7 Fitur Ajaib HP yang Kita Butuhkan di Masa Depan, Internetan Bakal Tanpa Kuota?

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 10 Oktober 2019, 14:00
Menurutmu, fitur baru apa yang akan hadir di smartphone? Jaka punya daftar beberapa fitur yang kita butuhkan di masa depan!

Dalam satu dekade terakhir, fitur-fitur yang ada di smartphone semakin canggih dan dapat memudahkan kehidupan kita.

Oleh karena itu, kita jadi boleh berharap bahwa di masa depan akan semakin ada fitur-fitur menarik yang bakal ada di smartphone.

Kali ini, Jaka akan kasih kamu tujuh fitur smartphone yang bakal kita butuhkan di masa depan! Kira-kira bakal jadi kenyataan enggak, ya?

Fitur HP Masa Depan

Ketika Martin Cooper menemukan telepon genggam pada tahun 70-an, ia hanya ingin memudahkan kita untuk berkomunikasi satu sama lain.

Seiring berjalannya waktu, fungsi telepon genggam makin luas. Mulai dari kegiatan hiburan hingga produktif bisa dilakukan melalui handphone.

Buktinya sudah ada di genggaman kita saat ini. Akan tetapi, bukan berarti inovasi akan berhenti di sini, geng!

Jaka mencoba untuk berimajinasi fitur apa yang akan hadir beberapa tahun ke depan. Apa saja?

ADVERTISEMENT

1. Kamera Bawah Layar

Sumber foto: The Verge

Sekarang adalah era di mana smartphone memiliki layar bezeless. Rasio layar ke bodi hampir mencapai angka 100%.

Hal ini menyebabkan notch yang sempat populer akan menjadi basi. Bahkan, kamera depan pun dihilangkan dan dibentuk menjadi model pop-up.

Di masa depan, smarpthone dengan kamera pop-up pun akan ketinggalan zaman, geng. Mereka akan digantikan dengan kamera bawah layar!

Ada beberapa produsen yang dikabarkan sedang mengembangkan teknologi ini, seperti Xiaomi, Samsung, hingga Oppo.

2. Motion or Solar Charging

Sumber foto: Verywell Fit

Salah satu permasalahan utama pemilik smartphone adalah baterai yang cepat habis. Oleh karena itu, dibutuhkan fitur-fitur yang akan membuat baterai menjadi lebih awet.

Contoh solusi yang bisa hadir di masa depan adalah pengisian daya berdasarkan pergerakan kita. Jadi, smartphone akan mampu mengonversi gerakan kita sebagai energi untuk baterai.

Enggak cuma itu, ada juga yang membuat konsep pengisian daya memanfaatkan panas matahari. Ketika sedang low-batt, kita cukup berdiri di bawah terik matahari untuk mengisi dayanya.

Cara-cara tersebut tentu akan sangat bermanfaat ketika kita sedang tidak membawa charger ataupun powerbank.

3. Dikendalikan oleh Pikiran

Sumber foto: NEXT Conference

Ketika Steve Jobs memperkenalkan iPhone ke publik, ia mengatakan kita telah dianugerahi stylus terbaik, yakni jari-jari kita.

Dengan menggunakan jari, kita bisa mengoperasikan smartphone dengan sangat mudah. Apakah ada cara yang lebih mudah selain menggunakan jari? Ada dong.

Bayangkan, kita bisa mengendalikan smartphone hanya dengan menggunakan pikiran kita! Kita bisa membuka aplikasi, membalas pesan, atau menonton YouTube hanya dengan pikiran kita.

Sistem ini sangat mungkin bisa diciptakan walau butuh waktu yang cukup panjang untuk menjadi kenyataan.

Selain itu, tentu kita butuh sebuah alat yang mampu mentransmisikan pikiran kita ke perangkat di tangan kita.

Fitur-Fitur HP Lainnya . . .

