7 Game yang Sekuelnya Ditunggu Banyak Orang Tapi Gak Pernah Dirilis, PHP Doang!

Ditulis oleh Jaka - Minggu, 01 Desember 2019, 12:00
Saat kamu menamatkan sebuah game, pasti penasaran sama sekuelnya, kan? Berikut daftar game yang sekuelnya masih dinantikan sampai saat ini, cuma ngarep doang!

Geng, kalian kebayang nggak kalau kalian harus hidup di dunia di mana film MCU berhenti di Avengers: Endgame?

Memang kisah mereka sudah ditutup di film tersebut tapi karena kita sudah terlanjur jatuh cinta, sayang banget kalau kita nggak bisa melihat kelanjutan kisah mereka.

Tapi hal itulah yang banyak terjadi di dunia video game di mana banyak video game yang sayangnya nggak pernah mendapat sekuel meskipun gamenya banyak dicintai publik.

Kumpulan Game yang Sekuelnya Masih Dinantikan Sampai Saat Ini

Meskipun game di daftar ini sebenarnya memiliki cerita yang sudah selesai, banyak game di sini yang memiliki ide atau gameplay unik yang tidak pernah ditiru oleh game lain di pasaran.

Untuk diskusi ini, Jaka memilih untuk mencantumkan sekuel yang sampai sekarang masih nggak jelas kabarnya jadi Jaka nggak akan menyebut GTA VI yang tinggal masalah tanggal tayang.

Nah, buat kalian yang sudah penasaran, berikut adalah daftar 7 game yang sekuelnya masih dinantikan. Kalau kalian fans dari game berikut, sabar ya, geng!

1. Pokemon Trading Card Game (TCG)

Kartu Pokemon sekarang lagi jadi tren di ibukota setelah dirilis versi Indonesianya beberapa waktu lalu tapi kalian tahu nggak, kalau Pokemon TCG dulu pernah diadaptasi jadi video game?

ADVERTISEMENT

Di tahun 2000, Nintendo mengeluarkan video game Pokemon TCG untuk handheld Gameboy Color yang dulu sempat menjadi langganan Jaka karena Jaka nggak punya uang untuk membeli kartu fisik.

Game ini memiliki gameplay mirip dengan RPG Pokemon seri utama tapi alih-alih mengoleksi Pokemon, kamu hanya mengoleksi kartunya saja.

Di tahun 2001, game ini sempat mendapat sekuel tapi sayangnya hanya tersedia dalam Bahasa Jepang. Bahkan sampai sekarang, game ini hanya mendapat sekuel dalam bentuk game online saja, geng.

Yang sayangnya versi Pokemon TCG Online ini hanya tersedia untuk perangkat dekstop dan mobile saja, belum untuk konsol seperti Nintendo 3DS dan Nintendo Switch.

2. Okami II

Apakah kalian tertarik untuk main sebuah game yang menggunakan tampilan gaya seni Jepang yang disebut Ukiyo-e? Karena di zaman PS2 sempat ada game seperti itu, geng.

Di tahun 2006, Capcom merilis game Okami untuk PS2 di mana kamu berperan sebagai dewa matahari Amaterasu yang mengambil bentuk seekor serigala putih.

Di Okami, kamu bertugas untuk membantu penduduk Jepang di masa lalu dalam masalah mereka dan game ini unik karena mengusung gaya visual seperti Ukiyo-e.

Game ini sempat mendapat spin-off berjudul Okamiden di tahun 2011 untuk handheld Nintendo DS tapi sampai sekarang, game ini masih belum mendapat sekuel resmi.

3. Bully 2

Studio game Rockstar memang sudah terkenal dengan seri open-world mereka Grand Theft Auto dan Red Dead Redemption tapi dulu mereka juga sempat membuat satu game open-world lainnya.

Di tahun 2006, mereka merilis Bully, sebuah game open-world yang memiliki latar sekolah asrama bernama Bullworth Academy di konsol PS2.

Meskipun memiliki dunia yang lebih kecil dibandingkan seri Grand Theft Auto dan Red Dead Redemption, game ini tetap mendapat sambutan hangat dari kritik dan mencapai penjualan tinggi.

Beberapa waktu yang lalu, sempat dikabarkan kalau Rockstar sudah dalam tahap pengerjaan untuk sekuel Bully yang akhirnya dibatalkan tapi masih belum ada kepastian mengenai rumor ini.

