5 Game Jadul yang Masih Ada Kompetisi eSportsnya, Old But Gold!

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 04 September 2019, 16:45
Kata siapa game-game jadul udah enggak layak untuk masuk pertandingan eSports? Buktinya 5 game ini masih banyak peminatnya!

Kamu suka mengikuti perkembangan dunia eSports? Pertandingan game ini menjadi populer semenjak kemunculan game-game populer seperti Dota 2, PUBG, hingga Mobile Legends.

Meskipun booming-nya baru beberapa tahun terakhir, sebenarnya eSports sudah lama terlaksana dengan game-game yang lebih jadul.

Nah, di antara beberapa game jadul tersebut, ternyata ada yang masih dikompetisikan sampai sekarang! Apa saja?

Game eSports Jadul

Buat kamu yang belum tahu, eSports punya sejarah panjang. Ajang perlombaan game yang pertama terjadi pada tahun 1972 dengan game Spacewar. Hadiahnya belum seberapa waktu itu.

Setelah itu, beberapa developer game juga mulai mengadakan lomba eSports. Konsol-konsol yang semakin canggih juga mendorong majunya eSports hingga seperti sekarang.

Dalam rentang waktu tersebut, ternyata beberapa game jadul masih ada yang dipertandingkan loh, geng. Apa saja?

1. Super Street Fighter II

Sumber foto: Forbes

Coba sebutin satu game fighting terbaik menurut kamu! Kalau kamu generasi 90-an atau lebih tua, pasti akan memilih game Street Fighter II yang dirilis tahun 1991.

ADVERTISEMENT

Pertama kali diluncurkan, game ini merupakan game arkade. Sebagai sekuel dari versi yang lebih lawas, tentu game ini mengalami banyak peningkatan yang ternyata membuat namanya melegenda.

Game dari Capcom ini dianggap sebagai salah satu game terbaik sepanjang masa. Bahkan, ada pendapat yang mengatakan bahwa belum ada game fighting lain yang mampu mengalahkan game ini.

Tidak hanya itu, Street Fighter II juga dianggap sebagai tonggak dimulainya demam game bergenre fighting di tahun 1990-an.

Street Fighter II memiliki basis penggemar yang masif dan masih dipertandingkan hingga sekarang. Salah satu turnamen besar untuk game ini adalah Tournament of Legends.

2. StarCraft

Sumber foto: TNW

Game populer lainnya, StarCraft, juga masih banyak dipertandingkan meskipun ada generasi yang lebih baru, StarCraft II.

Untuk yang belum tahu, StarCraft merupakan game bergenre real-time strategy yang diproduksi oleh Blizzard. Game ini mendapatkan pujian karena berbagai kelebihannya.

Meskipun telah dirilis sejak tahun 1998 untuk PC, StarCraft masih melekat di hati penonton. Beberapa bahkan menyukai resolusi rendahnya yang sudah seperti ciri khasnya.

Turnamen yang masih mempertandingkan game ini adalah Starleague.

Beberapa atilt eSports-nya yang terkenal adalah Kim 'Bisu' Taek Yong, Kim 'herO' Joon Ho, dan Han "Kwanro" Sang Bong.

3. Super Mario Kart

Sumber foto: Forbes

Super Mario Kart memang sudah memiliki beberapa seri, tapi versi aslinya yang dirilis pada tahun 1992 masih banyak dimainkan dan dipertandingkan hingga sekarang.

Bahkan, pihak Nintendo-nya sendiri masih mempertandingkan game balapan ini di kejuaraan dunia resmi, Super Mario Kart Championships, setiap tahunnya.

Para peserta lomba akan bersaing untuk mendapatkan posisi teratas dalam mode time trial ataupun multiplayer.

Setiap karakter memiliki kemampuan unik yang bisa digunakan untuk membantumu memenangkan pertandingan (dan tentu saja menghalau lawan).

Kalau kamu penasaran dengan game klasik ini, kamu bisa mengunduhnya menggunakan Wii U Virtual Console.

4. Super Smash Bros. Melee

Sumber foto: Retroplace

Popularitas Mario memang tidak perlu diragukan. Selain game Super Mario Kart, Super Smash Bros. Melee juga menjadi game jadul lainnya yang masih banyak dilombakan.

Dirilis pada tahun 2001 untuk konsol GameCube, game fighting ini memiliki banyak karakter, item gila, proyektil, dan beberapa aturan.

Jika dibandingkan dengan game fighting lain, tentu game ini memiliki keunikannya sendiri. Super Mario Bros. Melee tidak membutuhkan kombo yang rumit untuk mengalahkan lawan.

Meskipun sudah cukup lama, game ini masih dilombakan di beberapa ajang seperti EVO ataupun Classic Game Fest.

Fakta menarik, game ini merupakan game terlaris dari konsol GameCube dan sudah terjual lebih dari tujuh juta copy!

5. Counter-Strike 1.6

Sumber foto: GameBanana

Siapa, sih, yang enggak pernah main game Counter-Strike 1.6? Game FPS ini begitu populer hingga menjadi fenomena dunia.

Meskipun sudah banyak game CS yang lebih baru seperti Global Offensive, game ini masih banyak peminatnya karena sensasi yang didapatkan.

Sebagai game FPS yang dipertandingkan dalam ajang eSports, masih banyak turnamen besar yang melombakan game satu ini dengan hadiah yang besar.

Kita akan melihat dua tim akan bermain di berbagai mode yang berbeda. Tim akan dibagi menjadi dua, terrorist dan counter-terrorist.

Padahal, game ini sudah ada sejak tahun 1999 sebagai bentuk mod Half-Life dan dirilis resmi pada tahun 2000 oleh Valve.

Akhir kata

Game-game jadul yang masih dipertandingkan di kompetisi eSports tersebut menjadi bukti bahwa beberapa game mampu memikat pemainnya hingga menjadi fans setia.

Hal ini tentu berbanding terbalik dengan game-game gagal yang cepat dilupakan oleh orang. Karena itu, kita patut mengapresiasi game-game tersebut karena bisa dicintai sedemikian rupa.

Baca juga artikel seputar Game atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah.

ARTIKEL TERKAIT

Daftar Game eSport di SEA Games 2019, PUBG Gak Termasuk?

7 Tim eSports Dota 2 Terbaik di Indonesia, Juara Terus!

7 Game FPS Terpopuler yang Dilombakan di Turnamen eSports, Seru Abis!

5 Tim eSports Dota 2 Terbaik & Paling Bersinar di Dunia | Punya Hadiah Berlimpah!

Kamu Wajib Tahu! 6 Langkah & Syarat untuk Menjadi Atlet eSports Profesional

7 Alasan Kenapa eSports Layak Dijadikan Ekstrakurikuler | Lebih Produktif!

undefined
Kembali Keatas