4. Berubah Warna

Sumber foto: Tom s Guide

Ketika membeli sebuah handphone, biasanya kita hanya bisa memilih satu warna untuk seumur hidup. Kalau merasa bosan, kita mengakalinya dengan menggunakan case.

Jaka membayangkan di masa depan, akan ada produsen smartphone yang membuat fitur untuk mengganti warna smartphone kita, geng.

Tidak hanya warna, kita pun bisa menggantinya dengan menggunakan gambar-gambar menarik yang kita sukai.

Jika fitur ini benar-benar menjadi kenyataan, bisa-bisa produsen yang menjual case HP bisa bangkrut!

5. Menampilkan Hologram

Sumber foto: Quertime

Ingat adegan Tony Stark yang menemukan cara untuk melakukan perjalanan waktu di film Avengers: Endgame? Kita bisa melihat hologram pita mobius yang menjadi kunci time travel.

Nah, beberapa tahun mendatang bisa jadi kita bisa menjadikan smartphone kita sebagai proyektor hologram, geng! Hologram tersebut akan muncul dari layar kita.

Bayangnya jika fitur hologram ini benar-benar ada, pasti keren banget. Kita bisa melihat tampilan Google Street View secara nyata.

Tidak hanya itu, fitur hologram ini juga bisa menjadikan aktivitas mengajar menjadi lebih menarik dan mudah dipahami, terutama pelajaran biologi bab reproduksi.

6. Scanner Makanan

Sumber foto: Stylus

Banyak aplikasi yang bisa membantu kita yang sedang berkeinginan untuk menguruskan badan. Salah satunya adalah aplikasi penghitung kalori makanan.

Cara kerjanya sedikit rumit, di mana kita harus memasukkan nama makanan secara manual untuk mengetahui kalori yang dikandungnya. Kalau makanan tersebut memiliki barcode, bisa lebih praktis.

Nah, di masa depan seharusnya ada cara yang lebih mudah. Kita hanya perlu mengarahkan kamera ke makanan, lantas ada fitur yang akan melakukan scanning otomatis.

Jika fitur tersebut benar-benar ada, kegiatan diet bisa menjadi lebih terukur!

7. Internet Tanpa Kuota

Sumber foto: Kaspersky Lab

Fitur terakhir yang Jaka yakin pasti menjadi idaman semua orang adalah internet tanpa kuota. Dengan adanya fitur ini, kita tidak perlu khawatir akan kehabisan kuota internet.

Sekarang saja, banyak tech hack yang mampu membuat kita terhubung dengan internet secara gratis, meskipun kebanyakan bersifat ilegal.

Hanya saja jika fitur ini benar-benar ada, maka para provider internet akan mengajukan keberatan karena merugikan mereka.

Di antara fitur-fitur yang ada di daftar ini, nampaknya fitur inilah yang paling susah untuk direalisasikan!

Akhir Kata

DI balik optimisme akan selalu munculnya fitur-fitur baru, ada semacam kekhawatiran kita akan segera memasuki era kegelapan teknologi.

Era tersebut datang ketika inovasi teknologi sudah mencapai puncaknya, sehingga tidak ada lagi hal baru yang bisa ditawarkan.

Kalau menurutmu gimana, geng? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca juga artikel seputar Fitur HP atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah.

ARTIKEL TERKAIT

7 HP dengan Fitur Fingerprint Dalam Layar Terbaik, Mulai 3 Jutaan!

5 Teknologi Transfer Data Terbaik di HP | Punya Kecepatan 20MB Per Detik!

Ini 7 Fitur Kamera yang Wajib Dimiliki oleh Smartphone, Gak Butuh 3 Lensa!

5 Bukti Bahwa Night Mode iPhone 11 Series Terlalu Sempurna, Android Babak Belur!

5 Alasan Kenapa Fitur Incognito di Google Maps Penting, Biar Gak Dilacak Mantan!

6 Fitur HP Zaman Sekarang yang Gak Ada di iPhone 11 | Mending Xiaomi?

undefined
Kembali Keatas