Android Boros Baterai? Cek Aplikasi Apa Yang Menghabiskan Baterai Kamu!

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 27 Januari 2017, 10:00
Sering kesal karena baterai smartphone cepat habis walau sedang tidak digunakan? Nah, Jaka ada nih cara agar kamu bisa mengetahui aplikasi apa saja yang membuat baterai cepat habis.

Seiring semakin tingginya adaptasi smartphone Android, aplikasi baru pun terus membanjiri Google Play Store. Beberapa aplikasi memberikan kemudahan dan manfaat bagi penggunanya, tapi juga bikin boros baterai.

Baterai adalah nyawa smartphone. Smartphone dengan baterai yang cepat terkuras gara-gara aplikasi nakal, tentu jadi tidak maksimal. Makanya, ketahui aplikasi apa saja yang mengabiskan baterai smartphone kamu!

BACA JUGA
  • 12 Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik 2021, Sayangi Bateraimu!
  • 7 Jenis Aplikasi Android yang Wajib Dihapus dari HP Android Kamu

Kenapa Android Cepat Habis Baterai?

Saat tidak ada interaksi dengan pengguna, smartphone Android akan memasuki kondisi Deep Sleep. Deep Sleep adalah kondisi saat smartphone Android benar-benar berhenti mempekerjakan CPU, sehingga lebih hemat daya selagi tidak digunakan.

Namun, berkebalikan dengan Deep Sleep, Android juga memiliki kondisi yang disebut Wakelock. Wakelock adalah kondisi yang membiarkan aplikasi berjalan di background dalam CPU yang berjalan di frekuensi tinggi. Bahkan, membuat layar tetap menyala. Hasilnya baterai jadi boros, kuota cepat habis, bahkan rentan terjadi overheat walau sedang tidak digunakan.

Cara Mengetahui Aplikasi Penyebab Wakelock

Kondisi Wakelock yang disebabkan oleh suatu aplikasi sangatlah mengganggu, karena membuat baterai Android cepat habis walau tidak digunakan. Menyebalkan bukan? Untuk mengetahui apa saja yang menghabiskan baterai dan menyebabkan Wakelock, kamu bisa menggunakan aplikasi Wakelock Detector.

Wakelock Detector [Root] 2.0.1
Apps Productivity Smart Applications YE
DOWNLOAD

Itu dia cara mudah untuk mendeteksi aplikasi apa saja yang menyebabkan Wakelock sehingga mebuat baterai boros. Setelah tahu aplikasi apa saja yang boros baterai, kamu tinggal uninstall aplikasi tersebut. Jika tidak bisa di-uninstall, tinggal disable.

Namun, bila kamu ingin tetap menggunakan aplikasi tersebut tanpa menyebabkan baterai cepat habis, bisa pakai bantuan aplikasi Greenify jika Android kamu sudah di-root.

Greenify
Apps Developer Tools Oasis Feng
DOWNLOAD
MoboClean 3.0.1
Apps Cleaning & Tweaking UUsafe Inc.
DOWNLOAD

Jika ternyata Android kamu belum di-root tapi ingin merasakan kehebatan Greenify, kamu bisa gunakan aplikasi MoboClean untuk membatasi fungsi suatu aplikasi. Cara menggunakan MoboClean bisa kamu baca di Cara Dapat Akses Root Tanpa Perlu Root Android Kamu. Selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar Baterai atau artikel dari Epi Kusnara lainnya.

ARTIKEL TERKAIT

Cara Membuat Foto Tertusuk Pedang Goblin Dengan Aman Dan Mudah!

Earphone Berbahaya Bagi Telinga dan Otak! Begini Cara Mencegahnya

APPS TERKAIT
Wakelock Detector [Root] 2.0.1
Apps Smart Applications YE
MoboClean 3.0.1
Apps UUsafe Inc.
Greenify
Apps Oasis Feng
AppBlock - Stay Focused 1.0.2
Apps MobileSoft s.r.o.
undefined
Kembali Keatas