Cara Menghapus Duplikat Kontak di Smartphone Android

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 03 Juni 2016, 00:00
Sudah berapa banyak kontak telepon yang tersimpan dalam smartphone kamu? Dengan jumlah kontak yang begitu banyak tentu ada saja kontak yang sama atau dobel. Berikut cara hapus duplikat kontak di Android dalam semenit.

Salah satu fungsi ponsel adalah menyimpan kontak telepon. Sudah berapa banyak kontak telepon yang tersimpan dalam smartphone kamu? Mungkin sudah tak terhitung, bisa puluhan, ratusan, bahkan ribuan. Kamu sendiri tipe orang yang rajin edit kontak atau yang masa bodoh?

Terlepas dari itu semua, dengan jumlah kontak yang begitu banyak tentu ada saja kontak yang sama atau double. Terlebih buat kamu yang sering gonta-ganti smartphone atau memang pakai dua smartphone beda OS seperti iOS dan Android. Buat kamu yang ingin merapikan kontak, Jaka punya cara menghapus duplikat kontak di smartphone Android nih. Dilansir dari Techviral ada dua metode yang bakal Jaka jelaskan, lebih lanjut simak tutorial-nya di bawah ini.

BACA JUGA
  • Cara Menyembunyikan Kontak LINE yang Tidak Penting
  • Cara Block dan UnBlock Kontak BBM Orang Lain di Android
  • Cara Menghilangkan Kontak Facebook Di Phonebook Android Kamu

Cara Hapus Duplikat Kontak di Android

1. Menggunakan Aplikasi Simpler Merge Duplicates

Kalau mau edit kontak secara manual dan menelusuri satu per satu tentu bakal repot banget. Nah dengan aplikasi Simpler Merge Duplicates ini kamu dapat merapikan kontak, dengan cara hapus duplikat kontak di Android dalam beberapa klik, berikut caranya.

Simpler Merge Duplicates 6.3.3
Apps Productivity SimplerApps
DOWNLOAD

2. Menggunakan Gmail di Browser PC

Cara menghapus duplikat kontak di smartphone Android selanjutnya tanpa menggunakan aplikasi Android nih, kamu bisa dengan mudah mengatur kontak khususnya yang ada di akun Google melalui Gmail. Kamu hanya perlu menggunakan browser lewat komputer, buka https://mail.google.com dan login dengan akun Google kamu. Berikut langkah lebih detailnya:

ADVERTISEMENT

Pastikan kamu telah mengaktifkan sinkronisasi kontak dengan akun Google kamu ya. Itulah langkah mudah cara menghapus duplikat kontak di smartphone Android. Dengan metode ini, kamu tidak membutuhkan banyak waktu untuk merapikan kontak. Jika ada tambahan tentang cara hapus duplikat kontak di Android, sematkan pendapat kamu di kolom komentar di bawah ini ya.

ARTIKEL TERKAIT

Cara Blokir Kontak di WhatsApp Messenger

4 Cara Untuk Mengembalikan Foto Kontak atau DP BBM yang Hilang

Cara Mudah Menghapus Kontak / Teman di Line (Unfriend)

Cara Memindahkan Kontak BBM ke Android

Cara Membuat Getaran yang Unik Untuk Setiap Kontak di Android

APPS TERKAIT
Google Gesture Search 2.1.3
Apps Google
drupe contacts & dialer 1.109.00030
Apps
Noknok - Reveal contact names 3.5.5
Apps Noknok Ltd
Gmail 2020.02.16.297705979
Apps Google
undefined
Kembali Keatas