4 Game Jadul Ini Punya Makna Filosofis Tersirat di Balik Gameplaynya

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 10 Agustus 2017, 12:00
Salah satu yang membuat game tersebut spesial adalah karena adanya makna filosofis yang terkandung di dalamnya

Video game selalu dirancang menjadi sarana hiburan yang efektif untuk menghabiskan waktu luang, selain itu bermain video game ternyata juga bisa membuat kita menjadi sehat, yakni terhindar dari stress. Terlepas dari semua itu, video game yang bagus juga perlu dilengkapi oleh berbagai elemen yang mendukung, selain elemen gameplay, alur cerita, dan karakter yang keren.

Salah satu lagi yang membuat game tersebut spesial adalah karena adanya makna filosofis yang terkandung di dalamnya. Nah, kali ini saya akan membeberkan beberapa game lawas terbaik yang mengandung makna filosofis di dalam ceritanya, penasaran apa saja itu? Yuk, simak langsung deh di bawah ini.

BACA JUGA
  • Gamer Wajib Tahu! Inilah 5 Faktor Penentu Kemenangan di DotA 2
  • 5 Hero Carry Terbaik Dan Paling Mematikan Di DotA 2
  • 7 Hero DotA 2 Yang Paling Susah Dibunuh, Mana Jagoanmu?

4 Game Jadul Ini Punya Makna Filosofis Tersirat di Balik Gameplaynya

1. Pantang Menyerah Mengejar Tujuan Meski Banyak Rintangan seperti Si Tukang Ledeng Legendaris, Mario Bros.

Siapa yang tak mengenal game satu ini, game lawas dengan karakter si tukang ledeng ini sudah dianggap game legenda bagi sebagian gamer. Jika kalian pernah mencicipi game Super Mario Bross sudah pasti kalian setuju jika perjuangan si Mario untuk meriaih tujuannya sangatlah tak mudah.

Ada berbagai rintangan yang harus dilalui oleh si Mario. Tak sedikit jumlah kegagalan yang didapat sampai dia berhenti dengan akhir yang manis, yakni mendapatkan putri kembali dari cengkraman raja kura-kura, Goopa.

Nah, bagi kalian yang pernah menamatkan game ini maka kalian pasti pernah berulang kali kesal karena mengalami kegagalan di tengah-tengah permainan, namun semua itu akan terbayarkan ketika kita sanggup menyelesaikannya sampai akhir, setuju?

2. Selalu Ada Jalan Keluar Dari Berbagai Masalah Seperti Game Pac-Man

Sebelum populernya game-game survival modern tentang bertahan hidup, sepertinya Pac-Man lebih dahulu memberikan pengalaman tersebut kepada semua orang, khususnya gamer. Selain itu, game Pac-Man juga lebih dulu mengajarkan makna bertahan hidup, mengatasi berbagai masalah dan rintangan yang muncul, dan percaya bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.

Di dalam game Pac-Man, labirin dan kejaran para hantu cukup membuat kerepotan saat menyelesaikan permainan. Namun terlepas dari semua rintangan yang menghadang akan selalu ada jalan keluar untuk mengatasinya, sama halnya saat kita bermain game ini, di mana pemain harus terus berusaha untuk mencari jalan keluar menghindari setiap kejaran para hantu dan sesekali mengambil beberapa titik besar untuk menyerang balik dan memenangkan permainan.

3. Belajar Sabar dan Ber-dedikasi Dengan Game Tamagotchi

Tamagotchi merupakan game bertemakan mengurus hewan yang mengajarkan kita bagaimana mengurus sekaligus menyayangi hewan dengan baik. Meski terlihat sederhana, namun game ini tidaklah mudah. Jika kalian pernah memainkan game ini, pasti kalian akan heboh dengan suara alarm yang tiba-tiba berbunyi.

Rupanya hewan kesayangan kita lapar dan membutuhkan makanan, atau bisa jadi mereka sakit dan memerlukan obat, setelah kondisinya baik kita pun bisa melatih mereka lagi supaya semakin pintar dan lucu. Nah, rupanya bermain Tamagotchi bukan sekadar bermain game biasa, dengannya kita dapat belajar arti sabar, berdedikasi, dan bagaimana mengurus sesuatu dengan baik dan penuh tanggung jawab.

4. Tetap Fleksibel dan Menyesuaikan Keadaan untuk Tetap Bertahan Seperti Game Tetris

Game Tetris merupakan game menyusun balok-balok yang terlihat sepele, namun sebenarnya tidak mudah dan terkandung makna filosofis di dalamnya. Layaknya kehidupan kita yang seperti balok-balok tersebut, kita tetap harus fleksibel dan tidak boleh kaku dalam menyesuaikan keadaan sekitar, kita harus seperti balok-balok game tetris yang siap berubah bentuk di kala itu memang diperlukan.

Itulah beberapa game lawas yang terkandung makna filosofis di dalamnya. Apakah kalian setuju dengan informasi di atas? Yuk jangan lupa share dan komentar di bawah ini jika bermanfaat ya.

ADVERTISEMENT
ARTIKEL TERKAIT

5 Alasan Kenapa Game DotA 2 Nggak Bakal Ada Matinya

Sumpah Nyebelin Abis! 5 Hal Ini Paling Sering Bikin Tim Kalah di Game DotA 2

5 Hero DotA 2 Dengan Penampilan Terburuk, Niat Nggak Sih Bikinnya?

7 Hero DotA 2 Yang Paling Cocok Untuk Pemula

Titisan Dewa! Ini 7 Gamer DotA 2 Profesional Dengan MMR Tertinggi

APPS TERKAIT
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
undefined
Kembali Keatas