Rekomendasi 10 Emulator GBA Terbaik di PC dan Android, Dijamin Bikin Nostalgia!

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 24 September 2019, 10:00
Kangen main game-game jadul di GBA tapi nggak punya konsolnya? Tenang saja, kamu bisa memainkan game tersebut di emulator GBA untuk Android dan PC, geng!

Apakah kamu adalah penggemar sejati produk-produk Nintendo? Perusahaan game asal Jepang ini sudah terjun ke industri game sejak 100 tahun yang lalu, lho.

Dari sekian banyak konsol yang telah dirilis Nintendo, ada satu konsol yang paling legendaris dan membekas di pikiran para gamer. Apa lagi kalau bukan Game Boy Advance (GBA), geng?

Kalau kamu kepengen nostalgia dengan memainkan game-game GBA jadul, nggak usah khawatir, geng. Kamu tinggal download emulator GBA untuk PC atau Android kamu saja.

Sejarah Singkat Game Boy Advance (GBA)

Game Boy Advance adalah konsol handheld 32 bit yang dikembangkan dan dirilis oleh Nintendo sebagai penerus konsol mereka sebelumnya, Game Boy Color.

GBA dirilis pertama kali di Jepang pada tahun 2001. Versi pertama konsol ini nggak dilengkapi dengan layar yang menyala.

Supaya gambar kelihatan dengan jelas, kamu harus memainkan GBA di bawah sumber cahaya seperti lampu, geng.

Versi ini kemudian direvisi Nintendo pada tahun 2003 dengan merilis Game Boy Advance SP yang menggunakan layar lipat dan sudah dilengkapi lampu di layarnya.

ADVERTISEMENT

Berdasarkan data bulan Juni tahun 2010, konsol Game Boy Advance telah terjual lebih dari 81,5 juta unit di seluruh dunia, menjadikannya salah satu konsol terlaris sepanjang masa.

Penjualan tinggi GBA disebabkan oleh banyaknya game legendaris yang dirilis di platform ini, sebut saja Pokemon Emerald, The Legend of Zelda: The Minish Cap, dan masih banyak lagi, geng.

Rekomendasi Emulator GBA Terbaik di PC dan Android

Setelah membaca sedikit sejarah mengenai konsol legendaris ini, sekarang Jaka mau kasih tahu kamu beberapa rekomendasi emulator GBA terbaik.

Selain dapat dimainkan di PC, kamu juga bisa memainkan game-game GBA di HP Android kamu dengan men-download emulator GBA online yang tepat, geng.

Tenang saja, aplikasi-aplikasi nggak membutuhkan spesifikasi PC atau HP Android yang tinggi, geng. Pokoknya enteng banget, deh.

Emulator GBA Terbaik untuk PC

Nah, pertama-tama, Jaka bakal kasih tahu kamu emulator yang bisa kamu gunakan untuk memainkan game-game GBA di PC. Berikut adalah rekomendasi Jaka.

1. Visual Boy Advance

VisualBoy Advance 6.1.2
Apps
DOWNLOAD

Visual Boy Advance adalah emulator GBA PC yang paling stabil. Karena hal tersebut, banyak banget orang yang menggunakan emulator satu ini.

Emulator ini bisa kamu gunakan sekalipun kamu memakai sistem operasi PC lama atau baru. Selain itu, emulator ini juga enteng banget dan nggak mengambil banyak space.

Nggak cuma bisa di-download secara gratis, segala fiturnya pun bisa kamu nikmati tanpa membayar. Nggak heran kalau emulator satu ini dianggap yang terbaik.

2. No$GBA Emulator

No$GBA Emulator 3.6.0
Apps
DOWNLOAD

Selanjutnya, ada No$GBA Emulator nih, geng. Emulator satu ini nggak cuma bisa memainkan game GBA saja, namun bisa untuk memainkan game Nintendo DS.

Emulator ini juga sudah mendukung kontroler sehingga kamu bisa menggunakan stik / kontroler untuk memainkan game-game balapan di GBA.

No$GBA Emulator dapat menjalankan semua game-game GBA dengan mulus. Namun, nggak semua game NDS dapat dimainkan dengan lancar di konsol ini.

3. mGBA

mGBA 1.0
Apps
DOWNLOAD

Kalau kamu mau cari emulator yang bagus dan nggak ribet, coba deh pakai mGBA. Selain nggak ribet, emulator ini mendukung banyak banget game-game GBA.

mGBA memungkinkanmu untuk menyimpan progress game kapan saja kamu mau. Bahkan, emulator ini bisa memperbaiki beberapa game yang tidak berjalan dengan baik di emulator lain.

Karena mGBA diperuntukkan untuk orang yang nggak mau ribet, jangan heran kalau emulator ini nggak memiliki fitur selengkap emulator lainnya.

4. Higan GBA Emulator

Higan GBA Emulator 1.0
Apps
DOWNLOAD

Selanjutnya, ada Higan GBA Emulator, geng. Emulator satu ini bisa menjalankan beragam game dari konsol GBA, NES, SNES, Game Boy Color, dan Sega Master System.

Higan GBA Emulator bisa kamu gunakan di PC jadul sekalipun. Menyetel emulator ini juga sangat mudah dan hanya membutuhkan beberapa detik saja.

Meskipun demikian, terdapat satu kekurangan pada emulator GBA ini di mana terkadang suara game yang keluar agak nge-lag.

5. BatGBA

BatGBA 1.5.2
Apps
DOWNLOAD

BatGBA adalah emulator paling simpel yang Jaka rekomendasikan. Kalau kamu nggak mau repot memainkan game GBA di emulator, kamu tinggal pakai program ini saja.

