8 Game Balapan yang Pernah Dilombakan Pada Ajang eSports, Memacu Adrenalin!

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 12 September 2019, 15:45
Suka main game balapan? Kali ini Jaka mau kasih kamu daftar game balapan yang dilombakan pada ajang eSports, menantang banget!

Game-game yang dilombakan di eSports tidak melulu hanya PUBG atau Mobile Legends. Masih banyak game dari berbagai genre yang juga dilombakan.

Ada game bergenre fighting, ada yang bergenre strategi, dan lain sebagainya. Tentu saja, game balapan pun cukup sering dilombakan.

Nah, kali ini Jaka mau kasih kamu daftar apa saja game balapan yang dilombakan di eSports, dijamin bakal memacu adrenalin!

Game Balapan eSports

Game bergenre balapan merupakan salah satu genre yang paling digemari. Untuk game-game yang dilombakan, biasanya yang bersifat simulasi.

Dilansir dari berbagai sumber, setidaknya ada lima judul game balapan terbaik yang dilombakan di eSports. Apa saja?

1. Gran Turismo Sport

Sumber foto: PlayStation Blog

Game balapan pertama yang pernah dilombakan di ajang eSports adalah Gran Turismo Sport. Buat kamu yang sering main game balapan, pasti tahu tentang game yang satu ini.

Grand Turismo Sport dikembangkan oleh Polyphony Digital dan dirilis pada tahun 2017 untuk konsol PlayStation 4. Game ini merupakan seri utama ketujuh dari game Gran Turismo.

ADVERTISEMENT

Sama seperti seri sebelumnya, game balapan ini menyediakan beberapa mode permainan, termasuk Sports Mode dan Arcade Mode. Kamu juga bisa main secara online melawan pemain lain.

Game ini memiliki 278 jenis mobil dan 18 lokasi balapan yang bisa dipilih. Uniknya, untuk pertama kali mobil Porsche hadir di seri ini setelah kontraknya dengan Electronic Arts berakhir.

Di ajang eSports, Federation Internationale de I'Automobile atau FIA secara resmi mendukung game ini untuk dikompetisikan dalam ajang FIA Gran Turismo Championship.

Kompetisi ini diadakan sejak tahun 2018 dan dapat disaksikan secara live di YouTube atau saluran TV resmi dari Gran Turismo.

Kejuaraan ini dibagi menjadi dua seri yang diadakan bersamaan, yakni Nation Cups (peserta mewakili negara) dan Manufactures Series (peserta mewakili pabrikan mobil).

Pemenang dari setiap seri tersebut akan mendapatkan arloji TAG Heuer, plakat kaca, dan mendapatkan penghormatan pada acara FIA Prize Giving Ceremony.

2. Formula 1

Sumber foto: The Week6

Sebagai ajang balapan paling populer di seluruh dunia, wajar jika Formula 1 membuat kompetisi eSports mereka sendiri melalui game resminya.

Kompetisi tersebut adalah Formula 1 Esports Series dan telah diselenggarakan sejak tahun 2017. Pada seri perdana ini, lebih dari 60.000 pemain game ikut berpartisipasi.

Tahun 2018, tim-tim yang berlaga di Formula 1 bergabung dengan membuat tim eSports-nya sendiri. Para pemain game ini memiliki kesempatan untuk membela tim-tim tersebut.

Dua kompetisi yang sudah diadakan ini dimenangkan oleh Brendon Leigh yang sekarang membela tim Mercedes AMG Petronas Motorsport.

Untuk tahun 2019 ini, hadiah untuk pemenang adalah $500.000, lebih banyak dari tahun kemarin yang hanya berjumlah $200.000.

3. Forza Motorsport

Sumber foto: Forza Motorsport

Game balapan populer lainnya, Forza Motorsport, juga memiliki ajang eSports-nya sendiri yang diberi nama Forza Racing Championship.

Forza memang memiliki tempat di hati para penggemar game balapan. Waralaba Forza memiliki lebih dari empat juta pengguna aktif tiap bulannya.

Forza baru saja menggandeng Porsche beberapa bulan lalu untuk menyelenggarakan Forza Racing Championship Season 3: The Porsche Cup.

Untuk pemain yang berhasil merebut tempat pertama, akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar $100.000.

Game Balapan Lainnya . . .

4. WRC

Sumber foto: WRC

Sama seperti Formula 1, World Rally Championship alias WRC pun memiliki ajang eSportsnya sendiri melalui game resminya.

