7 Film Kontroversial yang Menghina Korea Utara, Nyaris Membuat Perang Dunia ke-3!

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 02 Oktober 2019, 11:00
Film-film berikut ini dinilai menghina Korea Utara, bahkan ada yang hampir menjadi penyebab pecahnya perang dunia ke-3

Korea Utara merupakan salah satu negara dengan peraturan paling ketat. Nggak cuma ketat, pemerintah Korea Utara yang menjalankan sistem pemerintah totalitarian.

Hampir semua orang di dunia nggak menyukai hal tersebut. Korea Utara dinilai membatasi dan merampas hak rakyatnya untuk hidup dalam kebebasan.

Sebagai salah satu cara untuk menekan pemerintah Korea Utara, maka dibuatlah film-film yang menyindir Korea Utara. Mulai dari film yang menyindir halus, hingga yang menghina terang-terangan, geng.

7 Film Kontroversial yang Menghina Korea Utara

Dalam artikel ini, Jaka bakal kasih tahu kamu mengenai 7 film kontroversial yang menghina Korea Utara. Entah dengan menjadikan Korut sebagai musuh atau bahkan menghina secara verbal.

Film yang menghina Korea Utara nggak cuma film ber-genre komedi saja, melainkan dari bermacam genre lainnya seperti action, film perang, dan lain sebagainya.

Daripada kamu makin penasaran, langsung saja simak artikel Jaka di bawah ini ya, geng. Check it out!

1. The Interview (2014)

The Interview merupakan film komedi satir yang dibintangi oleh duo James Franco dan Seth Rogen. Film ini sangat kontroversial, sehingga dilarang tayang.

ADVERTISEMENT

Menceritakan tentang seorang host TV Show dan produsernya yang pergi ke Korea Utara untuk mewawancarai Kim Jong-Un. Namun, mereka juga memiliki misi lain, geng.

CIA juga mengutus mereka untuk membunuh Kim Jong-Un. Saking ofensifnya, Kim Jong-Un mengancam akan berperang dengan Amerika Serikat apabila film ini tayang, lho.

2. Team America: World Police (2004)

Team America: World Police adalah film komedi yang dibuat menggunakan teknik stop-motion dari figur boneka. Film ini diproduksi oleh orang-orang dibalik kartun kontroversial, South Park.

Melihat pembuat-pembuatnya, kamu pasti sudah terbayang seberapa menghinanya film ini. Apalagi dalam film ini Kim Jong-Il digambarkan pendek dan kejam.

Film ini banyak sekali berisi hinaan-hinaan kasar berdasarkan stereotip serta humor satir yang menyindir kondisi politik di Amerika Serikat.

3. Die Another Day (2002)

Die Another Day adalah film agen rahasia yang merupakan bagian dari franchise film James Bond. Fil ini merupakan film terakhir Pierce Brosnan sebagai James Bond.

Film ini menceritakan tentang James Bond yang tertangkap oleh tentara Korea Utara. Setelah bebas, ia pun berusaha mengalahkan para teroris Korea Utara yang mengancam keselamatan dunia.

Meskipun nggak memiliki konten yang terang-terangan menghina Korut, namun film ini menggunakan framing bahwa Korea Utara adalah penjahat. Media Korea utara menganggap film ini sangat menghina bagi mereka.

4. Red Dawn (2012)

Red Dawn adalah film perang yang dibintangi oleh Chris Hemsworth, Josh Peck, dan banyak aktor terkenal lainnya. Film ini juga mem-framing Korea Utara sebagai penjahat perang.

Bercerita tentang sekelompok remaja yang berjuang untuk selamat dari invasi Korea Utara di Amerika Serikat. Mereka dan teman-teman sekolahnya mengangkat senjata untuk mengusir penjajah.

Film ini merupakan remake dari film berjudul sama di tahun 1984. Awalnya, musuh dari film ini adalah China. Namun, supaya tidak menyinggung, akhirnya digunakanlah Korea Utara.

5. The Pacifier (2005)

The Pacifier adalah film komedi yang dibintangi oleh aktor macho, Vin Diesel. FIlm ini menggambarkan kalau Korea Utara itu licik dan bodoh.

Bercerita tentang seorang perwira angkatan laut yang bertugas menjaga 5 orang anak. Anak-anak tersebut adalah anak dari atasannya yang sudah meninggal.

Ternyata, selama ini suami istri yang tinggal di sebelah rumah mereka adalah teroris Korea Utara yang berniat untuk mencuri dokumen rahasia di rumah keluarga tersebut.

6. MADtv (1995 - 2009)

Lain dari film-film di atas, MADtv merupakan acara televisi yang berisi sketsa-sketsa komedi yang tayang di channel luar negeri, FOX.

Dalam beberapa sketsa komedi, terdapat sebuah segmen bernama "The Kim Jong-Il Show" di mana komedian Bobby Lee memarodikan mendiang diktator Korea Utara tersebut.

Dalam sketsanya, terkadang Bobby Lee yang berpakaian seperti Kim Jong-Il, bakalan menembak misil bohongan ke arah penonton yang tidak tertawa.

7. 30 Rock (2006 - 2013)

Masih acara TV, nih, geng. 30 Rock adalah sitkom satir yang dibuat oleh komedian Tina Fey. Sitkom ini dibuat berdasarkan pengalaman Tina sebagai penulis utama dalam sitkom Saturday Night Live.

Dalam season ke-5 dan ke-6 30 Rock, komedian Margaret Cho berperan sebagai Kim Jong-Il. Meskipun wanita, ia mampu menirukan Kim Jong-Il dengan sangat baik, lho.

Ia memarodikan tokoh Kim Jong-Il dalam berbagai profesi, mulai dari pelayan hingga pembawa berita cuaca dengan sangat kocak. Bahkan, Margaret berhasil mendapatkan piala Emmy berkat peran ini.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 7 film kontroversial yang menghina Korea utara. Bagaimana pendapatmu tentang film-film tersebut, geng?

Tulis jawabanmu di kolom komentar yang sudah disediakan, yah!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT

10 Poster Film Kontroversial yang Paling Dicekal Sepanjang Masa (18+)

Ada Penistaan Agama?! 7 Film Kontroversial Ini Dilarang Tayang Di Indonesia

10 Fakta Mencengangkan Kehidupan Masyarakat Korea Utara

10 Peraturan Teknologi Aneh di Korea Utara, Gak Boleh Punya HP?

15 Foto Terlarang yang Tidak Boleh Kamu Ambil di Korea Utara

5 Hal Terlarang yang Tidak Boleh Kamu Lakukan di Korea Utara

undefined
Kembali Keatas