Cara Menggunakan Google Translate Offline | Ga Perlu Pakai Kuota!

Ditulis oleh Jaka - Senin, 26 Oktober 2020, 07:00
Google Translate offline merupakan salah satu fitur untuk menerjemahkan tanpa koneksi internet. Simak cara menggunakan Google Translate offline di sini!

Google Translate offline buat di momen nggak ada sinyal atau koneksi internet pastinya sangat membantu banget, ya, geng.

Apalagi aplikasi Google Translate buatan Google ini juga nggak cuma bisa menerjemahkan satu kata saja, tapi keseluruhan kalimat yang kamu inginkan. Jadi, nggak bakal bikin pusing deh!

Namun sejak awal kehadirannya, Google Translate dikenal sebagai salah satu aplikasi translate online yang artinya hanya bisa digunakan ketika ada koneksi internet saja. Padahal, kenyataannya nggak demikian lho!

Lalu, kira-kira bagaimana, ya, cara menggunakan Google terjemah offline? Yuk, langsung simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!

Fitur & Cara Google Translate Offline dengan Mudah

Nggak cuma game offline saja yang bisa kamu mainkan tanpa jaringan internet, aplikasi penerjemah Google Translate juga rupanya memiliki fitur agar bisa digunakan secara offline, geng.

Fitur ini sebenarnya sudah lama dihadirkan oleh Google, namun sepertinya hanya diketahui oleh beberapa penggunanya saja.

Makanya, kali ini Jaka akan kasih tahu kamu bagaimana cara Google Translate offline dengan mudah.

ADVERTISEMENT

Fitur Google Translate

Sebelum masuk ke pemabahasan cara menggunakan Google terjemah offline, di sini Jaka akan jelaskan dulu sedikit informasi mengenai apa saja fitur yang dimiliki oleh aplikasi satu ini.

Tanpa perlu banyak basa basi lagi, yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Penerjemah Gambar

Selain bisa menerjemahkan teks, Google Translate APK juga memiliki fitur translate images yang memungkinkan kamu untuk menerjemahkan tulisan yang ada pada gambar.

Cara kerjanya sendiri hampir mirip seperti aplikasi scanner di mana kamu perlu mengarahkan dan mengambil gambar yang ingin diterjemahkan tulisannya, setelah itu aplikasi akan otomatis melakukan scanning terhadap teks.

Kemudian kamu tinggal seleksi mana saja kalimat yang ingin diterjemahkan, dan hasilnya pun akan ditampilkan di bawahnya.

2. Penerjemah Suara

Nggak cuma gambar, kamu juga bisa menggunakan fitur penerjemah suara untuk lebih memudahkan penggunaan.

Caranya pun gampang banget, kamu tinggal tekan ikon voice kemudian dekatkan microphone HP ke arah sumber suara.

Tuh, geng! Kamu nggak perlu pakai aplikasi perekam suara tambahan di HP buat melakukannya!

3. Transcribe

Nah, kalau fitur yang satu ini hampir mirip dengan fitur penerjemah suara, hanya saja Transcribe dilakukan secara real-time saat kamu melakukan percakapan dengan seseorang, geng.

Sayangnya, fitur ini belum mendukung untuk penggunaan bahasa Indonesia. Sementara, untuk pilihan bahasa lainnya tetap bisa digunakan.

Tapi, kalau kamu pandai berbicara bahasa Inggris, kamu bisa kok menggunakan fitur ini saat berbicara dengan bule dari negara dengan bahasa lainnya.

4. Penerjemah Offline

Nah, kalau yang satu ini pastinya jadi fitur yang kamu tunggu-tunggu di pembahasan kali ini, kan? Yap! Apalagi kalau bukan fitur penerjemah offline.

Fitur ini merupakan salah satu yang paling banyak diminati karena penggunaannya yang nggak merepotkan, dan membuat kamu bisa menerjemahkan kapan saja dan di mana saja.

Nah, buat kamu yang mau tahu bagaimana cara Google Translate Indonesia Inggris secara offline atau sebaliknya, mending langsung simak tutorial berikut ini.

Cara Menggunakan Google Translate Offline (Tanpa Koneksi Internet)

Cara menggunakan Google terjemah offline tanpa koneksi internet ini sebenarnya gampang banget, geng.

Namun, yang perlu ditekankan di sini adalah fitur terjemahan offline hanya bisa dilakukan lewat aplikasi Google Translate di perangkat smartphone saja.

Dan untuk melakukan ini pun nggak ada aplikasi khusus yang perlu kamu download lagi. Jadi, buat kamu yang mencari cara Google Translate offline PC atau ingin download Google Translate offline for PC, semuanya nggak bisa kamu lakukan, ya!

Nah, daripada kebanyakan basa-basi, mending langsung saja simak langkah-langkah cara menerjemahkan secara offline menggunakan Google Translate di bawah ini.

Langkah 1 - Download Google Translate

Google Translate 6.13.0.03.335515430
Apps Productivity Google
DOWNLOAD

Langkah 2 - Masuk ke menu Settings

Langkah 3 - Pilih & download bahasa

Langkah 4 - Google Translate offline bisa digunakan

Sudah selesai deh cara translate offline menggunakan Google Translate-nya! Gampang banget, kan?

Dengan Google terjemah offline, tentunya mempermudah kamu untuk melakukan penerjemahan berbagai bahasa tanpa harus terkoneksi internet, geng.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi pembahasan seputra fitur dan cara menggunakan Google Translate offline pada artikel kali ini, geng.

Lewat beragam fitur keren dan menarik yang ditawarkan oleh produk buatan Google satu ini, maka aktivitas translating pun jauh lebih mudah untuk dilakukan.

Tapi, saran Jaka sih kamu harus tetap menegcek hasil terjemahan yang diberikan, karena namanya mesin pasti ada saja salahnya. Meskipun begitu, kamu bisa kok pakai aplikasi ini buat belajar bahasa lain.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita

ARTIKEL TERKAIT

Cara Sadap HP dengan Smartphonelogs + Alternatifnya, Anti Ketahuan!

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop via Kabel USB dan WiFi, Tanpa Root

Anti Ribet! Begini 3 Cara Membuat Tanda Tangan di Word

Cara Menggunakan 2 WhatsApp Sekaligus di 1 HP, Ga Usah Beli HP Baru!

Cara Melacak Akun FB (Facebook) Palsu, Jangan Cuma Dibiarin Aja!

Cara Membuat Kuesioner di Google Form Terbaru | Gak Pakai Lama!

undefined
Kembali Keatas