1917 Menang Golden Globe, Ini 7 Film Terbaik dari Sang Sutradara Sam Mendes

Ditulis oleh Jaka - Senin, 06 Januari 2020, 19:00
Belum kenal dengan Sam Mendes, pemenang sutradara terbaik di Golden Globe? Di sini Jaka mau membahas 7 film terbaik dari sutradara Sam Mendes!

Ayo ngaku, siapa yang hari ini waktu bangun bukannya mandi dan siap-siap berangkat kerja atau kuliah malah sibuk melihat hasil ajang Golden Globe?

Golden Globe memang adalah salah satu ajang paling bergengsi di dunia film dan pemenang di acara ini biasanya memiliki kesempatan besar untuk melanjutkan kesuksesan mereka di Piala Oscar, geng!

Di tahun ini, penghargaan paling bergengsi Sutradara Terbaik dan Film Drama Terbaik jatuh ke Sam Mendes dan film perang 1917.

7 Film Terbaik dari Sutradara Sam Mendes

Buat kalian yang masih asing dengan nama ini, Sam Mendes adalah sutradara asal Inggris yang memulai karirnya di dunia film di tahun 1999, geng.

Sebelum menjadi sutradara film, Mendes sudah pernah menjadi sutradara teater di West End, London, yang sering disebut sebagai Broadway-nya Inggris.

Sejak masuk ke dunia film, sutradara yang satu ini sudah memiliki reputasi lewat film dramanya yang sering menggali kondisi psikologis karakter utamanya.

Nah, sebelum film terakhirnya, 1917, masuk ke bioskop Indonesia, Jaka mau membahas 7 film terbaik dari sutradara Sam Mendes!

ADVERTISEMENT

1. Skyfall (2012)

Setelah sekian lama bergulat dengan film nyeni, Mendes berubah haluan saat diumumkan bahwa dia akan menjadi sutradara film James Bond ke-23, Skyfall.

Di sini, James Bond (Daniel Craig) dan segenap organisasi M16 harus melawan ancaman dari mantan anggota MI6 yang berubah menjadi teroris, Raoul Silva (Javier Bardem).

Melanjutkan era James Bond Daniel Craig, film Skyfall tidak hanya adegan aksi dan mobil keren tapi juga memiliki karakterisasi yang kompleks dan emosional.

Sampai saat ini, Skyfall disebut sebagai salah satu film James Bond terbaik dan memiliki rating 92% di situs Rotten Tomatoes.

2. American Beauty (1999)

Meskipun sudah berkarir selama lebih dari 20 tahun, Mendes mungkin paling dikenal lewat film debutnya yang memukau, American Beauty.

Film ini menceritakan kisah Lester Burnham (Kevin Spacey), seorang pria yang mengalami krisis paruh baya dan mulai tertarik secara seksual terhadap teman anaknya.

Ketika pertama kali dirilis, film ini sukses merajai Piala Oscar dengan total 5 kemenangan, termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Aktor Utama Terbaik, geng!

Dengan rating 87% di situs Rotten Tomatoes, American Beauty sukses meluncurkan karir Sam Mendes sebagai sutradara film yang patut diperhitungkan.

3. Road to Perdition (2002)

Aktor Tom Hanks sudah terkenal lewat reputasinya sebagai figur paling ramah di Hollywood, tapi dia juga bisa memerankan orang bengis seperti di Road to Perdition.

Film ini menceritakan kisah mafia Michael Sullivan (Tom Hanks) yang harus melindungi dirinya dan anaknya dari ancaman mafia lain.

Setelah sukses dengan American Beauty, Mendes menginginkan untuk membuat film minim dialog yang menggunakan visual sebagai metode penceritaan utama yang akhirnya berujung di film ini.

Atmosfir yang ditunjukkan Mendes di film ini banyak dipuji oleh kritikus dan saat ini, Road to Perdition mendapat rating 80% di situs Rotten Tomatoes.

4. Away We Go (2009)

Di sederetan film karya Sam Mendes, Away We Go relatif unik karena film ini memiliki elemen komedi yang kental meskipun tema keseluruhannya masih terhitung melankolis.

