Gak Harus Lulusan Kampus Terkenal, Ini 8 Tips Menjadi Programmer Handal

Ditulis oleh Jaka - Sabtu, 05 Agustus 2017, 12:00
mungkin karena banyak orang berpikir kalau menjadi programmer itu susah dan belajar pemrograman itu sulit. Padahal, kita bisa belajar pemrograman hanya dengan dari dasar–dasar algoritma dan matematika saja.

Tidak banyak orang yang minat untuk menjadi programmer, mungkin karena banyak orang berpikir kalau menjadi programmer itu susah dan belajar pemrograman itu sulit. Padahal, kita bisa belajar pemrograman hanya dengan dari dasar dasar algoritma dan matematika saja.

Nah, sekarang Jaka ingin memberikan Tips Cara Menjadi Programmer untuk kalian yang ingin atau yang sudah memulai untuk menjadi seorang programmer dan memerlukan tips untuk melanjutkan langkah ke depan untuk menjadi programmer yang lebih baik. Berikut ulasannya.

BACA JUGA
  • Penjelasan LiteCoin, Si Koin Perak Pesaing BitCoin!
  • Tembus Rp 13 Juta Lebih, Bitcoin Jadi Mata Uang Termahal Di Dunia
  • Cara Mendapatkan Bitcoin Secara Gratis

Ini 8 Tips Menjadi Programmer Handal

1. Sempatkan Diri Untuk Belajar Secara Otodidak

Jika kalian sekarang sedang kursus programming, saran Jaka kalian belajar secara otodidak. Tidak semua hal akan diajarkan di tempat les kalian. Kalo kalian ingin menjadi programmer yang baik, belajar otodidak ini sangat disarankan, nggak mungkin kan kalian mengandalkan guru kalian terus atau orang lain, mau gak mau kalian harus belajar secara otodidak.

2. Pilihlah Jenis Pemrograman Yang Ingin Kalian Dalami

Misalnya kalian ingin memprogram aplikasi desktop, memprogram website, dan memprogram aplikasi mobile. Pilihlah salah satu, jangan langsung semuanya ingin kalian dalami karena nggak bakal fokus. Kalau kalian ingin dalami pemrograman web, berarti kalian harus pelajari dahulu HTML. Jika kalian sudah mahir di HTML, kalian bisa pelajari lagi CSS lalu ke PHP dan seterusnya begitu.

3. Mengerti Konsepnya Jangan Bahasanya Atau Syntaxnya

Mengerti konsepnya bisa diibaratkan sebagai struktur kata, struktur kalimat, dan struktur paragraf dari Bahasa Indonesia. Misalnya kalian mengetahui kata kata dalam Bahasa Indonesia tapi tidak tahu konsep atau cara untuk menggabungkan kata kata tersebut untuk menjadi sebuah kalimat.

Misalnya Coding Khusus Sekolah Ingin Saya tentu orang lain menganggap yang kalian katakan aneh. Nah, sama halnya dengan pemrograman, misalnya kalian tau bahasanya dan tau kata katanya yang harus dipakai tapi nggak tau strukturnya itu sama saja bohong. Jadi kalian tidak akan bisa membuat sebuah aplikasi yang baik.

4. Perkuat Logika

Programming itu sebenarnya paling besar ke Logika, jadi setelah kalian mempelajari sebuah konsep, harus mengimplementasikannya. Dalam pemrograman itu mirip seperti buku resep ada hal hal yang harus di lakukan dan ada juga step stepnya.

Dan ingat, jangan pernah berkecil hati jika logika kalian berbeda dengan logika orang lain. Nggak masalah kalo kalian mempunyai pemikiran yang berbeda dengan orang lain tetapi pada akhirnya hasilnya sama. Lebih baik kalian mengerti logika kalian sendiri dari pada kalian menggunakan logika orang lain tapi malah berujung kegagalan.

ADVERTISEMENT

5. Mulailah Dengan Yang Mudah

Mulailah membuat program yang mudah, misalnya seperti membuat bentuk segitiga dari bintang bintang, atau kalian bisa membuat bentuk hati. Karena jika kalian memulai dengan yang mudah dulu, lama lama pasti akan terlatih.

6. Teruslah Berlatih

Tips yang satu ini memang wajib untuk dilakukan. Tanpa latihan kalian nggak bakal bisa mendapatkan pengalaman yang cukup baik. Di dalam latihan pasti kalian pernah mengalami kesalahan, namun yang penting kalian harus banyak berlatih lagi.

7. Belajar Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adahal hal yang yang cukup penting untuk kalian yang mau mempelajari programming, tapi gak harus jago juga kok cukup dasar dasarnya saja. Kalian nggak mungkin menemukan segala sesuatu hal dalam bahasa Indonesia tapi dalam bahasa Inggris segala sesuatu bisa kalian temukan.

Semua referensi itu banyak dalam bahasa Inggris, belum lagi saat kalian memprogram kebanyakan syntax (sintaks) atau kebanyakan kata, itu menggunakan bahasa Inggris.

8. Google, Tutorial, Dan Forum Adalah Sahabat Kalian

Kalian bisa belajar di forum stackoverflow, yang merupakan forum programming terbesar. Bisa juga dari tutorial, biasanya berupa video yang ada di berbagai macam sumber. Biasanya sih di Youtube banyak tutorial mengenai programming, entah itu dari dalam negeri atau dari luar negeri. Oh iya, kalian juga bisa langsung belajar coding di beberapa website dan langsung praktek tanpa download apa pun.

itulah beberapa website yang Jaka tau, dari banyaknya website di atas yang Jaka sarankan hanya 2(dua), yaitu codepolitan.com dan codesaya.com.

Jadi itulah 8 Tips Cara Menjadi Programmer. Jika kalian masih kesusahan dalam belajar ngoding kuncinya itu adalah harus sabar.

ARTIKEL TERKAIT

Meroket! 1 Bitcoin Makin Mahal, Lebihi Harga Emas 1 Ons

Canggih Dan Keren! Ini Transformasi Samsung Galaxy Note Series Dari Masa Ke Masa

Inilah 5 Alasan iPhone 5C Masih Layak Pakai di Tahun 2017

Penasaran Seberapa Besarkah Keuntungan yang Diraih oleh Google ya?

Ternyata iPhone Lebih Gampang Rusak Dari Android, Masih Mau Pakai iPhone?

APPS TERKAIT
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
LINE for Android 10.0.2
Apps Naver
LINE Komputer 4.8.3.1128
Apps Naver
undefined
Kembali Keatas