Cara Menjadikan Kartu Memori Sebagai Penyimpanan Internal Android

Ditulis oleh Jaka - Sabtu, 04 November 2017, 09:30
Tenang saja, JalanTikus akan kasih tahu bagaimana cara menjadikan kartu memori sebagai penyimpanan internal pada smartphone Android kamu. Mari simak!

Masih penting nggak sih keberadaan slot microSD pada sebuah smartphone? Harus diakui, kartu memori memang menjadi 'juru selamat' bagi pengguna smartphone yang butuh penyimpanan lebih.

Apalagi buat kamu yang menggunakan smartphone tipe lama atau smartphone entry-level yang dibekali dengan memori pas-pasan. Sangat berguna untuk menyimpan foto, lagu, dan video. Sayangnya, hanya sedikit aplikasi yang bisa dipindahkan ke kartu memori. Tenang saja, JalanTikus akan kasih tahu bagaimana cara menjadikan kartu memori sebagai penyimpanan internal pada smartphone Android kamu. Mari simak dibawah ini!

BACA JUGA
  • PENTING! Periksa 5 Hal Ini Sebelum Membeli Kartu Memori
  • Cara Jitu Mengembalikan Foto yang Terhapus di Kartu Memori
  • 4 Cara Mudah Membuat MicroSD Bebas dari Hacking

Cara Menjadikan Kartu Memori Sebagai Penyimpanan Internal Android

Jangan sedih, kalau smartphone kamu sudah menjalankan Android 6.0 Marshmallow. Kamu bisa kok mengubah kartu memori sebagai penyimpanan internal kamu. Nah bagaimana caranya dan kelebihan serta kekurangannya?

Fitur Adoptable Storage

Fitur Adoptable Storage tersedia di Android 6.0 Marshmallow, yang memungkinkan kartu microSD digunakan sebagai penyimpanan internal. Sebelumnya memang sudah ada sejumlah metode untuk melakukan tugas serupa. Namun, tidak mudah untuk diimplementasikan.

Kartu MicroSD Lambat

Sejumlah pabrikan ponsel menolak untuk menyematkan slot microSD, dengan dalih kartu memori itu lambat. Sehingga akan menurunkan user experience.

Tentu hal tersebut ada benarnya juga, makanya pastikan kartu microSD yang kamu gunakan itu berkualitas. Tak hanya besar kapasitasnya, tapi juga perhatikan kecepatan baca dan tulisnya.

Pastikan juga asli, ada harga ada rupa. Jika kamu pakai kartu microSD yang abal-abal, dipastikan performa smartphone kamu menurun dari waktu ke waktu.

Selain itu, menjadikan kartu microSD sebagai memori internal juga artinya kamu tidak bisa sembarangan mencopotnya lagi. Harus melalui prosedur yang ada, jika tidak media penyimpanan kamu bisa saja rusak.

ADVERTISEMENT
Pentingnya Kartu Memori Asli Bagi Pengguna Android
Hanya karena ingin menghemat pengeluaran, beberapa pengguna smartphone Android rela membeli sembarang kartu memori, bahkan palsu. Padahal kartu memori yang asli bagi smartphone Android sangatlah penting.
LIHAT ARTIKEL

Cara Menjadikan MicroSD Sebagai Memori Internal

Sudah siapkan kartu SD yang berkualitas? Pastikan kamu sudah back up data-data kamu di dalamnya, karena prosesnya akan memformat kartu SD.

Meski Adoptable Storage adalah fitur bawaan Android 6.0 Marshmallow. Produsen bisa saja menonaktifkan fitur tersebut. Berikut caranya:

Akhir Kata

Itulah cara menjadikan kartu memori sebagai penyimpanan memori internal Android kamu. Sekarang memori penyimpanan kamu bertambah dan jadi lebih leluasa menginstalasi berbagai aplikasi serta game.

Kamu bisa menjadikan kartu microSD sebagai media penyimpanan portable dengan mengikuti langkah di atas. Bedanya, pilih opsi "Format as portable". Selamat mencoba ya.

Baca juga artikel seputar Android atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

ARTIKEL TERKAIT

Tiru Live Photo Apple, Google Rilis Motion Stills di Android

Guide Johnson Mobile Legends: Melaju Kencang dengan Tabrakan Mematikan! [Revamped]

Jelang Rilis Nokia 8, Bos HMD Global Malah Mengundurkan Diri. Kenapa?

Sebelum Menyesal! 7 Kesalahan Pengguna Smartphone Ini Harus Dihindari

APPS TERKAIT
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
undefined
Kembali Keatas