5 Cara Root HP Android Paling Mudah & Cepat 2022, Bisa Tanpa PC/Laptop!

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 19 Agustus 2022, 15:30
Ingin membuka semua fitur terkunci dan berbagai kemampuan ekstra pada HP Android kamu? Simak cara root HP 2022 paling mudah dan cepat di sini!

Cara root HP ternyata dapat dilakukan dengan mudah sebagai proses untuk bisa memiliki akses penuh pada seluruh sistem ponsel Android. Bagi sebagian pengguna Android, root menjadi solusi untuk memaksimalkan fungsi perangkat mereka.

Faktanya, melakukan root pada HP memang memberikan banyak keuntungan seperti menghapus aplikasi bawaan yang tak berguna atau menginstal aplikasi secara bebas. Alhasil, penggunaan HP Android seolah tak memiliki batasan apapun.

Meski menawarkan kemampuan ekstra dan membuka fitur-fitur yang sebelumnya terkunci, rooting juga memiliki sejumlah bahaya atau kerugian. Jadi, sebaiknya kamu pertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan untuk melakukan rooting HP.

Sudah siap untuk melakukan root demi bisa mendapatkan berbagai keuntungan pada HP Android kamu? Simak kumpulan cara root HP 2022 berikut ini. Kamu bisa melakukan proses ini dengan menggunakan atau tanpa PC/laptop!

Disclaimer:

Jaka tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Proses root membawa sejumlah bahaya atau kerugian, terutama jika tidak dilakukan dengan benar.

1. Cara Root HP via PC

Sumber foto: IST - Cara Root HP

Melakukan root HP Android dengan PC jelas memiliki tingkat keberhasilan lebih tinggi dibanding jika hanya menggunakan aplikasi root HP yang terpasang di perangkatmu. Kamu harus mengaktifkan fitur USB Debugging pada HP terlebih dahulu unutk menggunakan cara ini.

Berikut langkah-langkah cara root HP dengan PC:

ADVERTISEMENT
  1. Koneksikan HP ke PC menggunakan kabel data.
  2. Buka aplikasi root di PC dan tunggu beberapa saat.
  3. Klik tombol hijau/OK yang ada di PC.
  4. Tunggu hingga muncul tanda centang hijau.
  5. HP Android akan restart secara otomatis.
  6. Proses root HP selesai.

Catatan: Saat melakukan root HP Android dengan PC, pastikan menggunakan kabel USB yang dalam kondisi baik dan baterai HP terisi penuh untuk meminimalisir kegagalan saat proses berjalan.

2. Cara Root HP via Aplikasi KingRoot

Sumber foto: KingRoot - Cara Root HP

Aplikasi ini tidak tersedia di Google Play, tetapi kamu bisa mengunduhnya melalui situs resminya. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis dengan ukuran file yang tidak sampai 20MB.

Berikut langkah-langkah root HP Android tanpa PC melalui KingRoot:

  1. Download dan install aplikasi KingRoot.
  2. Buka aplikasi dan klik Try Root untuk mulai rooting.
  3. Pastikan koneksi internet stabil.
  4. Muncul notifikasi HP Android berhasil di-root.
  5. Buka kembali aplikasi KingRoot pada HP.
  6. Klik Menu di samping kiri atas.
  7. Muncul Root successfully yang berarti proses selesai.

3. Cara Root HP via Aplikasi FramaRoot

Sumber foto: FramaRoot - Cara Root HP

FramaRoot adalah aplikasi root HP yang sudah sangat terkenal di kalangan pengguna Android, serta dirilis cukup lama. Aplikasi ini memiliki beragam keunggulan, di antaranya UI yang mudah dipakai.

Berikut langkah-langkah root HP Android tanpa PC melalui FramaRoot:

  1. Download dan install aplikasi FramaRoot.
  2. Buka aplikasinya dan pilih Install SuperSu.
  3. Pada bagian exploit, pilih Gandalf.
  4. Tunggu proses selesai dan muncul notifikasi sukses.
  5. Restart HP dan proses root selesai.

4. Cara Root HP via Aplikasi 360 ROOT

Sumber foto: 360 ROOT - Cara Root HP

360 ROOT adalah aplikasi yang berukuran kecil dan memungkinkan kamu untuk bisa melakukan root pada ponsel atau tablet Android secara mudah. Aplikasi ini diklaim mendukung lebih dari 9.000 perangkat.

Berikut langkah-langkah root HP Android tanpa PC melalui 360 ROOT:

  1. Download dan install aplikasi 360 ROOT.
  2. Buka aplikasinya dan tekan tombol pada halaman awal.
  3. Klik ROOT dan tunggu prosesnya beberapa menit.
  4. Muncul tampilan Trying to access location dan pilih Tolak.
  5. Restart HP dan proses root selesai.

