi jelas hantu itu akan tetap ada di bulan puasa. Jika masih ragu bahwa setan itu berbeda dengan hantu, keripik setan tidak sama dengan keripik hantu, kan?

Bagaimana cara kita melihat hantu? Hantu yang merupakan jin ini bisa memproyeksikan diri dalam kondisi-kondisi tertentu, bisa malam hari, di tempat lembab, dan lainnya. Hal ini karena mereka hanya bisa terproyeksikan di mata kita dalam frekuensi tertentu saja. Lebih jelas mengenai penampakan hantu bisa kamu baca di artikel Inilah Penjelasan Ilmiah Dibalik Penampakan Hantu pada Malam Hari.

Saudara Gilang gak usah takut bangun sahur. Karena sahur di bulan puasa itu kan pasti bareng dengan yang lain. Dan lagi sahur itu penting untuk membuat ibadah puasa kita lancar dan tidak makruh karena mengeluh lemas atau lapar selama sedang puasa. Jangan takut hantu, mereka beda alam dengan kita. wallahu a'lam bishawab.

ARTIKEL TERKAIT

Ustadz Jaka: Hukum Membaca Al-Qur'an di Aplikasi Smartphone di Toilet / WC

Ustadz Jaka: Buka Puasa Bersama atau Dosa Bersama?

Ustadz Jaka: Tetap Lanjut Makan Setelah Imsak, Bolehkah?

Ustadz Jaka: Hukum Keluar Sperma Saat Puasa Karena Pacaran?

Ustadz Jaka: Meninggalkan Tarawih Karena Sibuk Kerja?

APPS TERKAIT
Ghost Radar 1.9.50
Apps Spud Pickles
Ghost Camera Radar Joke 1.0
Apps iApps And iGames
Ghost Radar Ultimate Prank 1.1
Apps SoftwareWorkshop.eu
Jump! Ghost Jump! 1.0
Games G.U.I.L.D. Entertainment
undefined
Kembali Keatas