7 Anime yang Terinspirasi dari Kisah Nyata, Banyak dari Studio Ghibli!

Ditulis oleh Jaka - Minggu, 03 November 2019, 20:00
Ternyata enggak semua anime itu berasal dari imajinasi pembuatnya, geng! Banyak anime yang terinspirasi dari kisah nyata, apa saja?

Anime terkenal karena fantasinya yang tidak akan pernah terjadi di dunia nyata. Sampai kapanpun kita tidak akan memiliki mata Sharingan atau melontarkan Kamehameha.

Hal itu membuat kita percaya kalau anime hanya berasal dari imajinasi kreatornya. Eits, ternyata banyak loh anime yang terinspirasi dari kisah nyata.

Kali ini, Jaka akan kasih kamu beberapa daftar anime yang terinspirasi dari kisah nyata, banyak yang dari Studio Ghibli!

Anime Terinspirasi Kisah Nyata

Sebenarnya, banyak anime yang mengambil ide dari sejarah yang jelas. Sebut saja anime klasik The Rose of Versailles atau Barefoot Gen.

Anime-anime yang ada di bawah ini tidak terbatas dari inspirasi kisah nyata yang memiliki nilai historis. Ada juga dari kejadian sehari-hari atau berita yang menghebohkan.

Dilansir dari berbagai sumber, inilah daftar animenya!

1. Steins;Gate

Sumber foto: WSWS

Kamu pernah ingat enggak pada tahun 2000, ada seorang pria bernama John Titor mengaku bahwa dirinya adalah seorang time traveler yang berasal dari tahun 2036?

ADVERTISEMENT

Kemunculannya tersebut membuat gempar karena ia memberi peringatan akan terjadinya perang nuklir yang semakin dekat. Tentu saja banyak yang tidak percaya dengannya.

Siapa yang menyangka kejadian ini menjadi inspirasi salah satu anime terbaik sepanjang masa, Steins;Gate.

Anime ini menggunakan kisah John Titor sebagai jalan utama cerita. Bedanya, perjalanan waktu yang dilakukan oleh tokoh utama benar-benar terjadi!

Detail Steins;Gate
Rating 9.12 (712.645)
Jumlah Episode 24 Episode
Tanggal Rilis 6 April 2011
Studio White Fox
Genre Thriller, Sci-Fi

2. Welcome to the N.H.K. (NHK ni Youkoso!)

Sumber foto: Nefarious Reviews

Kamu penggemar teori konspirasi? Jika iya, kamu pasti suka dengan anime yang berjudul Welcome to the N.H.K. ini.

Plot ceritanya berputar tentang teori konspirasi tentang jaringan televisi NHK Jepang yang dituduh sedang menjalankan misi rahasia.

Teori tersebut menyebutkan bahwa NHK sebenarnya ingin membuat masyarakat menjadi hikikomori atau individu yang menyendiri dan menarik diri dari dunia.

Anime ini terasa nyata karena sang penulis cerita Tatsuhiko Takimoto adalah seorang hikikomori. Ia menyebarkan kisahnya sendiri agar diketahui oleh orang lain.

Detail Welcome to the N.H.K.
Rating 8.36 (217.252)
Jumlah Episode 24 Episode
Tanggal Rilis 10 Juli 2006
Studio Gonzo
Genre Comedy, Psychological, Drama, Romance

3. Bakuman

Sumber foto: US Anime Direct

Bakuman adalah salah satu anime komedi ringan yang menggambarkan kehidupan dua remaja laki-laki. Mereka bercita-cita untuk menjadi seniman manga.

Manga mereka diterbitkan di majalah Jepang yang disebut Weekly Shonen Jump. Karena majalah tersebut benar-benar ada di dunia nyata, banyak judul manga asli yang dirujuk oleh anime ini.

Lantas, dari mana kisah nyatanya? Pembuat serial ini, Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata merupakan author dari Death Note.

Kisah Bakuman mereka buat berdasarkan pengalaman mereka dalam membuat Death Note! Selama ini mereka mendokumentasikan proses pembuatannya dan akhirnya menjadi judul manga baru.

Detail Bakuman
Rating 8.29 (195.610)
Jumlah Episode 25 Episode
Tanggal Rilis 2 Oktober 2010
Studio J.C. Staff
Genre Comedy, Drama, Romance, Shounen

Anime Terinspirasi Kisah Nyata Lainnya . . .

4. Tokyo Magnitude 8.0

Sumber foto: Anime-Planet

Bagaimana jika sebuah anime justru berhasil membuat prediksi bencana alam yang akan terjadi pada beberapa tahun mendatang?

Itulah yang terjadi pada Tokyo Magnitude 8.0. Anime ini rilis pada tahun 2009 dan bercerita tentang gempa 8,0 skala richter yang mengguncang Jepang pada tahun 2012.

Pengambilan ide ini sebenarnya hal yang biasa mengingat gempa sangat identik dengan Jepang. Yang mengerikan, di tahun 2011 benar-benar terjadi gempa dengan kekuatan 9,0 skala richter!

