Cara Mengukur Detak Jantung Menggunakan Android Kamu

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 04 Juli 2017, 07:00
Mengingat pentingnya fungsi jantung, maka Jaka akan membagikan 2 cara mengukur detak jantung menggunakan Android kamu. Kesehatan jantung sangatlah penting demi lancarnya kegiatan sehari-hari kamu.

Jantung merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh. Organ berukuran sebesar kepalan tangan ini berfungsi memompa dan menyebarkan darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh.

Mengingat pentingnya fungsi jantung, maka memeriksa detak jantung untuk memantau kesehatan jantung sangatlah penting. Maka dari itu, Jaka akan membagikan 2 cara mengukur detak jantung dengan Android kamu.

BACA JUGA
  • Cek Kesehatan Mata Kamu dengan Aplikasi Kuku KUBE
  • AFDetect, Aplikasi Pendeteksi Gejala Atrial Fibrillation dan Detak Jantung yang Tidak Normal
  • AWAS! 80% Pengguna Komputer di Dunia Terancam Penyakit Ini

2 Cara Mengukur Detak Jantung Menggunakan Android

Jika kamu menggunakan smartphone premium seperti Samsung Galaxy S6 atau iPhone 6s yang telah dibekali sensor denyut jantung, kamu bisa dengan mudah memantau detak jantung kamu. Tapi bagaimana dengan smartphone Android biasa saja yang spesifikasinya pas-pasan? Tenang, kamu juga bisa kok.

1. Pantau Detak Jantung Dengan LED Flash Android

Tanpa harus menggunakan smartphone mahal yang dilengkapi sensor denyut jantung, kamu bisa memanfaatkan LED flash Android untuk memantau detak jantung kamu loh! Gimana caranya?

Dengan memanfaatkan perubahan warna dan kecepatan aliran darah, Android kamu akan melakukan kalkulasi untuk menghitung detak jantung kamu.

Untuk menggunakan fitur ini, kamu dapat menginstal Instant Heart Rate Monitor.

Instant Heart Rate 2.7.0
Apps Productivity Azumio Inc.
DOWNLOAD

Bagaimana cara menggunakan Instant Heart Rate Monitor untuk memantau detak jantung kamu? Berikut cara menghitung detak jantung menggunakan Android dengan aplikasi Instant Heart Rate Monitor:

2. Hitung Detak Jantung Dengan Menekan Layar Smartphone

Familiar dengan teknologi force touch yang dibawa iPhone 6s? Dengan memanfaatkan tekanan pada layarnya, iPhone 6s bisa mendeteksi perintah khusus. Ternyata, di Android ada aplikasi khusus yang memanfaatkan tekanan pada layar untuk menghitung detak jantung kamu.

Adalah Pulsometer, sebuah aplikasi simulator yang bisa kamu gunakan untuk memantau detak jantung kamu dengan menggunakan tekanan pada layar Android.

Perlu diketahui, ini adalah aplikasi simulator, hasilnya tidak seakurat aplikasi Instant Heart Rate Monitor tapi cukup bisa diandalkan. Dan lagi, konsep yang digunakan aplikasi ini pun cukup unik.

Cara menggunakan Pulsometer di Android untuk mengukur detak jantung kamu:

Akhir Kata

Itulah 2 cara untuk mengukur detak jantung dengan Android. Jika kamu punya cara lainnya, jangan lupa share di kolom komentar ya!

Gimana, keren dan mudah bukan? Tanpa harus memiliki Android mahal atau check up ke rumah sakit, kamu tetap bisa memantau kesehatan jantung kamu. Karena sehat itu mahal, maka selalu pantau terus ya kesehatan jantung kamu!

ARTIKEL TERKAIT

Yakin Butuh HP Baru? 5 Hal Ini Wajib Dipertimbangkan Sebelum Ganti Smartphone

Smartphone Terbaik untuk Main Game Ini Pasti Bikin Kamu Ngiler!

Si Botak Berbakat Kembali Beraksi, Game Ekslusif Dead Rising 4 di Bajak!

5 Tips Menarik Agar Mudik Lebaran 2017 Jadi Lebih Nyaman!

MENGERIKAN! 5 Teknologi Ini Paling Berpotensi Memusnahkan Umat Manusia

APPS TERKAIT
Instant Heart Rate 2.7.0
Apps Azumio Inc.
Lookout Heartbleed Detector 1.0
Apps Lookout
Dokter Diabetes 2.1.1
Apps PT. Amerta Indah Otsuka
undefined
Kembali Keatas