3 Dari 10 Orang HACKER Pembobol PlayStation Ini Asal Indonesia Loh!

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 17 Januari 2017, 20:00
Tentunya di balik itu semua ada orang-orang hacker pembobol Playstation yang memungkinkan hal ini bisa terjadi. Siapakah orang-orang tersebut?

Hayo ngaku, siapa yang dulu waktu kecil suka main PlayStation pakai kaset game bajakan? Seperti itulah kira-kira gambaran masa lalu PlayStation di Indonesia. Ya, PlayStation terkenal sekali dengan game bajakannya. Mungkin hal tersebut akibat saat itu game original belum memiliki jalur distribusi yang baik di Indonesia.

Nah, ternyata game versi bajakan PlayStation hingga saat ini masih saja beredar. Tentunya di balik itu semua ada orang-orang hacker pembobol PlayStation yang memungkinkan hal ini bisa terjadi. Siapakah orang-orang tersebut?

BACA JUGA
  • Begini Cara Memainkan Game PlayStation di Komputer
  • Hore, Game PlayStation Akan Hadir di Android dan iOS!
  • Asyik! Sekarang Game PlayStation Bisa Langsung Dimainkan di PC

Hacker-Hacker Pembobol PlayStation, 3 Di Antaranya Asal Indonesia Loh!

PlayStation adalah sebuah game konsol yang dahulu terkenal dengan bajakannya. Meski itu masa lalu, tampaknya hingga saat ini versi bajakannya masih tetap populer. Di balik itu semua, ternyata ada tokoh-tokoh yang bisa membuat itu terjadi. Simak yuk pembahasannya!

1. Wongku

Yang pertama bukan berasal dari luar negeri, melainkan dari Surabaya, Indonesia. Dia adalah Wongku, yang merupakan penemu dari flashdisk True Blue.

Apa sih flashdisk True Blue itu? Kalau dahulu kamu memainkan game bajakan pada konsol PS3, seharusnya kamu tidak asing dengan yang namanya True Blue. Pada saat itu, CFW tertinggi hanya mampu hingga firmware 3.55, sementara game-game terbaru membutuhkan firmware di atas 3.55. Nah, True Blue inilah satu-satunya yang pada saat itu mampu memainkan game yang membutuhkan firmware di atas 3.55 secara bajakan.

2. Yayes

Yang kedua masih dengan tokoh Indonesia, yaitu Yayes. Siapakah dia? Dia adalah penemu dari metode mengubah PS3 retail menjadi PS3 developer, di mana harga asli untuk hardware PS3 developer sekitar US$10.000 atau sekitar Rp 135 juta. Namun dengan metode yang dijabarkan oleh Yayes, dapat dilakukan secara gratis.

Tutorial Yayes

3. Fail0verflow

Yang ketiga ada Fail0verflow. Fail0verflow merupakan kelompok yang akhir-akhir ini sangat terkenal karena diklaim sebagai orang pertama yang mampu meng-hack PS4. Yang Fail0verflow lakukan adalah memanfaatkan celah pada OS PS4, lalu melalui celah tersebut ia melakukan instalasi Linux.

ADVERTISEMENT

Dengan keberhasilannya melakukan instalasi Linux pada PS4, Fail0verflow berhasil menjalankan Steam dan emulator untuk memainkan game selain game PS4 pada konsol PS4.

Ajaib! Begini Cara Instal Linux di PS4!
Pihak ketiga dari pengembang PS4 berhasil menemukan cara untuk melakukan instalasi Linux pada PS4. Melalui artikel ini akan Jaka ulas cara instal Linux di PlayStation 4 . Seperti apa ya?
LIHAT ARTIKEL

4. George Hotz

Yang keempat adalah George Hotz. Orang ini bisa dibilang sudah cukup terkenal. Prestasinya dalam dunia hacking konsol PlayStation adalah sebagai orang pertama yang mampu meng-hack konsol PS3. Berkat prestasi-prestasinya, George Hotz bahkan ditawari sebuah pekerjaan spesial oleh Google.

Wikipedia George Hotz

5. Rogero

Yang kelima ada Rogero. Kalau kamu mempergunakan PS3 bajakan dengan basis CFW (Custom Firmware), seharusnya nama Rogero tidak asing bagi kamu. Karena setiap kali kamu menyalakan PS3, biasanya nama Rogero akan keluar saat booting berlangsung.

Rogero dalam dunia hacking konsol PlayStation, dikenal dengan CFW buatannya. Namun di dunia nyata, yang Jaka tahu ia berprofesi sebagai developer software.

Part 2: 3 Dari 10 Orang HACKER Pembobol PlayStation Ini Asal Indonesia Loh!
PlayStation terkenal dengan bajakannya. Di balik itu semua, pastinya ada orang-orang yang terlibat. Siapa sajakah mereka?
LIHAT ARTIKEL

Nah, itulah artikel Jaka mengenai 10 tokoh hacker pembobol PlayStation bagian 1. Selain tokoh-tokoh tersebut sebetulnya masih banyak tokoh lainnya yang tidak bisa Jaka sebutkan satu per satu. Apakah ada yang kamu ketahui juga? Tinggalkan di kolom komentar bila ada ya!

Pastikan juga kamu membaca artikel terkait Hack atau tulisan menarik lain dari Putra Andalas.

Banner: Engadget

ARTIKEL TERKAIT

Canggih! Produk Masa Depan Telah Diluncurkan Oleh TP-Link

Mengenal Teknik Hacking MitM dan Cara Mencegahnya

Ssttt... 5 Cara Hacking Ini Bisa Diterapkan Oleh Pemula!

Begini Cara Main Game Nintendo Wii di Windows Kamu!

Panduan Cara Merakit PC Gaming Murah dan Berkualitas 2021, Biar Gak Salah Beli!

APPS TERKAIT
PlayStation App 4.20.5
Apps Sony Computer Entertainment
Game Hacker 4.0
Apps SB Tools
WiFi Hacker ULTIMATE Terbaru
Apps WiFi Cracker Group
Process Hacker 2.39.124
Apps Wei Jia Liu
undefined
Kembali Keatas