4 Cara Mudah Cek Tagihan BPJS Kesehatan 2021, Cukup Sekali Klik!

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 13 Januari 2021, 12:30
Ada beberapa cara cek tagihan BPJS kesehatan yang bisa dilakukan. Melalu web, aplikasi resmi BPJS, aplikasi pihak ketiga, hingga SMS!

Kamu pengguna asuransi BPJS? Atau keluarga kamu sedang menugaskan kamu untuk membayar tagihan BPJS mereka tetapi kamu tidak tahu caranya? Tenang saja!

Pada artikel ini Jaka akan memberi tahu kamu bagaimana cara mengecek tagihan BPJS online! Kamu bisa cek tagihan BPJS online dengan tiga cara, loh!

Kamu juga bisa melakukannya di PC maupun smartphone. Baik smartphone Android maupun iOS sama-sama bisa mengecek tagihan BPJS secara online.

Biar nggak semakin penasaran, langsung saja simak ulasan cara cek tagihan BPJS Kesehatan di bawah ini. Lengkap dengan tutorial dan gambar!

Cara Cek Tagihan BPJS Online & Offline

BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) adalah lembaga hukum milik negara yang merupakan bagian dari proyek jangka panjang Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Pemerintah sepertinya sangat menganjurkan agar setiap warga negaranya yang merasa kemampuan ekonominya tidak memadai untuk memiliki BPJS Kesehatan.

Setiap bulan kamu akan dibebankan tagihan sesuai dengan kelas BPJS yang kamu pilih. Kalau kamu bingung berapa tagihan BPJS setiap bulannya, kamu bisa mengetahui cara mengecek tagihan BPJS online di artikel ini.

ADVERTISEMENT

Cek Tagihan BPJS Kesehatan Melalui Situs Resmi

Kamu para pengguna BPJS tidak perlu bingung ataupun repot untuk bisa mengecek tagihan BPJS melalui PC! Situs resmi BPJS sudah menyediakan fitur khusus agar kamu bisa mengecek tagihan BPJS kamu. Berikut langkah-langkahnya:

Cek Tagihan BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Mobile JKN

Kalau kamu merasa repot harus bolak-balik membuka situs BPJS kesehatan secara online untuk cek tagihan BPJS Kesehatan, kamu bisa langsung menginstal aplikasi resmi BPJS.

Mobile JKN 1.17
Apps
DOWNLOAD

Cek Tagihan BPJS Kesehatan Melalui Tokpedia

Kalau kamu merasa masih ribet dengan menginstal aplikasi baru, kamu bisa menggunakan aplikasi e-commerce seperti Tokopedia untuk mengecek tagihan BPJS kamu.

Untuk tahu cara mengecek tagihan BPJS di HP melalui Tokopedia, kamu bisa simak tutorial selengkapnya di bawah ini!

Cara Cek Tagihan BPJS Melalui SMS

Kalau yang Jaka jelaskan di atas dilakukan secara online dengan menyedot paket kuota internet, kali ini Jaka mau menjelaskan cara cek iuran BPJS lewat SMS.

Layanan ini bisa diakses dengan jaringan seluler di nomor 08777 5500 400. Berbagai informasi mengenai layanan BPJS kesehatan dapat diakses melalui nomor tersebut.

Kalau kamu mau melihat tagihan BPJS kesehatan yang harus kamu bayar, kamu tinggal mengirim SMS dengan format seperti di bawah ini:

Tagihan <spasi> Nomor Kartu BPJS Kesehatan

Contoh: Tagihan 0000123123123

Kirim ke 087775500400 dan tunggu SMS balasan yang berisi jumlah iuran BPSJS milkmu. Mudah dan praktis, kan?

Harga Iuran BPJS

Setelah kamu tahu cara cek tagihan BPJS Kesehatan, pasti kamu bertanya-tanya berapa sih iuran atau premi yang harus dibayarkan oleh pengguna BPJS?

Beberapa waktu lalu, iuran BPJS Kesehatan mengalami kenaikan. Biar lebih jelas, kamu bisa simak iuran BPJS Kesehatan berdasarkan Perpres 64/2020 di bawah ini!

Akhir Kata

Demikian pembahasan Jaka mengenai cara cek tagihan BPJS online yang bisa kamu lakukan baik di PC maupun smartphone. Semoga artikel ini membantu kamu yang ingin membayar tagihan BPJS kamu! Silakan share dan komen artikel ini untuk terus mendapatkan informasi, tips & trik dan berita seputar teknologi dari Jalantikus.com

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Naufal.

ARTIKEL TERKAIT

3 Cara Cek Saldo BPJS JHT Ketenagakerjaan Terbaru 2020

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online 2022 | Lengkap dan Mudah!

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis PLN dari Pemerintah, Sampai Maret 2021!

8 Cara Mengecek ID Pelanggan PLN | Paling Mudah & Terlengkap

Cara Membuat NPWP Pribadi + Syaratnya, Bisa Online Ataupun Offline!

Cara Cek Nomor NPWP Online Paling Cepat dan Mudah, Dijamin Aman!

undefined
Kembali Keatas