5. Cara Root HP via Aplikasi iRoot

Sumber foto: Malavida - Cara Root HP

iRoot adalah aplikasi penyempurnaan dan pengembangan dari aplikasi sebelumnya yang bernama vRoot. Mendukung lebih banyak tipe HP Android, iRoot menjadi salah satu aplikasi paling andal untuk melakukan root dan unroot.

Berikut langkah-langkah root HP Android tanpa PC melalui iRoot:

  1. Download dan install aplikasi iRoot.
  2. Buka aplikasinya dan klik tombol Root Now.
  3. Muncul tulisan No Root Permission dan klik Get Root Accesiroot.
  4. Tunggu proses root selesai.
  5. Muncul notifikasi Root Successed! tanda proses berhasil.

Cara Cek Status Root HP Android

Sumber foto: Google Play - Root Checker

Perlu diketahui, cara-cara di atas bisa kamu lakukan untuk berbagai model smartphone Android. Jadi, sebenarnya kamu tidak perlu repot-repot mencari informasi seperti cara root HP Xiaomi, cara root HP OPPO, cara root HP Samsung, dan lain-lain.

Jika sudah melakukan cara di atas, kamu bisa memeriksa apakah proses rooting sudah berhasil atau belum dengan aplikasi Root Checker yang tersedia di Googole Play. Berikut cara cek status root HP Android.

  1. Download dan install aplikasi Root Checker.
  2. Buka aplikasinya dan klik Verifikasi Root.
  3. Tunggu prosesnya beberapa saat.
  4. Jika HP sudah di-root muncul pemberitahuan Congratulations.

Kelebihan & Kekurangan Root HP Android

Selain berbagai manfaat dan kelebihan yang bisa kamu dapatkan melalui root HP Android, ada pula beberapa kekurangan serta risiko yang harus kamu waspadai. Berikut beberapa di antaranya.

Kelebihan Root HP Android

Kekurangan Root HP Android

Apakah Root Itu Aman?

Seperti yang sudah sempat Jaka sebutkan di atas, meski menawarkan kemampuan ekstra, root HP juga memikiki sejumlah risiko bahaya. Umumnya, kerugian ini terjadi ketika terdapat kesalahan saat melakukan proses root.

Proses root membuat ponsel pengguna lebih rentan terserang virus atau software berbahaya (malware). Pasalnya, pengguna bisa dengan mudah mengunduh berbagai aplikasi dari berbagai sumber, yang mana aplikasi ini bisa saja berupa malware.

Pengguna juga akan kesulitan mendapatkan update firmware secara OTA dan harus melakukan update secara manual. Selain itu, proses root juga kemungkinan besar menghilangkan garansi perangkat yang diberikan oleh vendor kepada pengguna di awal pembelian.

Lebih parah lagi, rooting bisa membuat beberapa aplikasi dan fitur justru berhenti berfungsi. Misalnya, aplikasi perbankan akan sering berhenti bekerja karena aplikasi mendeteksi adanya risiko keamanan. Bahkan, ada kemungkinan perangkat kamu akan mengalami mati total.

Akhir Kata

Itulah kumpulan cara root HP yang bisa dilakukan dengan mudah melalui berbagai metode, baik dengan atau tanpa bantuan PC/laptop. Deretan cara di atas tentunya hanya bisa dipraktikkan untuk HP dengan sistem operasi Android, geng.

Meski banyak memberikan keuntungan yang bisa membuat para pengguna lebih leluasa dalam memaksimalkan perangkat, harus diingat bahwa root HP tidak disarankan. Jadi, pertimbangkan baik-baik saat kamu ingin memutuskan melakukan rooting.

Baca juga artikel Cara Daftar Paket Nelpon Telkomsel, Cara Mengaktifkan Akun Belajar.id, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT

3 Aplikasi Penghasil Saldo Google Play Tercepat dan Terbaik, No Hoax!

3 Cara Top Up Free Fire Murah & Cepat, Dapat Diamond Melimpah!

4 Cara Isi Saldo Steam Wallet Terbaru 2022, Gampang dan Praktis!

3 Cara Top Up Go-Pay Paling Mudah|BCA, Mandiri, Alfamart

15+ Cara Top Up Saldo OVO Terlengkap 2022, Praktis & Anti Ribet!

Top up Mobile Legend Ga Pake Ribet dengan Aplikasi GO-JEK

undefined
Kembali Keatas