PENTING! Inilah Hal-hal yang Harus Dilakukan Agar Android Kamu Aman

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 13 Mei 2016, 13:00
Habis beli smartphone baru? Kamu wajib melakukan beberapa langkah wajib berikut ini agar smartphone kamu tetap aman dan nyaman digunakan.

Siapa sih yang enggak senang kalau habis beli smartphone baru, apalagi kalau ponsel tersebut sudah kamu impikan sejak lama. Belinya juga pakai uang sendiri, hasil mecahin tabungan yang dikumpulin selama setahun. Duh! Pastinya bangga banget kan?

Smartphone baru pun langsung diotak-atik sampai-sampai begadang dan enggak tidur, lalu install banyak banget aplikasi dan game. Terlepas dari kamu menggunakan smartphone untuk bekerja atau hanya untuk bermain-main, ada beberapa hal yang menurut JalanTikus sangat penting tapi diabaikan oleh banyak pengguna smartphone. Inilah 3 langkah penting yang wajib kamu lakukan.

BACA JUGA
  • 6 Hal PENTING & WAJIB Dilakukan Setelah Membeli HP Android Baru!
  • 5 Cara Terbaik Untuk Menemukan Smartphone Yang Hilang
  • Cara Melacak dan Memfoto Pencuri Smartphone Kamu yang Hilang

PENTING! Inilah Hal-hal yang Harus Dilakukan Agar Android Kamu Aman

Gunakan Kunci Layar

Hal sepele tapi berdampak besar pada keamanan kamu dalam menggunakan smartphone Android, mengingat kita menyimpan hampir segala sesuatu pada smartphone. Tentunya ada dokumen atau file penting lainnya yang harus kamu jaga kerahasiaannya. Berikut langkah-langkah untuk mengatur kunci layar:

Smartphone baru saat ini juga telah dilengkapi fitur pengaman tambahan, seperti sensor sidik jari. Ada baiknya kamu mulai melirik untuk membeli smartphone dengan kemampuan pembaca sidik jari dan gunakan fitur tersebut.

Atur Android Device Manager

Sudah tentu kita menjaga smartphone kesayangan kita dengan sangat baik, meski begitu masih banyak kasus kehilangan smartphone. Entah karena kelalaian karena lupa, jatuh, dicuri, dan sebab lainnya.

ADVERTISEMENT

Jika kamu sudah menggunakan smartphone bersistem Android 5.0 Lollipop, kamu harus mengaktifkan fitur yang dinamakan Factory Reset Protection. Jadi ketika sesorang ingin melakukan factory reset pada sebuah smartphone Android, dibutuhkan sebuah password akun Google. Cara mengaturnya melalui Google Settings, berikut langkahnya:

Dengan mengaktifkan Android Device Manager, ketika kamu kehilangan smartphone setidaknya kamu masih ada peluang dengan berusaha melacaknya. Fitur tersebut mencegah pencuri untuk menghapus semua data di dalam smartphone, karena diperlukan login Google untuk melakukan Factory Reset.

Apalagi jika smartphone dilapisi perlindungan sistem keamanan melalui lock screen dan sidik jari. Jadi kalau pun tidak ketemu, smartphone kamu tidak bisa digunakan oleh pencuri. Jika kamu ada tambahan, silahkan sematkan pendapat kamu di kolom komentar di bawah ini ya.

ARTIKEL TERKAIT

3 Cara Menemukan Smartphone Android Dalam Keadaan Silent Mode (Part 1)

Hape Ilang? Ketik 'Find My Phone' Dan Langsung Temukan!

Cara Cepat Menemukan Android yang Hilang dengan Google Chrome

Hal-hal yang Harus Dilakukan Agar Android Kamu Nyaman Dipakai

APPS TERKAIT
Android Device Manager 1.1.9
Apps Google Inc.
Whistle Android Finder
Apps Bojan Kotnik
Clap to Find 3.3
Apps Frimus
Ring My Droid 1.1
Apps Ramandeep Singh Bakshi
undefined
Kembali Keatas