7 Channel YouTube Terbaik untuk Belajar Robotika

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 14 Desember 2016, 11:00
Buat kamu yang keranjingan dengan dunia robotika, berikut ini Jaka sajikan beberapa channel YouTube yang paling efektif untuk membantu kamu belajar membuat robot.

Selama ini mungkin kamu mengenal YouTube hanya sebagai media online untuk hiburan saja. Namun, perlahan paradigma tersebut telah bergeser dan menjadikan YouTube sebagai platform pembelajaran online.

Contoh nyata bisa kita lihat dari kesuksesan Ellis Ware, remaja 19 tahun ini berhasil membuat sebuah "Robot Wars". Alih-alih belajar di perguruan tinggi, ia belajar semua keterampilan pemrograman robot dan teknik di YouTube.

BACA JUGA
  • 7 Channel YouTube Terbaik untuk Belajar Coding
  • 5 Channel YouTube Ini akan Buat Kamu Lebih Pintar
  • 10 Channel YouTube Terbaik untuk Belajar Hacking Secara Gratis

Channel YouTube untuk Belajar Robotika

Sumber foto: Foto: Businessinsider, Banner: Stanford

Dikutip dari Hongkiat, buat kamu yang keranjingan dengan dunia robotika, berikut ini Jaka sajikan beberapa channel YouTube yang paling efektif untuk membantu kamu belajar membuat robot.

Jika belum bisa bahasa pemrograman, kamu bisa belajar di 7 Channel YouTube Terbaik untuk Belajar Coding Ini. Baiklah, berikut adalah 7 channel YouTube terbaik untuk belajar ilmu tentang mesin robot.

Menggunakan Raspberry Pi

1. Sentdex

Raspberry Pi pada dasarnya adalah sebuah komputer mini yang dapat terhubung ke komponen yang berbeda dan dapat diprogram untuk banyak hal.

Salah satunya untuk membuat robot, melalui channel YouTube Sentdex ini kamu dapat belajar untuk membangun dan memprogram robot kamu sendiri menggunakan Raspberry Pi dengan bantuan petunjuk yang komprehensif.

2. ExplainingComputers

Channel YouTube ExplainingComputers ini menggali lebih dalam pemrograman menggunakan Python khusus untuk robotika. Tenang saja, pembahasannya sangat ramah dan tidak masalah jika kamu belum bisa bahasa pemrograman apapun.

ADVERTISEMENT

Karena kamu bisa belajar pelan-pelan, yang menjelaskan teori dasar dan logika di balik pemrograman dan bagaimana kamu dapat menggunakannya untuk membuat sebuah robot.

Di sini juga membahas bagaimana pemrograman dapat dihubungkan ke komponen elektronik yang sebenarnya. Pada akhirnya, kamu mungkin dapat membuat sistem sendiri atau robot sederhana.

Menggunakan Robotic Engineering

3. EEVblog

Kalau kamu sudah punya cukup pemahaman dalam pemrograman robot dan ingin belajar sisi fisik robotika, ada channel YouTube EEVblog, yang dibuat untuk pemula, hingga profesional.

Kamu bisa bersantai sambil belajar tentang teknik elektronika. Channel ini memperkenalkan berbagai jenis elektronik dan apa saja yang digunakan untuk pengujian, membongkar, dan meretas produk elektronik.

4. Ithnkurcute

Berikutnya kamu dapat mengenal robotika dan elektronik menggunakan Python di saluran ini. Kamu akan melihat pengantar tentang bagaimana robotika dan elektronik bekerja bergandengan tangan. Serta, bagaimana kamu melakukannya.

Topik inti dari pembelajaran ini adalah tentang pengujian tegangan, membangun sirkuit, resistor, baterai, dan memahami istilah teknis lainnya yang akan kamu butuhkan dalam membuat sebuah robot.

5. Botyard

Kamu sudah mengetaui dasar-dasar elektronik dan ingin langsung membuat robot sungguhan? Channel YouTube Botyard sangat cocok buat kamu. Berbeda dengan saluran YouTube sebelumnya, Botyard menjelaskan serangkaian demonstrasi lanjutan.

Hal yang menarik dari seri video ini adalah menunjukkan kamu dapat membuat robot dari senter daur ulang, beberapa LED, Arduino Nano, Arduino Uno, servos, dan lainnya. Sangat mudah mencari item yang dibutuhkan.

6. SparkFun Electronics

Channel YouTube SparkFun Electronics ini untuk belajar bagaimana insinyur robot dan program mereka pada pekerjaan yang sebenarnya. Kamu akan belajar bagaimana bekerja dengan elektronik, seperti menyolder transistor dan merakit komponen lainnya.

7. Stanford

Terakhir, kamu dapat belajar mengenai teori robotika langsung dari Stanford. Pada dasarnya, ini adalah serangkaian kuliah tentang robotika oleh profesor universitas Stanford dan sangat berguna kalau kamu ingin membangun robot yang lebih canggih.

Banyak hal yang dibahas, seperti trajectory generation, motion planning, dynamics, inverse and forward kinematics, spatial descriptions, force and position control, dan lainnya. Tidak seperti saluran YouTube lain, teori ini jelas sangat penting dalam membuat robot canggih.

Itu dia 7 channel YouTube terbaik untuk belajar robotika. Tentu saja, artikel ini sangat cocok buat kamu yang ingin membuat robot sendiri tapi tidak tahu harus mulai dari mana. Sekarang, setidaknya kamu bisa mengumpulkan semua informasi yang berguna tentang pemrograman, teknik, dan elektronik terkait dalam robotika. Selamat berkarya!

ARTIKEL TERKAIT

15 Aplikasi Download Video YouTube Gratis & Terbaik 2022, Bebas Nonton Tanpa Kuota!

Cara Download Video YouTube Secara Instan Tanpa Aplikasi

7 Cara Cepat Dapat Ratusan Subscriber YouTube dalam Sehari

7 YouTuber Terkaya di Indonesia 2020, Posisi Atta Tergeser?

Cara Streaming YouTube Tanpa Buffering di Komputer

APPS TERKAIT
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
TubeMate YouTube Downloader 3.2.14
Apps Tubemate
YouTube to MP3 Downloader 2019
Apps AVRTeam
TubeMILD 1.0
Apps Tickmumu Studio
undefined
Kembali Keatas