7 Tempat Mengerikan yang Jadi Lokasi Syuting Film Horor, Serem Abis!

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 28 Mei 2020, 17:00
Film horor sering berlokasi di tempat yang sudah dimodifikasi sehingga terlihat menyeramkan. Tapi, ada juga tempat mengerikan yang jadi lokasi syuting film horor.

Film horor kerap menampilkan beragam tempat mengerikan yang membuat suasananya lebih mencekam. Berbagai cara dilakukan untuk membuat tempat tersebut terlihat seram.

Mulai dari modifikasi habis-habisa hingga penggunaan visual effect mungkin diterapkan untuk membuat lokasi di film horor terlihat begitu menyeramkan.

Tapi ternyata, ada juga film horor yang memang syuting di lokasi mengerikan. Bahkan, ada pula yang syuting di tempat yang memang terkenal sangat angker.

Penasaran seperti apa tempat mengerikan yang jadi lokasi syuting film horor? Langsung saja simak ulasannya berikut ini, geng.

Tempat Mengerikan yang Jadi Lokasi Syuting Film Horor

Mengerikan, menjadi satu kata yang cukup menggambarkan lokasi syuting film horor. Ngerinya, beberapa tempat bahkan dipercaya sebagai tempat yang sangat angker.

Lalu, apa saja tempat mengerikan yang dijadikan lokasi syuting film horor? Biar nggak penasaran, langsung saja simak ulasannya berikut ini, geng!

1. Chernobyl, Ukraina - Chernobyl Diaries (2012)

Chernobyl adalah sebuah kota kecil di Ukraina yang hancur karena ledakan reaktor pembangkit tenaga nuklir pada 26 April 1986. Kota yang tadinya hidup pun kini menjadi mati

ADVERTISEMENT

Kota kecil ini akhirnya nggak pernah dihuni lagi karena radiasi radioaktif. Udara di sana juga bisa menjadi mematikan kalau terlalu banyak dihirup, geng.

Suasana suram di Chernobyl pun menginspirasi film Chernobyl Diaries. Film horor ini berkisah tentang sekelompok anak muda yang melakukan tur ekstrem di kawasan Chernobyl.

Film kontroversial ini pun sebenarnya nggak benar-benar diambil di Chernobyl, melainkan di kawasan sekitar yang lebih aman. Kamu juga pasti sudah bisa menebak alasannya, kan?

2. Catacombs, Perancis - As Above, So Below (2014)

As Above, So Below yang disutradarai oleh John Erick Dowdle ini mendapat izin untuk syuting di tempat yang menjadi latar kisahnya, yakni Catacombs, Perancis.

Meski begitu, nggak semua tempat di Catacombs bisa diakses oleh tim produksi. Sebab, Catacombs cukup luas dan memiliki banyak lorong yang bisa menyesatkan.

Catacombs adalah kuburan massal bawah tanah yang dibangun pada 1810. Kuburan ini konon diisi enam juta mayat yang hanya tersisa tengkorak dan tulang belulang.

Kesan horor sangat terasa lewat suasana suram dan tembok yang dihiasi tengkorak manusia. Ada pula lorong-lorong sempit yang bisa memicu phobia claustrofobia.

3. Bates Mansion - Psycho (1960)

Bangunan misterius dalam film Psycho ini mengeluarkan aura mengerikan karena terkesan tua dan suram. Tempat ini merupakan bukit tempat Norman Bates 'menjaga' ibunya.

Meski nggak selalu menampilkan long shoot bangunan secara keseluruhan, Bates Mansion berhasil mengingatkan penonton bahwa film-film Psyco memang sangat menyeramkan, geng.

Bates Mansion pun menjadi tempat ikonis dalam film tentang psikopat ini. Saking ikonisnya, bangunan ini sampai dibuat duplikasinya di Universal Studios.

