Inilah Cara Tobat Agar Tidak Menjadi Wibu Selama Puasa, Biar Gak Bau Bawang!

Ditulis oleh Jaka - Senin, 13 Mei 2019, 21:00
Berhubung lagi bulan puasa, manfaatin untuk mengurangi kewibuanmu, geng! Jaka akan kasih beberapa tips yang bisa bantu kamu untuk tobat!

Kita patut bersyukur masih dipertemukan dengan bulan suci Ramadan. Kita diberi kesempatan untuk berbenah diri dan mempertebal iman yang mungkin sempat berkurang.

Tentu saja cobaan dan godaan akan silih berganti datang menghampiri. Kalau kamu merasa sebagai seorang wibu, jenis godaannya pun bervariasi.

Kamu enggak perlu khawatir, geng! Jaka punya beberapa tips tentang bagaimana cara tobat agar tidak menjadi wibu selama puasa, dijamin ampuh!

Tips Tobat Menjadi Wibu

Sebelumnya, apa itu wibu? Banyak masyarakat beranggapan bahwa orang yang suka nonton anime adalah wibu. Padahal, pengertiannya sendiri lebih luas, loh!

Wibu atau dalam bahasa Inggris disebut weeaboo adalah julukan orang yang menyukai segala hal berbau Jepang secara berlebihan.

Tidak hanya suka anime, mereka juga bergaya hidup Jepang, menggunakan bahasa Jepang, bahkan merasa dirinya bagian dari Jepang.

Nah, mungkin kamu berniat mengurangi ke-wibu-anmu selama bulan puasa ini. Sini, Jaka bantu kamu!

ADVERTISEMENT

1. Mengurangi Menonton Anime

Sumber foto: SEVAC SouthEastern Virginia Anime Community - StudioJAB

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengurangi intensitas menonton animemu, terutama genre-genre yang hukumnya haram ditonton ketika puasa!

Terkadang anime memiliki unsur-unsur yang dapat menggoyahkan iman kita, seperti munculnya karakter wanita dengan berpakaian minim.

Daripada nonton anime, mending kamu nonton acara kajian yang ada di televisi maupun YouTube. Selain lebih bermanfaat, kamu juga mendapatkan ilmu tambahan.

2. Mengganti Wallpaper Anime di Laptop dan HP

Sumber foto: YouTube

Apakah kamu tipe orang yang suka memasang gambar anime sebagai wallpaper entah di laptop atau handphone?

Coba deh cari wallpaper lain, geng! Misalnya diganti dengan wallpaper bernuansa islami atau setidaknya menggunakan wallpaper yang terkesan netral.

Menjaga lapar dan haus mungkin mudah untuk kita. Yang susah adalah menjaga mata dan hati kita dari berbagai godaan.

3. Mengurangi Mendengarkan Lagu-Lagu Jepang

Sumber foto: Crystal Tokyo Anime Blog

Tidak hanya dari anime, kamu pun juga harus mengurangi mendengarkan lagu-lagu Jepang, geng! Seperti yang sudah Jaka sebutkan di atas, pengertian wibu itu luas, enggak cuma anime.

Apalagi kalau kamu hobi mendengarkan lagu dengan nada suara cewek kejepit, mending kamu hapus dulu dari playlist lagu kamu.

Gimana coba kalau waktu dengerin lagu itu, kamu terbayang sama karakter yang menyanyikan? Bahaya, toh?

4. Mencopot atau Menutupi Poster-Poster Waifu di Kamar

Sumber foto: Pinterest

Kamu memajang **poster-poster karakter waifu-mu** dengan seragam sekolah di dinding kamarmu? Mending segera kamu copot deh, geng!

Atau kalau kamu takut merusak dinding kamar, kamu bisa menutupinya dengan kain atau bahan material yang lainnya.

Sayang sekali kalau ibadah puasamu harus ternodai karena kamu terlalu sering melirik ke arah waifu-mu tersayang yang terpajang di dinding.

5. Menyembunyikan Action Figure dan Aksesoris yang Berpakaian Terbuka

Sumber foto: Sakuranime

Kalau kamu tipe orang yang suka mengoleksi action figure karakter anime dengan pakaian yang cukup terbuka, mending sembunyikan di lemari atau laci mejamu, deh!

Lebih baik lagi jika kamu bisa mengikhlaskan action figure-mu tersebut untuk dibuang atau diberikan kepada wibu-wibu yang lain.

Belilah action figure yang normal-normal saja tanpa perlu harus menonjolkan aurat yang tak layak untuk dilihat.

Selain action figure, mungkin kamu punya benda-benda unik lainnya seperti bantal wibu. Gantilah bantal tersebut dengan sarung bantal yang lain.

6. Melakukan Hal-Hal Lain yang Lebih Produktif

Sumber foto: NPR

Agar kamu bisa move on sepenuhnya, cobalah cari kegiatan yang lebih produktif lagi dibandingkan kegiatan-kegiatan yang sudah Jaka sebutkan di atas.

Apalagi sekarang kita sedang berada di bulan puasa. Perbanyaklah ibadah seperti salat Sunnah dan baca Alquran yang lebih berfaedah.

Manfaatkan juga waktumu untuk berkumpul bersama keluarga atau teman-teman tercinta. Jika kamu bisa melakukannya, ke-wibu-anmu pun bisa berangsur-angsur pulih.

Akhir Kata

Menjadi wibu pada standar Indonesia bukanlah hal yang buruk, karena pada sejatinya manusia memiliki hak untuk suka terhadap sesuatu.

Tapi tetap saja, tidak ada yang baik dari sikap berlebihan, termasuk wibu yang mencintai semua hal tentang Jepang.

Kalau kamu ingin tobat dengan mengurangi kesukaanmu terhadap Jepang, kamu bisa coba melakukan hal-hal yang sudah Jaka sebutkan di atas.

Baca juga artikel seputar Wibu atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah

ARTIKEL TERKAIT

25+ Anime Paling Sedih Terbaik Sepanjang Masa, Auto Mewek & Baper!

10 Rekomendasi Anime Terbaru & Terbaik 2023, Ada Banyak Genre yang Bisa Ditonton!

14 Situs Nonton Anime Sub Indo Terbaik & Terbaru 2022 Resmi, Bukan Anoboy atau Oploverz

30 Anime Action Terbaik Paling Seru dan Terbaru 2022, Rugi Kalau Belum Nonton!

20 Aplikasi Nonton Anime Sub Indo Terbaik 2023, Koleksi Lengkap & Gratis

23 Anime Romance-Comedy Rating Tertinggi 2022, Antara Baper dan Ngakak!

undefined
Kembali Keatas