Cara Otomatis Pindah ke Jaringan 2G Ketika Layar Android Dimatikan

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 24 Oktober 2014, 17:12
Hemat baterai kamu hingga 50% dengan menonaktifkan jaringan 3G, dan ganti menjadi 2G ketika layar smartphone sedang dalam keadaan mati.

Kebanyakan Smartphone Android jaman sekarang sudah menggunakan 3G atau bahkan HSDPA (3.5G) sebagari jaringan Internetnya. Tatkala, hal ini tentu juga membuat Baterai Android kamu menjadi cepat habis atau boros.

Nah, salah satu cara menghemat baterai Android agar tidak cepat habis adalah dengan memindahkan jaringan 3G/HSDPA ke mode 2G/EDGE. Dengan begini, kamu masih tetap dapat menerima sebuah pesan Instan seperti BBM, WhatsApp atau Kakao Talk.

Hanya saja, untuk menggunakan cara ini, Android kamu harus terlebih dahulu di-Root. Penasaran bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya:

Pastikan Smartphone Android kamu sudah dalam keadaan Root, Jika belum, silahkan baca ini: [url=tips/detail/4124/cara-root-semua-jenis-android-dengan-towelroot]Cara Root Semua Jenis Android[/url]

Jika sudah di-Root, Masuk ke Settings > Security > (Centang) Unknown Sources

Selanjutnya, kamu harus menginstall Aplikasi yang bernama Xposed Installer. Jika belum kenal dengan Xposed Installer, bisa baca [url=tips/detail/3934/cara-modifikasi-rom-tanpa-bongkar-apk]di sini[/url].

Xposed Installer 2.7.1 Eksperimental
Apps Developer Tools rovo89
DOWNLOAD

Jika sudah install Xposed Installer, Jalankan aplikasi tersebut. Sekarang yang harus kamu lakukan adalah mendownload Module yang bernama Smart Network. Klik menu Download, lalu cari tombol pencarian, lalu ketikkan "Smart Network".

Klik Smart Network, lalu geser ke bagian Version. Maka akan nampak beragam versi, pilih yang paling baru (paling atas), kemudian klik tombol Download. (sampai artikel ini ditulis, versi paling baru adalah 1.20)

Oke, setelah install, Jangan dibuka dulu Smart Network-nya. Sekarang buka lagi Xposed Installer, lalu pilih Modules, Centang pada bagian Smart Network. Setelah itu, hal yang WAJIB kamu lakukan adalah RESTART/REBOOT.

Setelah Restart, kamu buka Smart Network yang ada di daftar aplikasi, lalu pilih Mobile Networks, kemudian kamu centang Swicth network mode.

ADVERTISEMENT

FYI, Switch Network Mode berguna untuk mengaktifkan Mode 2G/EDGE ketika Layar Smartphone kamu sedang dalam keadaan mati. Sehingga dapat menghemat baterai hingga 40% dari penggunaan biasanya.

Jika ingin melihat Panduan Video-nya, bisa simak video berikut:

BACA JUGA:

undefined
Kembali Keatas