Sayangi Mata, Begini Cara Mengurangi Efek Buruk Layar Komputer

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 19 Januari 2017, 18:00
Untuk kamu yang sering berada di depan layar monitor, berikut ini Jaka jabarkan cara mengurangi efek buruk layar komputer untuk menjaga kesehatan mata kamu..

Buat kamu yang sehari-harinya tak lepas dari penggunaan komputer, tentunya pernah mengalami ketegangan mata kan? Tanda-tandanya biasanya mata berair saat terlalu lama menatap layar komputer.

Nah, untuk menjaga kesehatan mata, selain menyesuaikan kecerahan layar, kamu juga harus membuat tampilan layar lebih hangat dengan warna cenderung kuning.

Dengan begitu, dapat membuat mata kamu lebih nyaman, khususnya buat kamu yang sering menggunakan komputer hingga larut malam. Mau tahu langkah-langkahnya? Begini nih cara mengurangi efek buruk layar komputer.

BACA JUGA
  • 7 Tips Agar Mata Tidak Rusak Ketika Berada di Depan Komputer
  • 18 Aplikasi Perekam Layar PC & Laptop Terbaik 2022, Abadikan & Bagikan Momen Menarik!
  • Cara Mudah Share Tampilan Layar Android Kamu

Cara Mengurangi Efek Buruk Layar Komputer

Menggunakan Filter Blue Light

Buat kamu pengguna komputer berbasis Windows 10, kamu tak perlu repot-repot menginstal aplikasi. Pasalnya, Microsoft telah menambahkan fitur filter Blue Light Reduction di update Windows 10 build 15002.

Filter Blue Light Reduction adalah pengaturan baru yang akan otomatis menurunkan jumlah cahaya biru yang dipancarkan dari layar komputer kamu di waktu malam.

Pengaturan ini akan membuat layar dapat beradaptasi berdasarkan waktu, dengan warna yang hangat sehingga membuat mata terasa nyaman.

Perlu diketahui, pancaran cahaya biru di malam hari dapat mengubah jam biologis tubuh atau yang dikenal dengan istilah Ritme Circadian yang mengakibatkan tubuh menjadi tidak sehat. Nah untuk menikmati fitur ini caranya:

Menggunakan Software F.lux

Jika kamu belum menggunakan Windows 10 atau belum update ke build 15002. Kamu bisa mengandalkan F.lux untuk mengurangi mata lelah saat menggunakan komputer.

F.lux adalah software sederhana yang melakukan penyesuaian diri dengan waktu di tempat kamu berada. Setelah matahari terbenam, maka tampilan layar komputer kamu akan sedikit memerah.

F.lux ingin menciptakan warna kuning yang hangat di layar kamu, agar mata kamu tidak lelah karena cahaya dari layar yang terus-menerus menampilkan kecerahan. Berikut caranya:

Itulah cara mengurangi efek buruk layar komputer, khususnya buat kamu yang sering menghabiskan waktu di depan komputer. Sayangi mata kamu dan jaga agar tetap sehat ya.

Baca juga artikel seputar kesehatan mata berikut ini:

Serta artikel dari Lukman Azis lainnya.

Banner: Vanquishheadacherelief.com.

ARTIKEL TERKAIT

6 Cara Menghindari Cyber Crime Saat Menggunakan Video Call

Cara Melihat Instagram yang Diprivate Tanpa Follow, Dijamin Aman!

Cara Gunakan Modul Xposed Installer Tanpa Root

APPS TERKAIT
Klakson Telolet 4.4
Apps KMB Technologies
Disney GIF 1.0.9
Apps Disney
UseeTV 4.4.4
Apps PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk
Bersosial 5.0.1
Apps DanPros
undefined
Kembali Keatas