Emulator ini membutuhkan space yang sangat kecil dan bisa dijalankan secara mulus di semua hardware. Emulator yang dirilis lebih dari 10 tahun lalu ini bisa menjalankan banyak game-game GBA.

Sama seperti mGBA, BatGBA nggak dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kualitas game.

Emulator GBA Terbaik untuk Android

Kalau kamu juga ingin memainkan game-game GBA di HP Android, kamu bisa download salah satu dari rekomendasi emulator GBA Android di bawah ini.

1. My Boy!

My Boy! 1.5.34
Apps Utilities
DOWNLOAD

Download My Boy! melalui link berikut

My Boy! adalah emulator GBA Android terbaik. Namun, untuk menggunakannya, kamu perlu membayar Rp68.000. Ada harga ada kualitas, geng!

Emulator ini mirip banget dengan Visual Boy Advance yang ada di PC. Mulai dari tampilan hingga fiturnya sama persis, deh.

Emulator ini memiliki kecepatan emulasi tertinggi sehingga dijamin bakal bikin baterai HP kamu tetap awet ketika bermain game di emulator.

Keterangan My Boy!
Developer Fast Emulator
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.6 (41.902)
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Install 1M+
Android Minimum Bervariasi berdasarkan perangkat

2. GBA Emulator

GBA Emulator 11
Apps
DOWNLOAD

Sesuai namanya, GBA Emulator adalah emulator yang memungkinkanmu untuk bermain game GBA di HP Android-mu. Aplikasi ini dapat kamu unduh secara gratis di Play Store.

Namanya juga gratis, pasti aplikasi ini bakal berisi banyak banget iklan yang bakal muncul dan menggangu permainanmu.

Fitur yang dimiliki oleh emulator ini juga standar-standar saja. Tapi, kalau kamu mencari emulator gratis, mungkin kamu bisa coba, geng.

Keterangan GBA Emulator
Developer ITakeApps
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.6 (27.394)
Ukuran 6.4 MB
Install 500K+
Android Minimum 4.0

3. John GBA Lite

John GBA Lite 3.82
Apps
DOWNLOAD

John GBA Lite merupakan aplikasi emulator yang menggunakan engine orisinal dari GBA. Hal ini membuat John GBA Lite mampu me-render game GBA dengan lebih baik.

Fiturnya kurang lebih sama dengan emulator lain. Kamu bisa memasukkan cheat ke dalam game, screenshot, men-save game kapan saja, dan lain-lain.

Selain itu, John GBA Lite juga sudah men-support kontroler bluetooth. Karena gratis, kamu bakal sedikit terganggu dengan iklan yang muncul.

Keterangan John GBA Lite
Developer John Emulators
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.3 (204,135)
Ukuran 3.4 MB
Install 10M+
Android Minimum 4.0

4. RetroArch

RetroArch Android 1.8.4
Apps Productivity Libretro
DOWNLOAD

Nggak seperti emulator biasa, RetroArch merupakan aplikasi open-source yang memungkinkan kamu untuk mengakses emulator-emulator game lainnya.

Kamu harus menginstall core dari emulator yang ingin kamu mainkan. Kalau kamu ingin memainkan game GBA, maka kamu perlu meng-install core VBA-m atau mGBA.

Ada sekitar 80 program emulator yang bisa kamu jalankan dengan RetroArch. Aplikasi ini menjadi pilihan banyak orang karena gratis dan tanpa iklan.

Keterangan RetroArch
Developer Libretro
Ulasan (Jumlah Pengulas) 3.9 (25,742)
Ukuran 96 MB
Install 1M+
Android Minimum 4.1

5. GBA.emu

GBA.emu 1.6
Apps
DOWNLOAD

Kalau kamu punya uang lebih, kamu bisa mencoba untuk membeli emulator GBA yang satu ini. GBA.emu dijamin bakal menjalankan game dengan smooth.

Dengan merogoh kocek sebesar Rp58 ribu, kamu bisa menikmati beragam fitur premium yang ditawarkan oleh emulator berbayar ini.

Aplikasi ini mendukung game / ROM GBA dengan beragam extension. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cheat supaya main game makin mudah.

Keterangan GBA.emu
Developer Robert Broglia
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.4 (1,362)
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Install 10k+
Android Minimum Bervariasi berdasarkan perangkat

Bonus: Game GBA Terbaik Sepanjang Masa

Walau berhasil men-download emulator GBA di atas, mungkin beberapa di antara kamu masih bingung game apa yang terbaik untuk dimainkan.

Jangan khawatir, Jaka punya daftar game GBA terbaik yang wajib kamu mainkan, geng. Langsung aja yuk, cek artikel di bawah ini!

10 Game GBA Terbaik Sepanjang Masa| Bikin Nostalgia!
Siapa yang pernah main Game Boy Advance alias GBA? Berikut adalah 10 game GBA terbaik sepanjang masa versi Jaka yang bakal bikin kamu nostalgia!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai rekomendasi emulator GBA terbaik di PC dan Android. Semoga artikel Jaka satu ini bermanfaat buat kamu ya, geng.

Sampai jumpa di artikel Jaka lainnya!

Baca juga artikel seputar Emulator atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT

13 Emulator Android Terbaik Paling Ringan untuk PC, RAM 1 GB & Bisa Akses Apa Saja!

Rekomendasi Emulator PS2 untuk Android & PC, Paling Ringan & Terbaik di Kelasnya

Kumpulan Situs Download Game PS2 ISO Gratis & Emulator-nya, Lengkap!

20 Emulator Android Terbaik 2021 untuk PC & Laptop, Paling Ringan!

5 Game Game Boy Advance (GBA) Terbaik Dan Paling Seru

7 Game GBA (Game Boy Advance) Jepang Bertema RPG Terbaik Pada Masanya

undefined
Kembali Keatas