7 Genre Game Terkenal yang Sering Disalahartikan

Ditulis oleh Jaka - Sabtu, 05 November 2016, 15:00
Kadang orang beranggapan keduanya itu sama saja, padahal perbedaanya jauh sekali. Nah di kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan 7 genre game yang disalahartikan.

Game merupakan hiburan yang sudah mendunia dan banyak yang memainkannya. Game juga memiliki banyak jenis dari game kecil sampai game yang besar sudah dikelompokkan berdasarkan genrenya. Genre adalah pengelompokan game berdasarkan tipe game, misalnya Adventure, Action, Shooter, dan masih banyak lagi.

Tapi masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaannya dan kadang salah mengartikan beberapa genre game, misalnya perbedaan RPG dengan Adventure. Kadang orang beranggapan keduanya itu sama saja, padahal perbedaanya jauh sekali. Nah di kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan 7 genre game yang disalahartikan. Ada apa aja ya?

BACA JUGA
  • 7 Game Android Paling Susah dan Bikin Frustasi 2016

Berikut 7 Genre Game yang Disalahartikan

1. RPG (Role-Playing Game)

Genre game yang disalahartikan satu ini masih banyak orang yang belum tau arti sebenarnya, RPG bukanlah game Adventure yang sering kita temui, dimana kita bisa menjelajah dan bergerak semau kita. Dari namanya saja Role-Playing Game yang dalam bahasa Indonesianya adalah Permainan Peran dimana kita memainkan peran di sana dan kita tidak hanya memainkan satu tokoh cerita melainkan banyak tokoh yang berkolaborasi untuk menyelesaikan cerita.

Jadi game yang benar-benar pure atau asli RPG itu adalah Final Fantasy, Atlantica Online, Seven Knight, dan game-game lainnya yang gameplay-nya menyerang secara bergantian dan menggunakan lebih dari satu tokoh.

2. MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game)

Nah kadang di sini orang-orang salah mengartikan MMORPG, karena banyak game dengan genre MMORPG berkata kalau itu adalah game Adventure. Memang tidak salah namun sebenarnya game MMORPG biasanya menganut genre Action dan Adventure juga karena game action adalah game dimana tokoh di permainan tersebut bisa kita gerakan secara bebas dan tidak terikat dengan aturan menyerang secara bergiliran. Maka game tersebut sudah termasuk game action dimana gerakan dari karakter yang kita mainkan bisa bergerak secara lincah dan tidak sepenuhnya bergantung pada strategi.

3. FPS (First Person Shooter)

Sejatinya game FPS adalah game berjenis shooter dan bergenre FPS. Genre FPS diambil dari penempatan pemain dalam game, First Person Shooter memiliki ciri utama yaitu Sudut Pandang Orang Pertama, dimana kita di tempatkan sebagai orang yang terlibat secara langsung. Contoh game Bergenre FPS yang terkenal Call Of Duty, BattleField, Medal Of Honor, Dan lain - lain

4. TPS (Third Person Shooter)

Genre yang satu ini memang sama dengan FPS namun perbedaanya adalah di penempatan karakter di game tersebut. Sebenarnya tidak berbeda jauh dengan game FPS. TPS memiliki tempat sendiri karena berbeda dengan FPS. Game FPS biasanya memiliki kelebihan seperti bersembunyi di tembok namun kita tetap bisa melihat musuh dan kemudian menembaknya. Berbeda dengan TPS kalau kita bersembunyi ya musuhnya tidak keliatan. Jadi sekarang kamu bisa membedakan antara keduanya kan? Contoh game bergenre TPS yang terkenal adalah Ghost Racoon dan Sniper Elite.

5. Simulator

Game dengan genre yang satu ini sangat sering disalahartikan. Karena banyak rupa dan macamnya sehingga banyak yang mengklarifikasikanya sebagai game lain. Game simulasi memiliki arti sendiri yaitu simulasi atau peniruan dari kenyataan. Game simulasi adalah game dimana kita bisa merasakan seperti apa aslinya permainan tersebut, karena game simulator dibuat sedemikian rupa agar terasa seperti nyata.

ADVERTISEMENT

6. Adventure

Genre yang satu ini juga sering diartikan sebagai game RPG, padahal kenyatanya bukan. Karena game adventure adalah game dimana kita diminta menjelajah di game tersebut dan tidak memiliki unsur fantasi yang terlalu dalam. Lebih mementingkan ke cerita dan perjalanannya.

7. Action

Genre game yang satu ini termasuk yang sering disalahartikan dan sering dimasukan ke kelompok RPG, padahal kenyataanya berbeda. Game Action adalah game yang mengusut tema cepat dan lincah dimana pemainnya dituntut untuk menyerang dan menghindar di waktu yang tidak pasti, tanpa peraturan, dan hanya mengutamakan mengalahkan musuh dengan cepat dan tepat. Game yang memiliki genre action di antaranya God Of War, Assassin's Creed, Batman, dan masih banyak lagi.

Nah dari 7 genre game di atas, sebenarnya masih banyak genre game yang disalahartikan namun genre di atas adalah yang paling sering. Setelah membaca artikel ini, kita jadi tau dan bisa membedakannya, serta kita akan lebih mudah menemukan genre game mana yang ingin kita mainkan. Jadi tidak akan tertukar dengan genre lain.

ARTIKEL TERKAIT

Ini Dia 10+ Tipe Gamer. Kamu Termasuk yang Mana?

7 Game Live Wallpaper Terbaik Android yang Harus Kamu Coba

7 Game HD Android Terbaik di Bawah 50MB

10+ Game PC yang Paling Susah Ditamatin Sepanjang Masa

35+ Istilah Dalam Game FPS yang Harus Kamu Tahu

Lebih dari 200 Gamers Menghancurkan Komputernya Setelah Main Game Ini

APPS TERKAIT
Game Hacker 4.0
Apps SB Tools
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
Game Guardian 92.0
Apps Game Guardian
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
undefined
Kembali Keatas