5 Hal Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Factory Reset

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 29 September 2016, 19:00
Sebelum melakukan factory reset, ada baiknya kamu memperhatikan hal-hal berikut agar tidak menyesal!

Tentu kalian mengenal yang namanya Android, atau bahkan memilikinya. Kamu pasti juga sering menggunakannya untuk melakukan banyak hal. Tapi pernahkah Android kamu berada dalam kondisi baik atau bahkan mendapat masalah serius seperti terjangkit virus.

Menanggapi soal virus, berbagai pihak pembuat Android pasti sudah mempersiapkan jalan agar Android bisa kembali ke kondisi normal atau sering disebut Factory Reset. Yup, fitur ini berfungsi untuk mengembalikan ponsel Android kamu ke kondisi semula seperti saat pertama kali membelinya. Namun, kelemahan dari fitur ini adalah semua hal yang kamu simpan dalam Android akan menghilang, termasuk SMS, kontak telepon, aplikasi, chat, foto, dan file penting lainnya yang kamu simpan di memori telepon. Makanya, sebelum melakukan Factory Reset, ada baiknya kamu memperhatikan hal-hal berikut agar tidak menyesal!

BACA JUGA
  • 4 Cara Factory Reset Komputer atau Laptop Windows
  • Cara Buat Android Seperti Baru dengan Factory Reset
  • 12 Cara Membuka HP yang Terkunci dengan Mudah, Dijamin Praktis dan Ampuh!

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Factory Reset

1. Backup Chat dari Berbagai Aplikasi

Sebelum melakukan Factory Reset, kamu harus mem-backup chat dari berbagai aplikasi. Kenapa ini yang pertama? Karena kebanyakan orang sering lupa melupakan hal ini, dan baru menyesal setelah tahu semua data sudah lenyap. Sebagai contoh, di sini Jaka tunjukkan cara backup chat aplikasi Whatsapp. Lakukan langkah-langkah berikut:

2. Backup SMS dan Kontak Telepon

Terkadang kamu lupa untuk mem-backup kontak-kontak penting. Saat sedang membutuhkan kontak penting tersebut kamu jadi kebingungan deh. Nah, ada beberapa cara untuk backup SMS dan kontak telepon. Cara mudahnya, kamu bisa memanfaatkan fitur baru dari aplikasi App Backup. Berikut penjelasannya:

3. Backup Foto, Musik, Video, atau File Media Lainnya

Beberapa dari kamu kadang juga lupa untuk menyimpan foto, musik, video, dan sebagainya. Secara tidak sadar, file tersebut berada di memori internal dan ternyata saat melakukan factory reset, semua file yang ada di memori internal menghilang semua. Sayang banget kan kalo kayak gitu. Nah, sebagai pencegahan terjadinya hal itu, kamu sebaiknya menyimpan file tersebut di SD card atau di cloud storage seperti Google Drive, Mediafire, Dropbox dan sebagainya.

Ingin tau cara selengkapnya? Kamu bisa membacanya di artikel Amankan Foto Pribadi Dengan Backup Langsung dari Smartphone Android Kamu.

4. Backup Aplikasi

Kenapa harus backup aplikasi sebelum melakukan Factory Reset? Padahal, bisa kan kamu mengunduhnya kembali di Play Store? Ya, anggapan itu memang tidak salah, tapi hal itu tentu membutuhkan koneksi internet yang cepat atau kuota yang banyak. Jadi, jika kamu sedang menghemat kuota Internet, kamu bisa mem-backup aplikasi di Android kamu dengan App Backup. Aplikasi ini tidak memerlukan root sehingga kamu bisa menggunakannya secara leluasa. Namun, jika kamu ingin mem-backup aplikasi beserta data-datanya, kamu perlu akses root dan dapat menggunakan aplikasi Titanium Backup. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa baca 2 artikel ini: Cara Backup Aplikasi Android Tanpa Root dan Cara Melakukan Backup Restore di Android.

5. Backup File Penting

Ini nih yang paling penting, kamu wajib backup di banyak tempat, bisa di laptop, SD card, cloud, atau di Flashdisk. Karena bisa saja file tersebut hilang tanpa diduga. Lebih baik mencegah kan sebelum hal buruk benar-benar terjadi?

Tambahan= Lepas SD-card

Kenapa harus melepas kartu SD sebelum melakukan Factory Reset? Pasti sering terdengar pertanyaan itu. Opsi ini memang tidak wajib. Namun, ada kalanya saat kamu melakukan Factory Reset, akan muncul banyak opsi, dan tanpa sengaja kamu memilih menghapus semua yang ada di ponsel kamu. Walaupun kamu sudah berusaha mem-backup semua file di SD card, tapi akan sia-sia jika SD card tersebut tetap terhapus semua. Jadi, untuk berjaga-jaga lebih baik lepaskan dulu SD card kamu sebelum Factory Reset, kecuali kalau kamu melakukan Flash Custom ROM dari Custom Recovery. Kalau kamu melakukan hal tersebut, file OS harus ada di SD card. Maka dari itu, SD card harus tetap dalam keadaan terpasang.

Itulah 5 hal yang harus kamu lakukan sebelum Factory Reset agar file-file berharga kamu tidak lenyap begitu saja. Selamat mencoba!

ARTIKEL TERKAIT

Ngecas Smartphone Lama? Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnya

10 Hasil Photoshop Nggak Masuk Akal yang Bikin Kamu Terkesima!

Wujud Resmi Google Pixel, Smartphone Terbaru Buatan Google

Takut Dimata-matai Google? Begini Cara Aman Chatting di Google Allo

15 Fungsi Lain Pasta Gigi yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

APPS TERKAIT
Google Drive for Android 2.20.101.09.40
Apps Google
App Backup & Restore 3.2.0
Apps INFOLIFE LLC
Dropbox for Android 28.2.2
Apps Dropbox
Helium - App Sync and Backup 1.1.4.1
Apps ClockworkMod
undefined
Kembali Keatas