Cara Pasang eGPU Rp 500 Ribuan untuk Ubah Laptop Biasa Jadi Laptop Gaming!

Ditulis oleh Jaka - Sabtu, 17 Desember 2016, 11:30
Ini dia cara pasang DIY eGPU laptop seharga Rp 500 ribuan. Dengan mengikuti cara ini, kamu akan terbebas dari error dalam pemasangan DIY eGPU. Simak di artikel JalanTIkus berikut ya, Brader!

Nah, bagi kamu yang sebelumnya sudah membaca artikel Jaka mengenai board untuk DIY eGPU, memang mencoba board DIY eGPU tersebut merupakan sebuah solusi alternatif, ketimbang kita harus membeli sebuah laptop yang didesain khusus untuk gaming. Cuma dengan tambah Rp 500 ribuan, kamu udah bisa memasang GPU desktop pada laptop loh.

Memasang DIY eGPU pada laptop memang bisa jadi solusi terjangkau untuk bermain games high end di laptop. Tapi, kamu tahu nggak kalau memasang DIY eGPU nggak bisa langsung terpasang? Memang sih ada beberapa laptop yang bisa langsung dipasangi DIY eGPU dan berfungsi, biasanya laptop merek Dell. Tapi, rupanya mayoritas laptop tidak bisa langsung asal terpasang DIY eGPU, masih banyak konfigurasi yang cukup rumit untuk dilakukan. Nah, melalui artikel ini, semua akan Jaka ulas.

BACA JUGA
  • Review YOGA BOOK: Laptop Android Murah yang Bisa Disulap Jadi Tablet
  • 5 Pertimbangan Penting Sebelum Kamu Membeli Laptop Baru
  • 4 Laptop Gaming Merek Langka Berkualitas Setara Alienware!

Cara Pasang DIY eGPU Laptop Seharga Rp 500 Ribuan

1. Persiapan

Pertama, tentu kita harus menyiapkan bahan-bahannya dulu. Nah, berikut ini adalah bahan-bahan yang Jaka persiapkan.

2. Instalasi Hardware eGPU

Nah, berikut langkah-langkah untuk memasang hardware eGPU pada laptop.

Siapkan board EXP GDC, lalu pasang kabel power 8 pin dari PSU Dell atau PSU ATX.

Pasang kabel Express Card atau Mini PCIe ke board EXP GDC.

Pasang kabel power 6 pin ke board EXP GDC.

Pasang GPU desktop dan juga pasang kabel power untuk GPU desktop.

Pasang kabel Express Card/Mini PCIe ke laptop. Dan selesai.

3. Instalasi Software eGPU

Lalu selanjutnya bagian melakukan instalasi hardware. Sangat mudah bukan? Tinggal pasang saja mengikut langkah-langkah di atas.

Nah, sekarang masuk ke bagian utak-atiknya. Saat kamu menyalakan laptop, DIY eGPU kamu secara otomatis akan ikut menyala.

Tapi mayoritas saat kamu melakukan instalasi driver, kamu pasti akan mengalami kendala BSOD. Nah, Jaka akan kasih tahu solusi gimana cara mengatasinya.

4. Memperbaiki Error dengan Melakukan DSDT

Error yang terjadi adalah karena sisa memori TOLUD kamu tidak mencukupi. Karena di laptop tidak seperti PC yang memiliki ruang TOLUD cukup luas. Di laptop benar-benar sangat terbatas. Melalui cara ini, kamu bisa merubah batasan TOLUD dari 32 bit menjadi 64 bit, sehingga akan cukup ruang untuk eGPU kamu.

Siapkan bahan-bahannya yang diperlukan, tools-nya sudah Jaka re-pack di sini. Bisa klik di sini.

Extract tools yang sudah Jaka re-pack di mana saja, lalu buka/double klik "DSDTParser.jar".

Di pojok kiri atas, klik "File", klik "Extract DSDT", tunggu sekitar 5 menitan, sampai keluar tampilan seperti di bawah ini.

Sebelum memulai patching, coba cek kembali folder tools dari Jaka. Akan keluar dua file baru "DSDT.aml" dan "DSDT.dsl". Rename "DSDT.aml" menjadi "DSDT_Original.aml", dan silakan simpan di tempat yang aman. Cek gambar di bawah.

Kalau sudah, mari saatnya mulai patching. Di-root sebelah kiri, coba scroll ke bawah sampai ketemu "Device PCI0", lalu klik, kamu akan langsung dipindahkan ke line "Device PCI0".

Di line itu, coba scroll ke bawah lagi, sampai ketemu barisan-barisan code dword seperti di bawah ini.

DWordMemory (ResourceProducer, PosDecode, MinFixed, MaxFixed, Cacheable, ReadWrite, 0x00000000, // Granularity 0xFEE01000, // Range Minimum 0xFFFFFFFF, // Range Maximum 0x00000000, // Translation Offset 0x011FF000, // Length ,, , AddressRangeMemory, TypeStatic)

Scroll terus sampe ke habis, lalu tambahkan code qword seperti di bawah ini, di bawahnya (copy paste saja).

QWordMemory (ResourceProducer, PosDecode, MinFixed, MaxFixed, Cacheable, ReadWrite, 0x0000000000000000, // Granularity 0x0000000C20000000, // Range Minimum 0x0000000E0FFFFFFF, // Range Maximum 0x0000000000000000, // Translation Offset 0x00000001F0000000, // Length ,, , AddressRangeMemory, TypeStatic)

Nanti jadinya akan seperti ini, cek gambar.

Di ujung kiri atas, di barisan tab, klik "IASL", lalu klik "Compile".

Lalu klik kembali "IASL", klik "Save AML As...", beri nama "DSDT_EGPU_Override.aml", klik "Save". Nanti kamu akan dapat file yang siap digunakan seperti di bawah ini, cek gambar.

Tekan "Win", search "CMD", klik kanan dan klik "Run as Administrator".

Masukkan kode di bawah ini.

cd [directory file "DSDT_EGPU_Override.aml" yang sudah kamu buat tadi] Note : cd di sini adalah singkatan dari Change Directory Contoh : cd \users\n. putra andalas\downloads\ddu\repack dsdt editor by renevoil

Lalu, masukkan kode di bawah ini.

set asl="[directory di mana kamu extract tools yang Jaka berikan]" Contoh : set asl="\users\n. putra andalas\downloads\ddu\repack dsdt editor by renevoil"

Masukkan kode di bawah ini. asl /loadtable DSDT_EGPU_Override.aml

Selesai, reboot. Akan keluar large memory, di "Device Manager", klik "View", lalu klik "Resource by Connection". Cek gambar di bawah.

5. Hasil Pemasangan eGPU

Nah, setelah kamu mengikut cara Jaka di atas, berikut adalah hasil pemasangan eGPU milik Jaka.

Hore, berkat eGPU ini, Jaka sekarang jadi bisa main game jauh lebih lancar. Selamat mencoba cara pasang DIY eGPU Laptop ala Jaka ini ya!

ARTIKEL TERKAIT

Edit Foto Android Seperti Photoshop? Pake Aplikasi Ini Bisa!

Keren Abis! LG G6 Bakal Tampil Mewah dengan Desain Full Glass

Cara Download Video YouTube Secara Instan Tanpa Aplikasi

APPS TERKAIT
AnTuTu Benchmark
Apps AnTuTu
3DMark - The Gamer's Benchmark 2.8.6546
Apps Aniplex Inc.
4Gmark (Speedtest & Benchmark) 1.5.3
Apps Trois Petits Points
GPU Benchmark 3D 1.2.1
Apps Kortenoeverdev
undefined
Kembali Keatas