Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di HP, Dijamin Balik!

Ditulis oleh Jaka - Sabtu, 27 Juni 2020, 09:00
Aplikasi nggak sengaja jadi hilang dan ingin mengembalikan aplikasi yang terhapus? Yuk simak tips jitu cara mengembalikan aplikasi yang hilang di artikel ini.

Aplikasi menjadi daya tarik tersendiri yang mampu membuat smartphone menggeser kedudukan HP symbian dan sejenisnya ketika pertama kali dikeluarkan.

Keleluasaan untuk menambahkan dan menghapus berbagai macam program dan fitur yang diinginkan, membuat smartphone setiap orang terasa berbeda meskipun HP terbaik yang digunakan memiliki tipe yang sama.

Meskipun begitu, fitur ini bukan berarti tanpa celah. Sering kali terjadi ketidaksengajaan yang menyebabkan aplikasi tertentu terhapus dari smartphone.

Maka dari itu, penting sekali rasanya untuk para pengguna smartphone Andorid mengetahui bagaimana cara mengembalikan aplikasi yang terhapus secara sengaja maupun tidak dari HP mereka.

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Hilang

Aplikasi di dalam smartphone seolah bertindak sebagai fitur tambahan, di mana keberadaannya mampu membuat HP kamu menjadi lebih canggih lagi.

Selama memberikan efek positif aplikasi akan senantiasa dipertahankan oleh para pengguna di HP mereka, tetapi terkadang bisa juga dihapus karena membuat storage penuh dan sejenisnya.

Jika kamu terlanjur menghapus aplikasi dan tiba-tiba ingin menginstallnya kembali karena satu dan lain hal, kamu perlu tahu trik jitu cara mengembalikan aplikasi yang hilang di handphone kamu.

ADVERTISEMENT

Berikut ini dua cara alternatif yang bisa kamu ikuti untuk mengembalikan aplikasi yang terhapus di HP kamu, dan salah satunya bahkan tidak memerlukan koneksi internet.

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di HP via Play Store

Cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di HP Xiaomi, ASUS, dan merek lainnya memanfaatkan aplikasi bawaan yang hampir selalu ada di setiap handphone yaitu Play Store.

Selain bisa dimanfaatkan sebagai gerbang instalasi berbagai macam aplikasi menarik di HP kamu, Play Store juga menyimpan riwayat berbagai instalasi aplikasi yang kamu lakukan via aplikasi ini.

caar memanfaatkan fitur ini pun tergolong sangat mudah, dan berikut ini beberapa langkah yang bsia kamu ikuti untuk menerapkan metode yang pertama ini.

Cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus via Play Store ini membutuhkan koneksi internet karena pada dasarnya Play Store akan mengunduh ulang aplikasi tersebut.

Metode ini membutuhkan koneksi internet karena Play Store tidak menyimpan backup setiap aplikasi kamu di media penyimpanan, baik itu internal maupun eksternal.

Meskipun begitu, cara ini efektif untuk kamu yang secara tidak sengaja menghapus aplikasi dan kesulitan untuk mengingat apa nama aplikasi tersebut.

Untuk kamu yang ingin mengebalikan aplikasi yang terhapus tanpa internet, metode kedua bisa menjadi solusinya.

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus Tanpa Download

Cara mengembalikan aplikasi yang terhapus selanjutnya ini tidak memerlukan koneksi internet. Aplikasi ini akan menyimpan backup aplikasi yang kamu butuhkan di memory HP kamu.

Aplikasi yang satu ini mengubah file aplikasi yang terinstall di HP kamu menjadi file bakcup yang sewaktu-waktu bisa dipulihkan dengan beberapa langkah saja.

Kamu bisa melakukan backup secara manual maupun otomatis di aplikasi ini, tetapi Jaka sarankan untuk mengggunakan fitur backup manual untuk meminimalisir penggunaan memory di HP kamu.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat backup file via aplikasi App Backup & Restore yang nantinya bisa dipulihkan tanpa internet.

Download Aplikasi App Backup & Restore di sini!

App Backup and Restore

Setelah kamu berhasil menyimpan backup aplikasi penting yang diperlukan, jika suatu saat nanti aplikasi ini hilang bisa langsung kamu kembalikan melalui menu restore.

Berikut ini cara mengembalikan aplikasi yang terhapus setelah kamu membuat backup-nya terlebih dahulu pada aplikasi App backup & Restore.

Cara mengembalikan aplikasi yang hilang ini, mengharuskan kamu melakukan proses backup sebelumnya, jadi rajin-rajinlah melakukan backup aplikasi penting supaya nantinya bisa dikembalikan.

Akhir Kata

Itu dia beberapa cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di smartphone secara sengaja maupun tidak.

Dua cara yang Jaka paparkan sebelumnya memiliki karakteristik dan keunggulan mereka masing-masing, tinggal pilih metode mana yang paling cocok dengan keadaan kamu saat ini.

Semoga informasi yang Jaka bagikan kali ini berguna untuk kamu semua, dan sampai jumpa lagi di pembahasan-pembahasan selanjutnya.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT

10 Anti Virus Terbaik untuk PC dan Laptop, Dijamin Gratis dan Bikin Bersih!

10 Aplikasi Antivirus Android Terbaik Buat Smartphone Kamu

Cara Uninstall Banyak Aplikasi Bawaan 'Bloatware' Android Sekaligus

38 Aplikasi Penghasil Uang Resmi Terbaru 2022, Cepat Cair & Terdaftar di OJK!

10 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis 2020 | Android & iOS!

10 Aplikasi Belajar Online Gratis & Terbaik 2020, Makin Pintar di Rumah!

undefined
Kembali Keatas