Cara Cek Nomor NPWP Online Paling Cepat dan Mudah, Dijamin Aman!

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 13 Januari 2021, 14:30
Bingung dengan status NPWP kamu apakah masih aktif atau tidak? Berikut cara mudah cek nomor NPWP online paling cepat dan pastinya AMAN!

Cara cek nomor NPWP online menjadi rangkaian langkah yang banyak orang belum terlalu familiar dengannya. Padahal status aktif dan tidaknya NPWP terbilang sangat penting, lho.

Terlebih NPWP juga sering kali dijadikan sebagai salah satu dokumen persyaratan administrasi yang banyak ditanyakan. Makanya, buat kamu yang sudah memiliki penghasilan, memiliki NPWP Pribadi ataupun Badan Usaha sudah menjadi suatu kewajiban.

Namun sayangnya, sering kali kamu lupa nomor NPWP yang berisi data penting dan rahasia tersebut. Nah, untuk mengetahuinya, berikut Jaka kasih tahu cara cek NPWP online dengan mudah dan cepat.

Apa Itu NPWP?

Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP adalah nomor yang diberikan pada setiap individu wajib pajak (WP), yang digunakan sebagai identitas dalam melaksanakan hak dan kewajibannya.

Semua orang yang memiliki pekerjaan wajib memiliki NPWP, seperti karyawan, wirausahawan (entrepreneur), dan lainnya selama mendapatkan penghasilan di Indonesia.

NPWP sendiri dibagi ke dalam dua jenis, yakni NPWP Pribadi dan NPWP Badan yang dibedakan sebagai berikut:

Nah, yang bakal Jaka bahas kali ini adalah NPWP Pribadi yang dimiliki oleh setiap orang yang berpenghasilan, baik untuk keperluan membayar pajak atau administrasi.

Untuk melakukan cek nomor NPWP online, ulasan selengkapnya sudah Jaka berikan di bawah ini.

Cara Cek Nomor NPWP Online dan Mengetahui Status Aktif atau Tidak?

Mungkin ada di antara kamu yang bertanya-tanya, "Bagaimana cara cek nomor NPWP yang lupa secara online?"

Pertanyaan seperti ini umumnya bakal ditanyakan orang yang kartu NPWP yang dimilikinya hilang, geng. Namun sayangnya, kamu TIDAK BISA melakukan cek NPWP yang lupa atau hilang secara online.

Hal ini dikarenakan nomor NPWP yang sejatinya bersifat rahasia lantaran berisi data atau informasi pribadi dari pemiliknya.

Maka dari itu, nomor NPWP hanya boleh diketahui oleh orang-orang yang memiliki kepentingan dan terkait, seperti pihak keluarga, rekan pribadi, maupun rekan bisnis.

Untuk melakukan cek NPWP yang lupa kamu harus langsung menghubungi Dirjen Pajak atau datang ke kantor pajak yang bakal Jaka ulas pada poin berikutnya.

Tapi, di sini kamu masih bisa melakukan cek NPWP masih aktif atau tidak dengan mengikuti dua metode yang bakal Jaka jelaskan sebagai berikut.

1. Cek NPWP Online Via Situs DJP Online

Pertama, kamu bisa menggunakan situs Direktorat Jenderal Pajak Online (DJP Online) untuk mengetahui apakah NPWP masih aktif atau tidak, geng.

Situs DJP Online adalah situs resmi milik Direktorat Jendral Pajak di mana kabu bisa cek NPWP aktif atau tidak secara mandiri, dan tentunya kerahasiaan data kamu terjamin di sini.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk cek NPWP pribadi melalui situs resmi miliki pemerintah ini.

  1. Kunjungi situs DJP Online (https://djponline.pajak.go.id/account/login).
  1. Login akun DJP Online. Klik tautan pada bagian Anda belum terdaftar? Daftar di sini jika belum mempunyai akun.
  1. Lihat informasi status aktif nomor NPWP pada halaman yang ditampilkan.

2. Cek Via Situs SSE3 Pajak

Selain melalui situs DJP Online, ada cara lain yang lebih mudah dan tanpa perlu login. Di sini kamu bisa menggunakan situs Surat Setoran Elektronik atau SSE3 Pajak, geng.

Situs ini juga dikelola oleh Direktorat jendral Pajak, jadi kamu nggak perlu khawatir ketika mengakses situs yang satu ini.

  1. Buka situs SSE3 Pajak (https://sse3.pajak.go.id/registrasi).
  1. Masukkan 15 digit nomor NPWP pada kolom yang tersedia.

Kalau status NPWP kamu masih aktif, umumnya kolom Nama akan terisi secara otomatis sesuai dengan identitas yang terdaftar. Namun jika dalam status Non Efektif (NE) atau Dihapuskan (DE), maka kolom nama akan kosong.

Note:

Sebenarnya NPWP Pribadi memiliki masa berlaku seumur hidup alias tidak memiliki masa kadaluarsa. Namun status Non Efektif (NE) atau Dihapuskan (DE) dapat terjadi dikarenakan beberapa hal.

