9 Cara Menonaktifkan Mata-mata Pada Windows 10

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 15 Pebruari 2017, 11:00
Jaka akan berbagi tips untuk membantu kamu menonaktifnya mata-mata data di Windows 10.

Sudah pakai OS Windows 10 belum? Pastinya sudah ya, karena rugi kalau belum. Ya, Windows 10 ini banyak banget fitur-fitur baru yang bermanfaat. Namun, ada juga beberapa fitur yang mengancam privasi kamu.

Sebut saja Cortana, meskipun sangat berguna, namun asisten digital ini terlalu banyak mencari tau informasi pribadi tentang kamu. Selain itu, Windows 10 juga memiliki fitur berbagi bawaan, umpan balik, dan telemetri berbagi informasi penggunanya dengan Microsoft.

Bagaimana pun, kebanyakan orang sensitif tentang privasi mereka dan ingin mengontrol data pribadi dengan lebih transparan. Itu sebabnya dalam artikel ini, Jaka akan berbagi tips untuk membantu kamu menonaktifkan mata-mata data di Windows 10. Dikutip dari Hongkiat, berikut caranya:

BACA JUGA
  • Cara Mengatasi Windows 10 Expired Tanpa Instal Ulang
  • Mau Upgrade Windows 10 Secara Gratis? Gini Triknya!
  • Wow! 5 Jenis Linux ini Bisa Gantikan Windows 

Cara Menonaktifkan Mata-mata Pada Windows 10

1. Matikan Iklan

Seperti halnya Android dan iOS, iklan di Windows 10 di aplikasi atau pada halaman web saat kamu browsing, ditampilkan berdasarkan data yang kamu kumpulkan. Itu sebabnya, iklan yang muncul sesuai dengan apa yang sedang kamu inginkan. Untungnya ada pilihan untuk menonaktifkan pengumpulan data untuk iklan tersebut, berikut caranya:

Buka Settings > Privacy > General dan pada tab "change privacy options", pilih "let apps my advertising ID for experiences across apps" dan nonatifkan.

2. Menonaktifkan Cortana

Cortana menawarkan banyak hal berguna, tapi mengumpulkan banyak data kamu untuk memberikan kamu saran yang baik dan juga hasil pencarian yang akurat. Jika kamu ingin membatasi diri dari menggunakan layanan cloud tersebut dan tidak ingin data pribadi digunakan Cortana. Begini caranya menonaktifkan Cortana:

Catatan: Kamu tidak akan dapat memanfaatkan fitur cerdas dari Cortana setelah kamu menonaktifkan fitur tersebut.

3. Menonaktifkan OneDrive Sync

OneDrive adalah layanan cloud storage bawaan di Windows 10. Hal ini memudahkan kamu menyimpan dan berbagai file secara otomatis. Namun jika fitur ini diaktifkan, semua data kamu akan di-uploaud ke OneDrive. Maka dari itu, sebaiknya kamu menonaktifkan fitur ini sehingga kamu bisa memilih file mana yang harus di upload secara manual.

4. Nonaktifkan Filter SmartScreen

Jika kamu mengaktifkan fitur filter SmartScreen, Microsoft akan mengumpulkan semua informasi tentang URL situs yang kamu kunjungi, atau aplikasi apa saja yang kamu install. Fitur ini tujuannya baik, yaitu memblokir situs berbahaya dan menganalisa file yang kamu download.

Namun, artinya Microsoft tahu banyak tentang aktivitas kamu di internet. Meskipun fitur ini sangat penting untuk melindungi ancaman di internet, namun jika kamu tidak ingin berbagi aktivitas yang kamu lakukan, sebaiknya nonaktifkan fitur ini. Caranya:

5. Nonaktifkan Windows 10 Sync

Nah, fitur Windows 10 Sync ini akan menyimpan berbagai data kamu seperti password, preferensi bahasa, dan pengaturan lainnya ke dalam akun Microsfot. Jadi, ketika beralih kamu bisa mengembalikan data-data kamu tanpa perlu pusing harus mulai dari awal lagi. Namun, jika kamu lebih mementingkan keamanan daripada kemudahan, sebaiknya nonaktifkan fitur ini. Caranya:

6. Beralih ke Akun Lokal

Pada Windows 10, akun Microsoft memungkin kamu menyinkronkan pengaturan dan masuk secara otomatis ke aplikasi, sinkronisasi data, dan melakukan lebih banyak lagi. Namun, ini juga berarti bahwa data kamu disinkrnonkan secara online, aplikasi dapat melihat informasi kamu. Artinya privasi kamu dicurangi, itu sebabnya buat kamu yang menggunakan akun Microsoft, lebih baik kembali ke akun lokal di Windows 10. Berikut caranya:

7. Matikan Izin Lokasi

Pengaturan lokasi ini membantu aplikasi dan layanan lainnya memberikan data yang relevan buat kamu. Seperti perkiraan cuaca, berita lokal, dan banyak lagi. Namun, buat kamu yang tidak ingin berbagi lokasi dengan aplikasi atau situs web, kamu bisa mematikan fitur ini di:

8. Konfigurasi Windows Update

Windows 10 memungkinkan kamu berbagi secara peer to peer update. Artinya, teman-teman kamu di jaringan lokal yang sama dapat menyalin update dari komputer kamu. Untungnya, kamu dapat mematikan fitur ini. Caranya:

9. Nonaktifkan Feedback & Diagnostics

Windows 10 mengirimkan data diagnostik ke server Microfot untuk masalah performa pemecahan masalah dan meningkatkan layanannya. Data yang dikirim mencakup informasi tentang aplikasi, snapshot memori, dan lainnya. Namun tidak semua orang yang memilih untuk tidak berbagi apapun dari pc mereka ke server micorosoft. Caranya:

Akhir Kata

Dengan bantuan kita, fitur dan aplikasi di Windows 10 menjadi sangat canggih dan berguna seperti sekarang. Namun, tidak semua hal harus kita bagi, penting untuk menyesuaikan batas wajar menurut pandangan kamu.

Jadi, lebih baik baik kamu melihat dan menyesuaikan pengaturan di Windows 10 dan setiap aplikasi yang kamu miliki jika tidak ingin dimata-matai. Sebaik-baiknya fitur pasti ada sisi positif dan negatifnya, tergantung dari sudut pandang kamu. Share pendapat kamu!

Baca juga artikel seputar Komputer atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

ARTIKEL TERKAIT

Evil Factory Ajak Bernostalgia, Game 8-Bit dengan Pertempuran Mengagumkan

Jangan Bawa Smartphone ke Tempat Tidur, Ini Alasannya!

Lupakan Touchscreen, Ponsel Ini Mengandalkan Perintah Suara dan Hologram

WOW! Fitur Baru WhatsApp Ini Bisa Melacak Lokasi Teman Secara Real-time

APPS TERKAIT
Pushbullet For Windows 338
Apps Pushbullet
Pushbullet 18.2.30
Apps Pushbullet
Pushbullet For Chrome 319
Apps Pushbullet
Pushbullet For Firefox (Add Ons)
Apps Pushbullet
undefined
Kembali Keatas