7 Genre Game Terlarang yang Wajib Dihindari Selama Puasa, Berpotensi Bikin Batal!

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 15 Maret 2022, 21:30
Saat berpuasa di bulan Ramadan, tentu ada beberapa pantangan yang wajib kamu perhatikan. Nah di antaranya, kamu jangan bermain 7 genre game di bawah ini yang bisa-bisa membuat puasa kamu batal loh!

Puasa Ramadhan bukan hanya seberapa kuat kamu menahan lapar, tapi juga menahan hawa nafsu. Misalnya, kamu harus menjaga emosimu supaya nggak mudah marah, dan nafsu-nafsu lainnya, geng,

Ada beberapa pantangan yang harus kamu hindari kalau kamu ingin puasamu lebih ber-value dan berpahala. Karena itulah, kamu harus menjaga setiap hal yang kamu lakukan. Termasuk ketika kamu bermain video game.

Pasalnya, terdapat beberapa genre game yang bisa membuat puasa Ramadhan yang kamu lakukan batal. Sebab, konten di dalamnya cenderung menggoda iman.

Kira-kira, apa saja ya jenis game yang bisa membuat imanmu goyah dan membatalkan puasamu? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Bermain game memang menjadi salah satu alternatif yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu luang selama bulan puasa. Tetapi, kamu juga harus tetap ingat ibadah dan menjaga hawa nafsu agar puasamu lebih afdol, ya!

Nah, ini dia 7 genre game terlarang yang bisa bikin imanmu bergetar. Mending dimainkan setelah buka, deh!

1. Game Kekerasan

Sumber foto: killping.com

Tanpa kamu sadari, terdapat banyak game kekerasan yang sering kamu mainkan, bahkan tidak hanya saat bulan puasa. Pasalnya, game dengan genre ini memang memiliki keseruannya sendiri.

ADVERTISEMENT

Misalnya saja Counter Strike: Global Offensive (CS:GO), PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG), ataupun Free Fire yang menampilkan kekerasan di dalamnya.

Apalagi PUBG dan Free Fire. Berbeda dengan CS:GO yang bisa dimainkan sendirian, PUBG dan Free Fire mengharuskan kamu untuk bermain bersama orang lain.

Tentu kita terkadang emosi ketika teman kita noob ataupun kita ditembak dari belakang. Nah, emosi seperti inilah yang membuat puasa kita batal.

Kalau kamu bisa menahan emosi, kamu boleh kok memainkan game-game semacam ini!

2. Game Horror/Gore

Sumber foto: windowscentral.com

Buat kamu yang nggak kuat saat melihat darah berceceran, sebaiknya hindari genre game horror yang mengarah ke gore seperti Silent Hill, Resident Evil 7, The Evil Within, dan semacamnya.

Dengan grafis yang mencekam dan tampilan penuh potongan tubuh serta darah di mana-mana, bisa saja kamu terangsang buat muntah dan akhirnya membatalkan puasa kamu, kan?

Tapi bermain game seperti ini bisa saja membawa keuntungan loh! Pasalnya pasti kamu bakal sering ber-istighfar deh! Apalagi saat muncul adegan jumpscare yang bikin jantung serasa mau copot, geng.

Bagus kalo kita enggak gampang terkejut. Kalau kaget lantas muncul kata-kata kotor dari mulut kita, gimana dong, geng?

3. Game Dewasa

Sumber foto: arstechnica.net

Sudah jelas kenapa genre game ini dilarang dimainkan pas puasa. Game dewasa memang ditujukan untuk kalangan dewasa dan jelas-jelas haram dimainkan pada bulan Ramadhan.

Mengandung konten vulgar dan seksual dijamin bakal membatalkan puasa. Apa saja contohnya? Sebut saja Grand Theft Auto (GTA), Dead or Alive, The Witcher, dan lain sebagainya.

Ada baiknya kamu menghindari game-game dewasa saat bulan Ramadhan dan memperbanyak ibadah untuk mencari pahala, kan? Tapi, jangan juga dilanjutkan bermain game dewasa selepas buka puasa, ya. Hehehe...

4. Game Memasak

Sumber foto: viewster.com

Salah satu esensi utama dari berpuasa adalah menahan lapar dan haus dengan tidak makan serta minum dari waktu imsak hingga magrib menjelang.

Game memasak seperti Overcooked memang menyajikan visual yang menggoda iman buat kamu yang berpuasa. Apalagi di Play Store, terdapat banyak sekali game memasak yang menarik, seperti World Chef.

Pasalnya, berbagai makanan yang tersaji dalam game memasak ini bakal membuyarkan konsentrasi kamu dan membuat ibadah yang satu ini nggak afdol.