Kumpulan Alternatif Cara Cek No NPWP (Online & Offline)

Seperti pada ulasan pada poin sebelumnya, kamu hanya bisa cek nomor NPWP yang lupa dengan menunjungi kantor pajak terdekat atau dengan metode lainnya.

Saat melakukan pengaduan ini, jangan lupa membawa dokumen seperi e-KTP asli dan juga salinan dalam bentuk fotokopi.

Nah, untuk kumpulan alternatif cara cek NPWP online dan offline, selengkapnya ada di bawah ini, ya!

1. Datang Langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Terdekat

Pertama, jika kalian memiliki cukup waktu luang, sangat disarankan untuk menuju dan datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat.

Di sana, kamu pun bisa bertanya berbagai hal mengenai perpajakan, misal NPWP yang lupa nomor hingga status NPWP yang sudah aktif atau belum.

Cek NPWP di Kantor Pelayanan Pajak Terdekat ini terbilang lebih komprehensif, karena kamu bisa berkonsultasi mengenai dunia perpajakan di sini.

Metode ini membutuhkan sedikit usaha lebih, namun sangat efektif karena kamu bisa bertanya langsung pada ahlinya dengan berkomunikasi secara langsung, loh.

2. Tanya Lewat Email Pengaduan Kantor Pajak

Secara online, kamu pun bisa melakukan pengaduan melalui email resmi yang disediakan oleh Ditjen Pajak Republik Indonesia.

Kamu bisa mengirim email pengaduan ke alamat pengaduan@pajak.go.id yang merupakan email resmi yang disediakan oleh Ditjen Pajak RI.

Mungkin salah satu kekurangan dari metode ini adalah harus menunggu balasan email dari pihak yang berwenang. Cek nomor NPWP dengan cara ini merupakan alternatif jika dua cara cek NPWP online tidak berhasil.

Lama atau sebentarnya proses, biasanya juga tergantung banyaknya email yang masuk pada hari itu, geng.

3. Menelepon Kring Pajak

Buat kamu yang ingin bertanya via sambungan telepon, kamu juga bisa melakukan panggilan ke Kring Pajak dengan nomor 1500200.

Layanan Kring Pajak sendiri memiliki waktu pelayanan pada Senin sampai Jumat mulai pukul 08.00-16.00. Karena nomor ini merupakan nomor pelayanan, kamu harus menunggu beberapa saat jika layanannya penuh.

Sama seperti pada kantor pajak, di sini kamu akan secara langsung bisa berkonsultasi dengan pihak pajak untuk permasalahan NPWP yang kamu miliki.

4. Tanya Via Media Sosial Resmi

Terakhir, kamu juga bisa bertanya melalui media sosial resmi. Di sini Jaka lebih menyarankan menggunakan Twitter karena terbukti efektif dalam memberikan pelayanan terbaik.

Kamu bisa me-mention langsung akun Ditjen Pajak Ri (@DitjenPajakRI) atau Kring Pajak 1500200 (@kring_pajak) untuk bisa berkonsultasi.

Kamu bisa langsung bertanya melalui tweet, atau kalau memang bersifat pribadi bisa langsung dialihkan menuju Direct Message (DM).

Ini Alasan Kenapa Tidak Bisa Cek NPWP yang Berstatus Non Efektif atau Dihapuskan

Jika kamu mendapati NPWP berstatus Non Efektif (NE), bisa jadi kamu telah memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut:

Untuk para wajib pajak dengan NPWP Non Efektif (NE), kamu dapat melakukan pengajuan kembali aktivasi NPWP dengan mengisi formulir dan mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Namun, untuk kamu yang ternyata pernah melakukan pengajuan penghapusan dan kini memiliki NPWP Dihapuskan (DE), langkah satu-satunya adalah membuat NPWP baru.

Akhir Kata

Itulah dia penjelasan Jaka mengenai cara cek nomor NPWP online dengan mudah dan cepat.

Kini kamu nggak perlu pusing dan kesulitan lagi untuk mengetahui NPWP yang lupa nomor dan informasi aktif atau tidaknya NPWP yang kamu miliki.

Oh ya, Jaka imbau sekali lagi jangan pernah sebar NPWP kamu ke sembarang orang, ya. Gunakan dengan bijak. Selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar NPWP atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT

Cara Membuat NPWP Online Termudah, Lengkap dengan Gambar!

Cara & Syarat Membuat NPWP untuk Melamar Kerja | Mudah!

Cara Membuat NPWP Pribadi + Syaratnya, Bisa Online Ataupun Offline!

Cara Membuat NPWP Bagi yang Belum Bekerja, Mudah dan Praktis

Cara Menghitung Pajak Kendaraan Bermotor Lengkap dengan Info

Inilah 3 Cara Bayar Pajak Motor Online Terbaru 2021, Tak Perlu Keluar Rumah!

undefined
Kembali Keatas