10 Hal Pertama yang Tercatat Dalam Sejarah Game

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 14 September 2017, 15:00
Simak yuk ulasan Jaka mengenai 10 hal pertama dalam sejarah game berikut ini! Kali ini Jaka akan membahas beberapa hal terkait perkembangan game yang pertama kali ditemukan.

Video game kini sudah menjadi kebutuhan di kala senggang. Perkembangannya sudah berlangsung dan hingga sekarang kita dapat menemukan berbagai macam mode game.

Tentunya selalu ada awal dari segala perkembangan yang terjadi, termasuk di dunia game. Karena itu, kali ini Jaka akan membahas beberapa hal yang pertama kali terjadi terkait game. Penasaran? Simak yuk ulasan Jaka mengenai 10 hal pertama dalam sejarah game berikut ini!

BACA JUGA
  • 5 Game Ini Jadi Kegagalan Terbesar Sepanjang Sejarah Industri Video Game
  • Ngalahin Dewa! 7 Game Ini Punya Karakter Terkuat Sepanjang Sejarah
  • Mimpi Buruk! 10 Boss Paling Seram Yang Pernah Ada Sepanjang Sejarah Game Horor

10 Hal Pertama Dalam Sejarah Game

1. Game Interaktif Pertama 1947

Ketika berbicara soal game pertama di dunia, pastinya banyak orang akan menyebutkan Pong, game arcade yang dibuat pada 1972. Tapi, sebenarnya game pertama sudah ada 25 tahun sebelumnya, pada 1947.

Terilhami dari Perang Dunia II, Thomas T. Goldsmith dan Estle Ray Mann membuat permainan simulator rudal di tabung sinar katoda. Permainan menggunakan set analog sepenuhnya untuk mengendalikan balok Cathode Ray Tube dan memosisikan titik merah pada hamparan layar.

2. Konsol Rumahan Pertama 1972

Lagi-lagi Pong harus tersingkir dalam klaim pelopor. Setelah tiga tahun kesuksesannya, Pong memang dibuat menjadi konsol rumahan pada tahun 1975. Tapi konsol rumahan pertama justru sudah ada sejak masa jaya game Pong di tahun 1972.

Magnavox Odyssey merupakan konsol rumahan pertama yang dirancang oleh Ralph Baer. Sayangnya, konsol ini gagal di pasaran karena pemasaran yang buruk.

3. Konsol Handheld Pertama 1979

Terinspirasi dari sulitnya bermain secara bebas dan di mana saja pada konsol rumahan, lahirlah konsol handheld yang dapat dibawa dan dimainkan di mana saja.

Microvision adalah yang pertama kali menjadi pelopor konsol handheld. Didistribusikan oleh Milton-Bradley, di mana konsol tersebut dilengkapi beberapa tombol sebuah layar, dan catridge yang dapat dilepas-pasang.

ADVERTISEMENT

4. Game 3D Pertama 1981

3D Monster Maze adalah game pertama yang dirilis pada mesin game komersial dalam bentuk 3D.

Dikembangkan oleh Malcolm Evans pada 1981 untuk platform Sinclair ZX81, permainan tersebut menampilkan puzzle labirin di mana kamu tidak boleh sampai dimakan oleh dinosaurus.

5. Game Online Pertama 1983

SuperSet Software, sebuah perusahaan kecil yang didirikan pada tahun 1981 di Utah, menjadi pelopor game yang dapat dimainkan secara online.

Game berbasis teks, Snipes, dimainkan di antara beberapa orang di beberapa sistem komputer pribadi IBM pada 1983. Hal ini dilakukan untuk menguji dan menunjukkan kemampuan mesin IBM dan sistem yang baru.

6. Penggunaan Darah Pada Game Pertama 1986

Meski tidak banyak disukai, permainan yang mengeluarkan efek berdarah sudah ada hampir di semua macam game pada saat ini.

Chiller adalah video game pertama yang menampilkan adanya adegan gore dan efek darah. Dirilis pada 1986 di mesin arcade, beberapa grafis menunjukkan adanya potongan tubuh manusia, dengan daging yang layaknya masih berdarah segar.

7. Konsol VR Pertama 1995

Mungkin kini beberapa kalian masih agak norak dengan adanya konsol Virtual Reality atau VR, yang dapat membawa kita layaknya ke dalam dunia game sungguhan.

Tapi, VR bukanlah suatu hal yang baru dan disebut-sebut sebagai teknologi 'modern'. Pada 1995, Nintendo sudah lebih dahulu membuat konsol tersebut, bahkan lengkap dengan sebuah joystick, yang diberi nama Virtual Boy. Sayangnya setahun setelahnya, pembuatan konsol tersebut dihentikan.

8. Game Pertama yang Terjual Lebih Dari 10 Juta Copy 1985

Tentu saja, tidak lain dan tidak bukan Super Mario Bros yang legendaris adalah game pertama yang mencapai penjualan lebih dari 10 juta copy.

Selain itu, franchise game Mario Bros adalah salah satu yang tersukses dalam sejarah game. Bahkan secara keseluruhan, game Mario adalah yang pertama mencapai penjualan lebih dari 100 juta copy.

9. Game Olahraga Dengan Komentator Pertama 1991

Bukan, ini bukan komentator sepak bola. Atau kamu sudah membayangkan judul game Winning Eleven? Tapi game olahraga Football, Joe Montana II: Sports Talk Football, di Sega Mega Drive yang pertama kali memasukkan elemen komentator ke dalam game olahraga.

Adalah suara dari Lon Simmons, yang dikontrak untuk menyuarakannya, dan dipakai di dalam game. Dan dengan adanya komentator, membuat penjualan permainan melonjak, dan mengilhami game olahraga masa kini.

10. Game Pertama yang Diangkat Menjadi Film 1993

Selain menjadi pemegang rekor pertama penjualan diatas 10 juta copy, Super Mario Bros juga menjadi game pertama yang diangkat ke layar lebar. Sayangnya, tak ada kisah bahagia atau kesuksesan di sini.

Film Super Mario Bros yang dirilis pada 1993 harus menanggung malu, setelah diolok-olok oleh penggemarnya sendiri. Film ini dinilai jauh dari kisah asli yang ada di game, bahkan banyak karakter yang diubah di dalamnya.

Itulah 10 hal pertama dalam sejarah game. Jadi, mana menurutmu yang paling menarik? Tuliskan di kolom komentar di bawah ini ya!

ARTIKEL TERKAIT

Ngeri! 7 Urban Legend Paling Menakutkan yang Pernah Ada Dalam Game

9 Nama di Dunia Teknologi yang JOROK Menurut Orang Indonesia

Seperti Robot! 15 Foto Tragis Kehidupan Para Pekerja di Jepang

Bersiaplah! 15 Gadget Super Canggih Ini Sebentar Lagi Hadir di Pasaran

Mengerikan! Ini 3 Kasus Peretasan Terbesar di Dunia

APPS TERKAIT
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
LINE Komputer 4.8.3.1128
Apps Naver
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
undefined
Kembali Keatas