Akan tetapi, game memasak sebenarnya bisa jadi inspirasi buat menu puasa loh, geng! Siapa tahu kamu lagi bosen, kamu bisa coba menu-menu yang ada di game ini.

5. Game Multiplayer

Sumber foto: play.google.com

Selanjutnya ada beberapa genre game multiplayer yang sebaiknya kamu hindari selama berpuasa di bulan Ramadhan.

Hal ini dikarenakan game-game ber-genre ini kemungkinan besar akan memancing amarah kalian dan mengurangi pahala puasa, loh.

Contohnya game Mobile Legends: Bang Bang yang bisa saja membuat kamu frustasi dan mengeluarkan kata-kata kasar.

PUBG Mobile yang sudah masuk ke dalam kategori game kekerasan pun masuk ke dalam kategori ini loh, geng!

Oleh karena itu, penting sekali untuk kamu agar mengendalikan emosi sebaik mungkin. Toh ini hanya permainan, untuk apa terlalu serius?

6. Game Sepak Bola

Berikutnya adalah game sepak bola. Loh, kenapa bisa begitu? Kan, itu game olahraga? Alasannya sama, bisa bikin emosi, geng!

Apalagi kalau kita sedang main bersama teman kita, lantas kita diejek karena sedang berada di posisi kalah.

Wah, bukan hanya kata-kata kotor yang bisa keluar, melainkan stik yang digunakan pun bisa melayang. Kalau sudah begitu, kan, jadi sayang pahala puasamu!

7. Game Virtual Novel

Sumber foto: LineToday

Berbeda dengan game jenis lainnya yang menjual gameplay, game dengan genre visual novel ini cenderung menjual cerita atau storyline yang ada pada game. Jadi untuk memainkannya, kamu harus mengikuti jalan cerita dari game ini.

Kenapa bisa berpotensi membatalkan puasa? Sebab, biasanya cerita-cerita yang disuguhkan terasa mendalam dan relate dengan pembaca. Apalagi, dengan membaca dan dibantu visual yang realistis, pemain akan diajakn berenang dalam imajinasinya.

Kalau game virtual novel yang kamu mainkan sejenis Dating Sim yang bertema romansa, bisa-bisa kamu membayangkan yang enggak-enggak. Jangan sampai, deh, batal hanya karena game seperti ini

Rekomendasi Game yang Aman Dimainkan Ketika Puasa

Lantas, game seperti apa dong yang aman untuk dimainkan ketika puasa? Kan, bosen kalau enggak main game ketika nunggu buka puasa!

Sebenarnya semua game aman-aman aja, geng, selama enggak menampilkan visual yang vulgar dan tidak memancing emosi.

Tapi kalau kamu benar-benar cari aman, mending kamu main game yang santai dan menenangkan pikiran, seperti game-game puzzle (2048, 100 Doors) atau game tebak gambar.

Selain itu, mainlah game yang bertempo lambat seperti game peternakan (Hay Day), game membangun kota (Metropolis), hingga game pertanian (Stardew Valley).

Kalau butuh tantangan, mending main game balap mobil seperti Aphalt 9 deh, geng! Bisa juga main game RPG yang enggak ada karakter wanita seksinya!

Atau kalau kamu cari game yang bisa dimainkan bersama, kenapa enggak main game-game yang ada di Hago? Game-game di sana cukup menghibur, kok!

Akhir Kata

Daftar 7 genre game yang harus dihindari selama bulan Ramadhan di atas memang penting dipertimbangkan sebelum dimainkan saat bulan puasa. Pasalnya, kontennya mengandung hal-hal yang bisa bikin orang batal puasa.

Tapi, bukan berarti kamu nggak boleh mainkan game-game tersebut sama sekali, ya. Selama kamu bisa menahan hawa nafsumu, dan menjaga emosimu agar nggak meledak, kamu boleh banget mainin.

Dari ketujuh genre game tadi, mana genre yang paling kamu suka mainkan? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca juga artikel seputar Game atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT

8 Game yang Dilarang di Indonesia, Nomor 2 Dianggap Melecehkan Agama!

10 Game Ninja Offline Terbaik 2019 di Android, Belajar Jadi Shinobi!

10 Game Dengan Akhir Paling Sedih, Lebih Sedih dari Nasib Jomblo!

10 Game Mirip Minecraft Android Terbaik 2019 | 100% Gratis!

Baru Terkena Bencana, Katedral Notre Dame 'Diselamatkan' Oleh Game Ini!

10 Game Tenar yang Kini Ditinggal Pemainnya, Mobile Legends Termasuk!

undefined
Kembali Keatas