Film ini menceritakan kisah pasangan Burt (John Krasinski) dan Verona (Maya Rudolph) yang sedang mencari tempat yang cocok untuk memulai keluarga.

Di perjalanan mereka, pasangan ini bertemu dengan beberapa pasangan lain yang masing-masing memiliki keunikan dan dilema mereka masing-masing, geng!

Meskipun terbilang 'ringan' dibandingkan film Mendes lainnya, Away We Go tetap mendapat banyak pujian dan memiliki rating 68% di situs Rotten Tomatoes.

5. Revolutionary Road (2008)

11 tahun setelah film Titanic, pasangan ikonik Kate Winslet dan Leonardo DiCaprio kembali berpasangan kembali di film drama emosional Revolutionary Road.

Film ini menceritakan kisah pasangan Frank (Leonardo DiCaprio) dan April (Kate Winslet) yang bosan terhadap hidup mereka yang cenderung monoton dan membosankan.

Buang jauh-jauh ingatanmu tentang pasangan Rose dan Jack dari Titanic karena film Revolutionary Road memiliki tema yang sangat kelam dan emosional, geng!

Film adaptasi novel dari David Yates ini berhasil menggugah hati kritikus dan saat ini memiliki rating 67% di situs Rotten Tomatoes.

Revolutionary Road punya kisah menarik dibelakang layar karena Mendes merupakan suami Winslet saat itu dan dia harus melihat istrinya berhubungan intim dengan lawan mainnya.

6. Spectre (2015)

Setelah kesuksesan Skyfall, Mendes ditunjuk untuk mencoba mengulang kesuksesan tersebut di film James Bond ke-24, Spectre

Di sini, James Bond ditugaskan untuk menguak organisasi rahasia SPECTRE yang ternyata merupakan dalang aksi kriminal di beberapa film James Bond sebelumnya.

Sayangnya, film ini tidak mendapat sambutan sehangat Skyfall dan Mendes sendiri mengeluhkan fans di Inggris yang suka ekstrim dalam mengemukakan pendapat mereka.

Meskipun hubungan Mendes dan James Bond harus putus setelah Spectre, film ini tetap memiliki rating 63% di situs Rotten Tomatoes yang masuk kategori positif.

7. Jarhead (2005)

1917 bukan film pertama yang pernah dikerjakan oleh oleh Mendes karena di tahun 2005 dia pernah membuat film Jarhead yang berlatar di Perang Teluk.

Film ini menceritakan kisah Anthony Swofford (ake Gyllenhaal), seorang prajurit Amerika yang dikirim ke Timur Tengah untuk melawan invasi Irak ke Kuwait.

Alih-alih terjun ke medan perang, Swofford bersama rekan-rekannnya malah lebih banyak menghabiskan waktunya di markas tanpa melakukan hal yang berarti.

Film Jarhead banyak dipuji karena berhasil menunjukkan pengalaman tentara yang unik dan saat ini memiliki rating 61% di situs Rotten Tomatoes.

Akhir Kata

Itulah, geng, daftar 7 film terbaik dari sutradara Sam Mendes menurut situs Rotten Tomatoes. Di situs tersebut, semua film yang disutradarai Mendes memiliki rating di atas 60%.

Makanya, meskipun banyak yang kaget bahwa film 1917 berhasil menang besar di Golden Globe, kemampuan Mendes sebagai sutradara nggak usah diragukan lagi, geng!

Apakah kalian sudah pernah menonton film di atas? Bagaimana menurutmu tentang kualitas film Sam Mendes? Langsung share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT

7 Film Terbaik Karya Sutradara Quentin Tarantino, Penuh Darah dan Twist Gila!

7 Film yang Aktor Utamanya Berperan Sebagai Sutradara, Demi Cuan Banyak?

7 Sutradara dengan Reputasi Terburuk di Hollywood, No. 5 Sutradara Transformers

7 Sutradara Terbaik Asal Indonesia, Berprestasi Level Internasional!

Prediksi Nominasi Oscar Versi Jalantikus, Apa Film Favorit Kalian?

7 Aktor dan Aktris Terbaik yang Belum Pernah Menang Oscar, 7 Nominasi Tanpa Kemenangan?

Kembali Keatas