4. Zone of the Enders 3

Studio game Konami saat ini terkenal berkat seri Metal Gear Solid dan Pro Evolution Soccer tapi mereka dulu sempat berkecimpung di genre mecha yang mirip seri Gundam, geng.

Di tahun 2001 dan 2003, Konami dengan bantuan desainer game legendaris Hideo Kojima mengeluarkan game mecha Zone of the Enders dan sekuelnya Zone of the Enders: The 2nd Runner untuk PS2.

Di kedua game tersebut, kamu berperan sebagai Leo dan Dingo, dua pilot robot Jehuty dalam perlawanan mereka terhadap pasukan militer BAHRAM.

Sayangnya, setelah kepergian Kojima dari Konami dan keputusan Konami untuk fokus di dunia mobile game, kecil kemungkinan kita akan melihat sekuel dari game ini.

5. Silent Hills

Satu lagi seri Konami yang saat ini sudah menghilang dari peradaban adalah seri horor Silent Hill yang dulu bahkan dianggap lebih baik dibandingkan seri Resident Evil milik Capcom.

Berbeda dengan seri Resident Evil, Silent Hill mengusung genre mendekati horor murni karena tidak memiliki fokus di tembak-tembakan, geng.

Di tahun 2014, demo untuk game Silent Hill terbaru yang merupakan kolaborasi antara Hideo Kojima dan sutradara film ternama Guillermo del Toro sempat dirilis ke publik.

Sayangnya, game tersebut yang diberi nama Silent Hills dibatalkan oleh Konami dan seperti kasus Zone of the Enders, kecil kemungkinan sekuel Silent Hill akan bisa terlihat.

6. Shadow of the Colossus 2

Dari banyaknya studio game yang bekerja di bawah naungan Sony, hanya sedikit yang karyanya bisa mengimbangi kualitas dari Team ICO.

Di tahun 2005, Team Ico merilis game Shadow of the Colossus untuk PS2, di mana di game ini kamu 'hanya' ditugaskan untuk membunuh 16 raksasa Colossus yang ada di game ini.

Game ini mengusung banyak ide unik, seperti fakta bahwa hanya ada 16 musuh di game ini dan di mana kamu harus memanjat ke-16 raksasa tersebut untuk mengalahkan mereka.

Di tahun 2018, Sony akhirnya mengeluarkan remake dari game ini untuk PS4 jadi masih ada sedikit harapan kita akan bisa melihat sekuel dari game ini, geng.

7. Half-Life 3

Artikel tentang sekuel yang menghilang nggak akan lengkap tanpa kehadiran Half-Life 3, game yang kehadirannya sudah ditunggu-tunggu sejak tahun 2007.

Seri FPS Half-Life dari Valve menceritakan kisah Gordon Freeman, seorang ahli fisika yang berjuang melawan invasi alien Combine.

Keberadaan Half-Life 3 sebenarnya berawal dari Half-Life 2: Episode Three yang dikabarkan akan dirilis di periode Natal 2008 sebelum akhirnya menghilang tanpa kabar.

Baru-baru ini, Valve mengumumkan Half-Life: Alyx, prekuel Half-Life 2 untuk headset VR yang diharapkan akan berujung ke perilisan sekuel Half-Life 3.

Akhir Kata

Itulah, geng, daftar 7 game yang sekuelnya masih dinantikan sampai artikel ini ditulis. Memang jadi fans video game itu harus sabar banget.

Meskipun semua game di atas berhasil mendapat banyak pujian, sampai sekarang masih nggak ada kabar yang jelas mengenai sekuel di atas.

Apakah kalian juga menantikan sekuel game di atas? Atau malah kalian punya sekuel yang dinantikan lainnya? Share di kolom komentar ya, geng!

Baca juga artikel seputar Game atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT

7 Game Online yang Sukses Besar tapi Gak Laku di Indonesia, Karena Berbayar?

Game-ception! 7 Game Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan di Dalam Game Lainnya

7 AI yang Lebih Hebat Dibandingkan Gamer Profesional, Dunia Dikuasai Robot?

7 Game Populer dengan Masa Pembuatan Paling Lama, 1 Game Butuh 15 Tahun?

7 Game Dengan Waktu Pengembangan Tercepat | Padahal Grafisnya Memukau!

Inilah 7 Game yang Dijadikan Propaganda Politik, No. 2 Dibuat Kelompok Komunis!

Kembali Keatas