6 Fungsi Tombol Home di Android yang MUNGKIN Tidak Kamu Ketahui

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 09 Juni 2017, 09:00
Jaka yakin banyak yang tidak tahu bahwa tombol Home itu memiliki fungsi yang cukup banyak, ini dia 6 funsgi tombol Home di Android yang harus diketahui.

Tombol Home merupakan tombol yang penting yang wajib ada di semua smartphone. Baik smartphone Android atau iPhone buatan Apple, pasti sangat membutuhkan tombol Home untuk disematkan. Bahkan, baik itu soft button atau bahkan tombol fisik sekalipun, tombol Home tetap wajib ada.

Namun, Jaka yakin banyak yang tidak tahu bahwa tombol Home itu memiliki fungsi yang cukup banyak, tidak hanya mengembalikan kerja smartphone ke homescreen. Lantas, apa saja? Ini dia 6 funsgi tombol Home di Android yang harus diketahui.

BACA JUGA
  • Cara Mengunci Layar Android Tanpa Menekan Tombol Power
  • Cara Mengubah Fungsi Tombol Volume Menjadi Power di HP Android
  • Cara Akhiri Panggilan dengan Tombol Power di Android

Fungsi Tombol Home di Android

1. Screenshot

Screenshot merupakan suatu tindakan untuk mengambil gambar apapun yang tersaji pada tampilan layar. Untuk smartphone yang tidak dibekali tombol fisik, maka biasanya yang akan digunakan adalah tombol Power dan Volume. Namun, untuk yang punya tombol fisik, maka yang digunakan adalah tombol Power dan tombol Home.

2. Recovery Mode

Apa sih Recovery Mode? Recovery Mode merupakan mode spesial yang menyediakan banyak pilihan yang jarang diketahui oleh pengguna smartphone. Nah, untuk masuk ke mode ini, kamu diwajibkan untuk menekan tombol Home + tombol volume atas + tombol Power.

3. Download Mode

Biasanya, kalau smartphone kamu adalah smartphone Samsung, kamu akan punya akses untuk ke Download Mode. Nah, mode ini berfungsi untuk melakukan segala hal yang ada kaitannya dengan layanan software. Untuk masuk ke Download Mode pada ponsel Samsung, kamu tekan tombol Home + tombol Power + tombol volume atas pada saat HP dalam keadaan mati.

4. Tombol Back

Salah satu smartphone Android China yang saat ini sedang nge-tren adalah Meizu M5 Note. Nah, fitur dari smartphone tersebut adalah mampu mengubah tombol Home menjadi tombol Back. Jadi, akan lebih efisien menggunakan satu tombol untuk melakukan banyak hal.

5. Google Now

Mungkin sebagian dari kamu sudah tahu dengan fitur satu ini. Namun, masih banyak juga lho yang belum tahu kalau tombol Home bisa kamu gunakan untuk mengakses Google Now. Caranya, kamu hanya perlu menekan tombol Home seidkit lebih lama, dan keluar deh Google Now.

6. Recent App

Masih ada beberapa smartphone Android yang memiliki akses tombol Home untuk menuju Recent App.

ADVERTISEMENT

Dengan begitu, kamu akan mampu menghapus aplikasi yang berjalan di background deh. Caranya, kamu hanya perlu menekan tombol Home sebanyak dua kali secara cepat, dan akses ini dapat kamu lihat.

Akhir Kata

Itu dia 6 fungsi tombol Home yang MUNGKIN belum kamu ketahui. Pastikan juga kamu membaca artikel terkait Smartphone atau tulisan menarik lain dari Jofinno Herian.

ARTIKEL TERKAIT

Cara Screenshot di Android Tanpa Perlu Menekan Tombol Apapun!

Cara Anti-Mainstream Buka Lock Smartphone dengan Kombinasi Tombol Volume

Inilah Alasan Mengapa Posisi Tombol di Keyboard Tidak Berurutan

Inilah Akibatnya Jika Terlalu Sering Menekan Tombol F5

APPS TERKAIT
Screenshot Easy 1.4.24
Apps Ice Cold Apps
Power Button to Volume Button 1.0.4
Apps TeliApp
Volume Unlock Power Button Fix 1.110
Apps Power Fix Team
Screen Off Pro (Screen lock) 1.0
Apps Yogesh Dama
undefined
Kembali Keatas