Yang menarik dari ajang ini adalah bagaimana para pemainnya saling berkompetisi mengikuti ajang WRC yang asli yang terdiri dari 12 balapan.

Kamu bisa memainkan gamenya melalui konsol PS4, Xbox One, atau Steam. Yang harus kamu lakukan adalah mengumupulkan poin sebanyak mungkin di masing-masing ronde.

Untuk 8 orang dengan poin terbanyak akan bertarung lagi di babak Grand Final untuk menjadi juara.

5. MotoGP

Sumber foto: MotoGP Video Game

Game balapan terakhir yang memiliki ajang eSports-nya sendiri adlaah MotoGP eSport Championship. Game ini tersedia di PS4, Xbox One, dan PC.

Menariknya, semua pemain bisa bergabung ke dalam perlombaan ini dengan melakukan pendaftaran. Kamu harus mengetahui jadwal pertandingan yang bisa kamu cek di situs resminya.

Setelah itu, kamu harus mengikuti enam Online Challenges untuk bisa masuk ke babak selanjutnya yang disebut Pro Draft. Hanya ada 36 pemain dari Eropa dan 36 pemain dari bagian dunia lainnya.

Dari total 72 pemain tersebut, akan diambil 12 orang untuk mengikuti perlombaan yang sebenarnya. Masing-masing akan memilih satu tim peserta MotoGP dan merebutkan juara.

6. iRacing

Sumber foto: iRacing

Sebagai salah satu ajang balapan paling populer di Amerika Serikat, tentu NASCAR tidak ingin ketinggalan menyelenggarakan lomba eSports.

Sejak 2010, mereka mengadakan kompetisi video game tahunan yang dikenal sebagai NASCAR iRacing.com World Championship Series.

iRacing sendiri merupakan layanan simulasi balap mobil online berbasis langganan. Game ini telah dirilis sejak tahun 2008 untuk Windows.

7. Project CARS

Sumber foto: Steam

Electronic Sports League (ESL) merupakan salah satu penyelenggara kompetisi eSports terbesar di seluruh dunia. Salah satu game yang dikompetisikan adalah Project CARS.

Game ini sendiri merupakan sebuah simulator balapan yang dikembangkan oleh Slighty Mad Studios dan dipublikasikan oleh Bandai Namco Entertainment.

Game ini dirilis pada tahun 2015 untuk platform PC, PlayStation 4, dan Xbox One. Awalnya, konsol gagal milik Nintendo, Wii U, juga direncanakan untuk mendukung game ini sebelum dibatalkan.

Game ini memiliki 74 pilihan mobil dengan 30 lokasi yang berbeda. Memainkan game ini benar-benar membuat kita merasa sedang menyetir kendaraan sungguhan.

8. TrackMania

Sumber foto: Steam

Game balapan terakhir yang juga pernah dikompetisikan dalam ajang eSports adalah TrackMania yang dikembangkan oleh Nadeo.

Game ini sudah dilombakan sejak tahun 2006. Mayoritas kompetisi pada game ini dimainkan di TrackMania 2: Stadium.

Bahkan, sejak tahun 2015, seri TrackMania 2: Stadium memiliki kompetisi tahunan dengan jumlah hadiah yang cukup besar.

Seri game TrackMania sendiri pertama kali muncul pada tahun 2003. Yang menarik dari game ini adalah kamu bisa membuat sendiri jalur balapanmu.

Akhir Kata

Melihat para pemain eSports saja membuat adrenalin kita terpacu, bagaimana kalau kita sendiri yang ikut lombanya?

Kalau kamu tertarik untuk menjadi atlet eSports untuk kategori game balapan, coba deh dalami game-game eSports yang sudah Jaka sebutkan di atas!

Baca juga artikel seputar eSports atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah.

ARTIKEL TERKAIT

5 Alasan Kenapa eSports Termasuk Olahraga | Gak Kalah Capek dari Olahraga Biasa!

5 Tim eSports CS:GO Terbaik di Dunia, Bertabur Prestasi!

7 Tim eSports PUBG Terbaik di Dunia, Punya Piala Segunung!

7 Game MOBA yang Dilombakan di Turnamen eSports | Terbesar & Hadiah Fantastis!

5 Negara Terbaik untuk Jadi Atlet eSports | Auto Punya Penghasilan Miliaran!

Inilah 5 Aturan yang Harus Ditaati Pemain eSports, Bisa Kena Diskualifikasi!

](https://assets.jalantikus.com/assets/cache/0/0/userfiles/2019/09/12/game-balapan-esports-6-81890.jpg)

undefined
Kembali Keatas