Syarat & Cara Perpanjang SKCK Online 2020 | Lebih Mudah dan Singkat!

Ditulis oleh Jaka - Sabtu, 19 September 2020, 22:00
Ini syarat dan cara perpanjang SKCK online terbaru. Kamu bisa temukan langkah-langkah perpanjang SKCK dengan mudah di sini!

Cek di sini cara perpanjang SKCK online yang mungkin akan kamu butuhkan saat mencari pekerjaan atau melamar pekerjaan, geng.

Apalagi di masa pandemi ini banyak fasilitas dan layanan publik ditutup dan dibatasi waktu pelayanannya demi menghindari kerumunan orang dan mengurangi interaksi dengan orang lain.

Sehingga nggak heran cara perpanjangan SKCK online sekarang sudah tersedia untuk mempermudah kebutuhan masyarakat. Apalagi jika kamu membutuhkannya untuk lamaran kerja CPNS.

Nggak perlu menunggu lebih lama lagi, berikut ini sudah Jaka rangkum syarat dan cara perpanjang SKCK online. Simak hingga selesai, ya!

Syarat dan Cara Memperpanjang SKCK Online

SKCK merupakan singkatan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang merupakan surat keterangan resmi yang dikeluarkan atau diterbitkan oleh Polri melalui fungsi Intelkam (Intelijen & Keamanan).

Surat ini ditujukan kepada masyarakat berfungsi untuk menerangkan tentang ada atau nggaknya catatan kegiatan kriminalitas atau kejahatan pada warga bersangkutan tersebut.

Selain itu masa berlaku dari SKCK berlangsung selama enam bulan sejak tanggal diterbitkannya, geng. Kalau sudah melewati masa berlaku SKCK milikmu dapat diperpanjang. Apalagi kalau dibutuhkan untuk syarat dokumen CPNS.

ADVERTISEMENT

Berikut ini sudah Jaka rangkum syarat membuat SKCK 2020 dan cara perpanjangan SKCK online yang bisa kamu coba dan ikuti. Simak baik-baik hingga selesai, ya!

Syarat Perpanjang SKCK 2020

Sebelum menjelaskan cara perpanjangan SKCK online, kamu perlu untuk terlebih dahulu mengetahui mengenai syarat membuat SKCK 2020 yang terbaru agar kamu nggak salah.

Adapun sejumlah syarat perpanjangan SKCK ini terbagi menjadi dua tipe yang dibedakan berdasarkan status kewarganegaraan si pemohon, geng.

Yakni syarat membuat SKCK untuk Warga Negara Indonesia (WNI) dan syarat perpanjang SKCK untuk Warga Negara Asing (WNA). Berikut ini adalah detail dari syarat yang diperlukan kamu untuk perpanjang SKCK online untuk WNI:

Sebagai informasi tambahan, syarat dokumen yang Jaka sebutkan tadi haruslah dalam bentuk yang sudah dipindai atau scan, geng. Lantaran akan diunggah ketika kamu mendaftar SKCK online.

Selanjutnya kalau kamu atau kerabatmu Warga Negara Asing (WNA) maka syarat perpanjang SKCK yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut ini:

Cara Perpanjangan SKCK Online

Selanjutnya membahas soal tata cara permohonan untuk memperoleh SKCK, seperti yang kita ketahui bisa dilakukan dengan cara mendaftar secara langsung.

Pada loket pelayanan SKCK di setiap kantor polisi dengan membawa dokumen disyaratakan serta mengisi formulir yang telah disiapkan oleh petugas. Prosesnya seperti membuat lamaran kerja tulis tangan.

Bisa juga sekarang dengan mendaftar secara online dengan mengunggah dokumen yang disyaratkan serta mengisi form online yang tersedia sesuai urutan. Berikut ini penjelasan caranya.

Pertama pastikan dulu kondisi perangkat yang kamu gunakan untuk mendaftar SKCK online, pastikan juga kamu memiliki koneksi internet yang stabil. Pasalnya pengisian SKCK online dibatasi waktu.

Jangan lupa juga siapkan scan dokumen persyaratan yang dibutuhkan sebagai syarat membuat SKCK online, geng. Pastikan juga scan dokumen tersebut baik yang versi fotokopi ataupun yang asli.

Kemudian akses alamat website pembuatan SKCK online melalui alamat URL https://skck.polri.go.id/ selanjutnya kamu pilih menu "Form.Pendaftaran" untuk memulai.

Pada form ini harus kamu isi secara lengkap dan benar. Beberapa data yang perlu diisi dan diverifikasi. Mirip verifikasi data ketika mencairkan BPJS Ketenagakerjaan, geng.

Meliputi informasi Satuan Wilayah yang hendak kamu pilih, data pribadi kamu, hubungan anggota keluarga, riwayat pendidikan, perkara pidana (jika ada), ciri fisik, lampiran (unggah dokumen persyaratan), dan keterangan tambahan apabila ada.

Jika semua kolom sudah kamu isi dengan benar, lengkap, dan jujur. Maka kamu klik kirim data untuk diproses, setelah proses pengiriman selesai kamu akan mendapatkan kode registrasi.

Jangan lupa kode registrasi tersebut dicatat dan disimpan lantaran nantinya akan kamu bawa untuk mengambil SKCK yang telah jadi di satuan wilayah yang kamu pilih tadi.

Akhir Kata

Nah, itu tadi penjabaran syarat perpanjang SKCK dan cara memperpanjang SKCK online, geng. Lebih singkat daripada harus mengantre di kantor polisi bukan?

Kamu bisa juga coba cara daftar Kartu Pra Kerja online meski nggak memiliki syarat harus menggunakan SKCK di dalamnya.

Apakah menurutmu di masa pandemi ini cara perpanjang SKCK online membantu masyarakat? Bagikan pendapatmu di kolom komentar, ya.

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana

ARTIKEL TERKAIT

10 Pinjaman Online Terpercaya | Dijamin Aman & Langsung Cair!

GO-PAY vs OVO: Siapakah Raja FinTech Indonesia?

Ini Daftar 54 Fintech yang Sudah kantongi Izin dari Bank Indonesia | Maret 2019

Tidak Punya Izin dari OJK, Inilah Daftar 231 Fintech Ilegal di Indonesia!

Ciri Aplikasi Pinjaman Uang Online yang Aman dan Terpercaya

Cara Melihat BI Checking Agar Pengajuan Pinjaman Online Diloloskan

undefined
Kembali Keatas