4. Rumah Saeki - Ju On (2003)

Kamu pasti tahu rumah menyeramkan yang satu ini, kan? Rumah Saeki merupakan lokasi syuting film horor anak kecil yang berada di Higashicho, prefektur Saitama.

Tempat syuting salah satu adegan paling mengerikan dalam film Ju On yang rilis tahun 2003 tersebut ternyata nggak berpenghuni, sepi, dan terbengkalai, geng.

Meski menyeramkan dan membuat merinding, nyatanya rumah Saeki sering dikunjungi wisatawan. Tapi, mereka hanya boleh berfoto di depan rumahnya saja.

5. Rumah Keluarga Bell - Bell Witch: The Movie (2007)

Rumah tua yang terletak di Tennessee, Amerika ini menjadi latar salah satu film horor terseram berjudul Bell Witch: The Movie yang rilis pada 2007 silam.

Salah satu cerita populer adalah Bell Witch Haunting atau hantu penyihir Bell. Menurut situs resmi Bell Witch, keluarga petani John Bell diganggu hantu sejak 1817.

Hantu penyihir wanita bernama Kate Batts tersebut dulunya adalah budak keluarga Bell. Tapi, Kate menyimpan dendam dan mengutuk keluarga Bell, geng.

Penghuni rumah ini pun sering diganggu dengan suara-suara aneh dan gangguan mistis lainnya. Tragisnya, mereka tewas satu per satu karena ulah Kate.

6. Rumah Keluarga Lutz - The Amityville Horor (2005)

Rumah yang berlokasi di 112 Ocean Avenue, Amityville, New York, Amerika Serikat, ini merupakan salah satu lokasi angker terpopuler di dunia, geng.

Film ini pun kemudian menginspirasi sekaligus menjadi tempat syuting film horor Hollywood yang terinspirasi dari kisah nyata, yakni The Amityville Horror.

Kisah horor rumah Amityville berawal pada 13 November 1974. Saat itu, Ronald DeFeo, Jr. membunuh keluarganya sendiri secara brutal di rumah tersebut.

Setahun kemudian, George dan Kathy Lutz bersama tiga anaknya pindah ke rumah tersebut. Setelah 28 hari, mereka angkat kaki karena diganggu oleh makhluk halus di sana.

7. Rumah Keluarga Hodgson - The Conjuring 2 (2016)

Film tentang iblis, The Conjuring 2, berlokasi di tempat angker, yakni di rumah keluarga Hodgson yang berlokasi di 284, Green Street, Brimsdown, Enfield, Inggris.

Rumah ini menjadi lokasi insiden supranatural paling fenomenal sepanjang sejarah, yaitu Enfield Poltergeist. Kasus ini pun mengundang perhatian media besar Inggris.

Pada 1977 - 1979, dua anak perempuan Hodgson mengaku diganggu oleh makhluk halus. Puncaknya, salah satu anak perempuannya berbicara dengan suara iblis dan melayang di kamarnya.

Akhir Kata

Itulah 7 tempat mengerikan yang jadi lokasi syuting film horor. Bukan sekedar terlihat mengerikan, tapi beberapa di antaranya memang terkenal sangat angker.

Suasana mencekam pada ketujuh tempat tadi pun berhasil membuat film yang berlokasi syuting di sana menjadi terasa jauh lebih mengerikan, geng.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Tia Reisha.

ARTIKEL TERKAIT

12 Film Horor Indonesia Terbaik & Terbaru 2020, Jangan Nonton Sendirian!

10 Film Horor yang Dilarang Tayang, Adegannya Terlalu Sadis dan Menjijikkan!

7 Film Horor Tanpa Sosok Hantu, Lebih Bikin Tegang!

7 Film yang Memakan Korban Jiwa Saat Proses Syuting, Kru Tidak Profesional?

Alami Kecelakaan saat Syuting, 5 Stuntman Ini Menuntut Studio Film

Nyesek! 10 Aktor yang Perannya Digantikan Orang Lain Saat Proses Syuting Film

Kembali Keatas