Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector atau Rusak, Biar Data Tidak Hilang!

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 28 Oktober 2020, 09:00
Cara memperbaiki harddisk bad sector bisa dilakukan dengan langkah-langkah mudah. Simak penjelasan di sini agar kamu bisa melakukan bad sector repair!

Bagi kamu yang sehari-hari menggunakan PC atau laptop untuk menunjang tugas sekolah maupun kerja, pasti kamu sudah tidak asing dengan harddisk. Komponen ini sangat penting karena berfungsi sebagai tempat penyimpanan data.

Meskipun sudah tersedia dalam kapasitas penyimpanan yang sangat besar, namun kamu juga perlu melakukan format harddisk untuk menghapus sisa-sisa data dari software supaya nggak lemot.

Masalah lain yang mungkin kamu alami pada harddisk adalah bad sector yang dapat menyebabkan hilangnya data-data pada harddisk.

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara memperbaiki harddisk bad sector supaya nggak panik ketika hal ini terjadi pada perangkatmu.

Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector dengan Mudah

Bad sector adalah istilah ketika terdapat satu sektor dalam hard disk yang mengalami kerusakan berupa tidak adanya respons untuk perintah read (membaca) maupun write (menulis) dari komputer.

Bad sector dapat disebabkan oleh kerusakan fisik alias hard bad sector. Hal ini biasanya terjadi karena head dari hard disk menyentuh platter dan merusak beberapa sektor. Bisa juga diakibatkan oleh debu yang masuk atau hard disk pernah terjatuh. Sayangnya, hard bad sector nggak bisa diperbaiki.

Di sisi lain, bad sector juga bisa diakibatkan karena adanya software yang mengalami error dalam sistem operasi. Hal ini dinamakan sebagai soft bad sector dan bisa diperbaiki dengan melakukan low-level format atau menggunakan program Windows Disk Check.

ADVERTISEMENT

Agar bisa melakukan bad sector repair, kamu harus menentukan terlebih dahulu seberapa parah kerusakan pada harddisk di perangkatmu. Untuk mengetahuinya, simak cara memeriksa jumlah bad sector pada hard disk berikut ini.

Memeriksa Jumlah Bad Sector pada Harddisk

Jika kamu bisa melakukan pemeriksaan pada hard disk dan mendapatkan informasi tentang bad sector yang dialami, maka perangkatmu mengalami soft bad sector. Sebaliknya, jika kamu nggak bisa melakukan pemeriksaan, maka harddisk mengalami hard bad sector.

Sementara itu, untuk mengatahui secara pasti jumlah bad sector yang dialami, dibutuhkan sebuah aplikasi. Pada penjelasan kali ini, Jaka menggunakan EaseUS Partition Master Free Edition yang bisa digunakan untuk berbagai versi sistem operasi Windows, seperti Windows 7, 8, dan 10.

Berikut cara memperbaiki harddisk bad sector dengan EaseUS, khususnya bagi kamu yang belum familiar dengan aplikasi ini.

1. Download EaseUS Partition Master Free Edition

2. Melakukan Bad Sector Repair

Sumber foto: EaseUS

Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector

Jika sistem operasi mendeteksi adanya bad sector, baik hard maupun soft, maka hard disk pada PC atau laptopmu dianggap nggak bisa digunakan lagi. Akibatnya, kamu berisiko kehilangan data dan kapasitas hard disk jadi berkurang.

Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu selalu melakukan back up data. Kamu bisa menyimpannya di situs back up data supaya datamu selalu aman dan bisa diakses selama ada koneksi internet.

Tapi, masih ada beberapa cara memperbaiki harddisk bad sector yang bisa kamu coba untuk menyelamatkan hard disk-mu dari kerusakan.

Memperbaiki Soft Bad Sector pada Windows

Seperti yang Jaka sebutkan di atas, kamu masih mungkin melakukan bad sector repair pada harddisk yang mengalami soft bad sector, khususnya jika perangkat tersebut masih bisa diakses.

Berikut cara memperbaiki harddisk bad sector pada Windows yang mengalami soft bad sector.

1. Back Up Data
2. Menjalankan Perintah CHKDSK
Sumber foto: EaseUS
3. Format Harddisk

Setelah kamu mengikuti cara memperbaiki harddisk bad sector yang mengalami soft bad sector di atas, kamu bisa menggunakan kembali harddisk tersebut dan menyimpan data-datamu di sana.

Memperbaiki Hard Bad Sector pada Windows

Jika harddisk mengalami hard bad sector, maka kamu nggak bisa mengikuti cara memperbaiki harddisk bad sector seperti pada hard disk yang mengalami soft bad sector.

Cara bad sector repair yang paling mungkin adalah dengan melakukan low-level format alias format fisik, yaitu me-reset block, cluster, dan sector pada hard drive.

Sayangnya, PC atau laptop biasa nggak bisa melakukan low-level format pada hard disk. Kalau kamu tetap melakukannya, risikonya juga fatal, yaitu hard disk bisa rusak permanen.

Oleh karena itu, ada dua hal yang bisa kamu lakukan sebagai cara memperbaiki harddisk bad sector yang mengalami hard bad sector, yaitu menyerahkan hard disk kepada petugas profesional untuk dilakukan perbaikan, atau mengkloning harddisk yang rusak ke hard disk yang baru untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Akhir Kata

Itu dia cara memperbaiki harddisk bad sector, baik pada soft bad sector maupun hard bad sector. Kamu perlu hati-hati dan teliti ketika melakukan bad sector repair supaya nggak terjadi kerusakan lebih lanjut pada hard disk.

Jika kamu nggak yakin, kamu bisa membawa perangkatmu kepada yang ahli untuk dilakukan perbaikan. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan performa PC atau laptop yang kembali meningkat setelah hard disk-mu diperbaiki.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT

8 Cara Memperbaiki Harddisk Eksternal Tidak Terbaca, 100% Works!

Cara Format Harddisk di PC / Laptop dengan Mudah, Gak Lemot Lagi!

Cara Memasang Password pada Partisi HardDisk di Windows

10 Tips Memilih Hard Disk Eksternal yang Tidak Gampang Rusak

10 Antivirus Ringan Terbaik 2020 Untuk PC | Bisa Untuk Windows dan macOS!

12 Cara Mengatasi Laptop Lemot, Dijamin Langsung Ngebut!

undefined
Kembali Keatas