Serial anime ini juga melakukan banyak penelitian seputar gempa dan melakukan wawancara kepada orang-orang yang pernah terkena dampak gempa bumi.

Detail Tokyo Magnitude 8.0
Rating 8.12 (81.426)
Jumlah Episode 11 Episode
Tanggal Rilis 10 Juli 2009
Studio Bones, Kinema Citrus
Genre Drama

5. Mawaru Penguindrum

Sumber foto: World Without Horizons

Melihat banyaknya penguin yang muncul, pasti kamu tidak menyangka bahwa anime Mawaru Penguindrum terinspirasi dari kisah nyata.

Anime ini menggunakan serangan teror tahun 1995 di Tokyo sebagai latar belakang cerita. Ketika itu, ada satu kelompok yang menyerang beberapa jalur kereta bawah tanah Tokyo menggunakan gas sarin.

Kejadian tersebut membuat belasan orang tewas dan ribuan orang terluka. Anime ini bercerita bagaimana serangan tersebut memengaruhi anak-anak, terutama sang karakter utama.

Di anime ini juga diceritakan tentang bagaimana dua orang saudara harus menemukan barang bernama Penguindrum untuk menyelamatkan saudara perempuannya yang sakit parah.

Detail Mawaru Penguindrum
Rating 8.01 (80.695)
Jumlah Episode 24 Episode
Tanggal Rilis 8 Juli 2011
Studio Brain's Base
Genre Mystery, Comedy, Dementia, Psychological, Drama

6. My Neighbor Totoro (Tonari no Totoro)

Sumber foto: SCMP

Salah satu studio anime terbesar, Studio Ghibli, terkenal karena sering menyisipkan kisah nyata pada anime-animenya. Salah satunya adalah My Neighbor Totoro.

Protagonis dari anime ini diceritakan memiliki seorang ibu yang menderita TBC walau tak pernah dinyatakan secara eksplisit.

Fakta ini mencerminkan kehidupan asli dari penulis sekaligus produser film ini, Hayao Miyazaki. Ibunya juga menderita penyakit yang sama ketika ia masih kecil.

Miyazaki memilih anak perempuan sebagai tokoh utama karena baginya anak laki-laki akan mengingatkan masa kecilnya sendiri.

Secara keseluruhan, film ini memang mengeksplorasi kematian dari sudut pandang seorang anak.

Detail My Neighbor Totoro
Rating 8.42 (323.765)
Durasi 1 jam 26 menit
Tanggal Rilis 16 April 1988
Studio Studio Ghibli
Genre Adventure, Comedy, Supernatural

7. Grave of the Fireflies (Hotaru no Haka)

Sumber foto: The Portland Press Herald

Anime terakhir yang ada di daftar ini adalah Grave of the Fireflies. Anime ini dibuat berdasarkan semi-autobiografi yang dibuat oleh Akiyuki Nosaka.

Cerita anime movie terbaik ini dibuat oleh Nosaka sebagai permohonan maafnya kepada adik perempuannya yang harus meninggal karena kekurangan gizi akibat perang.

Anime ini menceritakan kembali peristiwa-peristiwa terkait pengeboman di Kobe pada tahun 1945 yang juga merenggut ibu dari dua orang anak. Mereka berdua harus berjuang untuk bertahan hidup.

Film dari Studio Ghibli ini dijamin akan menguras emosi habis-habisan. Penggambaran sejarah bagaimana Jepang menderita akibat perang berhasil ditunjukkan dengan baik.

Roger Ebert, seorang kritikus film, berpendapat bahwa anime ini menjadi salah satu film tentang perang terbaik yang pernah ia tonton.

Detail Grave of the Fireflies
Rating 8.53 (184.579)
Durasi 1 jam 28 menit
Tanggal Rilis 16 April 1988
Studio Studio Ghibli
Genre Drama, Historical

Akhir Kata

Daftar di atas menunjukkan bahwa anime tidak hanya menyuguhkan fantasi dan hal-hal berbau magic untuk penontonnya.

Banyak sekali anime yang dibuat berdasarkan kisah nyata dan sejarah yang benar-benar terjadi. Ada yang diimplementasikan secara penuh, ada juga yang secara parsial.

Apa ada anime lain yang belum Jaka sebutkan? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca juga artikel seputar Anime atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah.

ARTIKEL TERKAIT

7 Merek Teknologi yang Diplesetkan di Anime, Bikin Ngakak!

15 Anime Olahraga Terbaik yang Wajib Kamu Tonton, Bikin Semangat!

7 Mainan yang Sukses Berkat Anime, No. 4 Lagi Banyak yang Mainin!

7 Anime Populer yang Paling Kontroversial, Nonton No. 6 Bisa Dipenjara!

7 Anime yang Memarodikan Anime Lain, No. 4 Bikin Ngakak Parah!

7 Anime Mecha Terbaik Sepanjang Masa, Keren Abis!

Kembali Keatas