Cara Mudah Ubah Halaman Web Jadi PDF di Android Kamu

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 21 Oktober 2015, 09:10
Kamu bisa dengan mudah mengubah Web ke PDF menggunakan kombinasi Ctrl+P di komputer. Kali ini Jaka akan berikan cara mudah ubah halaman web jadi PDF di Android kamu!

Pasti ada kalanya saat browsing di smartphone kamu menemukan halaman web yang memiliki isi menarik, sehingga ingin kamu jadikan file PDF agar bisa dibaca lain waktu tanpa harus terkoneksi internet. Jika menggunakan Google Chrome di komputer, kamu bisa dengan mudah mengubah Web ke PDF menggunakan kombinasi Ctrl+P. Nah, kali ini Jaka akan berikan cara mudah ubah halaman web jadi PDF di Android kamu!

BACA JUGA
  • Berbagai Cara Mengubah PDF ke Word dari Gadget Kesayangmu, Mudah Banget!
  • Cara Membuka File PDF, PowerPoint, Excel dan Word di HP Android
  • Cara Convert PDF ke Video di PowerPoint

Terlihat sepele, namun dengan mengubah halaman web menjadi PDF, kamu jadi bisa membaca kembali isi artikel yang menarik kapanpun dimanapun tanpa harus terkoneksi dengan internet. Jadi mudah dan nyaman, bukan?

Cara Mudah Ubah Halaman Web Jadi PDF di Android

1. Instal [Dolphin Browser] (https://jalantikus.com/apps/dolphin-browser/)

Dolphin Browser memang dikenal sebagai browser yang lengkap. Karena browser ini mudah dikustomisasi dari segi pengaturan, suara, kontrol gesture dan fitur sharing-nya. Belum punya aplikasinya? Jaka sudah sediakan link download-nya.

Dolphin Browser 11.5.6
Apps Browser Dolphin Browser
DOWNLOAD

2. Instal add-on Web To PDF

Pada aplikasi Dolphin Browser, terdapat plug in yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan. Untuk mengubah halaman Web ke PDF, kamu harus menginstal add-on Web to PDF.

Caranya saat kamu membuka halaman web, klik ikon plug in yang terdapat di samping kanan address box, lalu klik Get more add-ons.

Web to PDF ada di halaman pertama yang ditampilkan. Jika tidak ada, silakan cari dan instal Web to PDF dengan cara klik Get it.

3. Simpan Web ke PDF

Setelah Web to PDF terinstal, sekarang kamu tinggal buka halaman web yang ingin kamu ubah ke PDF. Caranya, klik ikon plug in yang ada di sisi kanan address box, lalu pilih add-on Web to PDF.

Saat muncul pop up, pilih Save. Secara default, nama web yang kamu buka akan menjadi nama file PDF dari halaman Web yang kamu ubah ke file PDF tersebut.

ADVERTISEMENT

4. Akses PDF kapanpun dimanapun

Setelah sukses mengubah halaman Web ke PDF, kamu kini bisa membaca ulang artikel yang kamu sukai kapanpun dan dimanapun tanpa harus terhubung dengan internet. Di pojok bawah, akan terlihat logo pengembangnya, namun hal itu tidak mengurangi kualitas dari file PDF yang kamu miliki.

Mudah bukan? Jadi, kalo kamu menemukan artikel menarik di Jalan Tikus, jangan lupa untuk ubah menjadi PDF biar bisa dibaca lagi kapan pun ya!

ARTIKEL TERKAIT

8 Hal Terlarang Ini Haram untuk Kamu Lakukan di Facebook

9 Karakter Penjahat Terkuat Yang Belum Muncul di Film Marvel

5 Hal Utama yang Wajib Ada di Smartphone Generasi Saat Ini

HEBOH I-Doser, NARKOBA Digital yang Bisa Di-download, Berbahayakah??

APPS TERKAIT
Dolphin Browser 11.5.6
Apps Dolphin Browser
PDF Conversion Suite 2.7.5
Apps Office & Business Tools by Tiny Smart Apps
Polaris Office + PDF 6.0.10
Apps INFRAWARE, INC.
CamScanner -Phone PDF Creator 5.17.7.20200311
Apps IntSig Information Co.,Ltd
undefined
Kembali Keatas