13 Tips dan Cara Mengatasi Memori HP Penuh, Dijamin Ampuh!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Wednesday, 06 September 2023, 14:45
Tidak bisa instal aplikasi karena memori HP penuh? Tenang geng, Jaka kasih cara mengatasi memori HP penuh secara tiba-tiba, cekidot!

Cara mengatasi masalah memori HP penuh perlu banget kamu pelajari, geng. Pasalnya, terkadang memori internal smartphone milikmu bisa penuh meski kamu jarang menginstal aplikasi atau mengambil banyak foto/video.

Penyebab memori internal penuh memang beragam, mulai dari dokumen atau aplikasi yang terlalu banyak, atau bisa jadi karena virus yang menyerang. Sayangnya, nggak banyak yang tahu bagaimana cara mengatasi penyimpanan penuh ini.

Tetapi, tenang saja karena Jaka akan memberikan tips dan cara mengatasi memori penuh agar HP-mu nggak nge-lag. Yuk, simak!

Penyebab Memori HP Penuh

Sumber foto: Eraspace (ilustrasi memori HP penuh)

Banyak pengguna HP yang tidak mengerti kenapa memori HP cepat penuh. Tapi, memangnya apa yang membuat memori HP penuh? Jawaban paling valid tentu karena data yang tersimpan di HP sudah melewati batas kapasitas memori.

Biasanya, pabrikan smartphone mengeluarkan memori internal dengan kelipatan 4. Memori paling kecil saat ini adalah 32GB yang biasa ditemukan di smartphone entry-level. Sedangkan yang paling besar saat ini ada di angka 512GB pada HP kelas flagship.

Sebenarnya, isu ini bisa diatasi dengan menggunakan slot memori eksternal. Namun, zaman sekarang banyak HP Android dan iPhone yang tidak menggunakan fitur ini. Hasilnya, kita pun hanya bisa mengandalkan memori internal.

Penyebab habisnya memori HP sering terjadi karena hal-hal berikut:

ADVERTISEMENT
  1. Menginstal APK berukuran besar
  2. Merekam video dengan resolusi tinggi sehingga ukuran datanya jadi besar
  3. Hidden file atau cache jarang "dibersihkan"
  4. Penyimpanan media dari aplikasi chatting atau medsos masih otomatis

1. Selektif dalam menginstal aplikasi

Sumber foto: Istimewa (ilustrasi aplikasi/game dengan ukuran file besar)

Cara agar memori tidak penuh pertama adalah dengan selektif menginstal aplikasi. Seperti yang telah Jaka sebutkan di atas, penyebab utama penuhnya memori HP adalah ukuran file aplikasi yang terlalu besar. Apalagi jika kita bicara game-game kelas berat seperti Genshin Impact yang saat ini menyedot sekitar 17GB ruang penyimpanan.

Memang sangat sulit menahan diri untuk tidak instal game. Apalagi jika kamu orangnya memang hobi main game. Namun, setidaknya kamu bisa lebih selektif dalam memilih game.

Pastikan kamu tahu mana game yang benar-benar ingin kamu mainkan dan mana yang tidak. Soalnya, selain berpotensi menghabiskan storage, instal game berat juga bisa bikin kuota kamu tersedot.

2. Hapus aplikasi dan game yang tidak diperlukan

Sumber foto: Istimewa (ilustrasi aplikasi/game dengan ukuran file besar)

Bagaimana jika kamu terlanjur menginstal banyak APK/game kelas kakap yang ukuran datanya jumbo? Kalau sudah begini, ya tinggal kamu hapus saja APK/game yang kamu rasa tidak diperlukan.

Hal ini bisa dibilang jadi kebiasaan hampir semua pengguna HP. Merasa memori HP masih banyak, kita pun jadi terlena untuk instal banyak aplikasi. Padahal, ujung-ujungnya lebih banyak yang cuma jadi pajangan ketimbang benar-benar digunakan.

3. Matikan opsi update otomatis Google Play Store

Sumber foto: Istimewa (ilustrasi cara mematikan opsi update otomatis)

Untuk kamu pengguna HP Android, Google Play Store menyediakan fitur update APK otomatis. Fitur ini biasanya digunakan agar kita tidak perlu repot buka Google Play Store untuk melakukan update.

Sayangnya, hadirnya fitur ini juga bisa menjadi malapetaka, terutama saat memori HP kamu penuh. Kalau sudah begini, sebaiknya kamu matikan fitur update otomatis untuk mengatasi memori HP penuh, sehingga kamu bisa mengatur sendiri kapan kamu akan update.

4. Rutin bersihkan cache atau junk file

Sumber foto: Tips Bermanfaat (ilustrasi clear cache)

Nah, ini dia yang Jaka maksud sebagai ancaman "tak terlihat" yang bikin memori HP suka tiba-tiba penuh. Data-data ini bisa dikatakan sebagai sampah pada HP. Ukurannya memang sangat kecil, tapi jumlahnya juga masif sehingga bisa membuat memori HP membludak.

Tidak ada yang bisa dilakukan untuk menghindari dua sampah ini. Sebab, meski sudah dihapus, keduanya bisa tiba-tiba muncul lagi. Makanya, cara paling ampuh untuk mengatasi isu ini adalah dengan rutin membersihkannya. Kamu bisa melakukannya dengan cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi dengan panduan berikut ini:

  1. Buka menu Pengaturan.
  2. Masuk ke menu Apps
  3. Pilih aplikasi yang ingin kamu hapus cache-nya.
  4. Klik Clear Cache pada menu App Info.

5. Gunakan aplikasi cleaner dan antivirus

Sumber foto: Istimewa (ilustrasi aplikasi clear cache)

Selain dengan cara manual, kamu juga bisa menghapus cache dan junk file di HP secara otomatis, geng. Caranya adalah dengan menginstal aplikasi cleaner atau antivirus.

Tak hanya membersihkan sampah, beberapa aplikasi cleaner juga berfungsi untuk banyak hal, geng. Misalnya seperti membersihkan RAM HP biar bisa digunakan untuk multitasking.

Nah, Jaka merekomendasikan kamu untuk instal aplikasi cleaner seperti CCleaner for Android. Cek link download-nya di bawah ini, geng!

CCleaner for Android 1.18.69
Apps Cleaning & Tweaking Piriform
DOWNLOAD

6. Hapus foto dan video yang tidak diperlukan

HP zaman sekarang biasanya punya kamera canggih yang resolusinya besar. Kualitas kamera dan hasil foto yang bagus pun sering membuat kita terlena untuk foto-foto tanpa mikirin memori yang tersisa.

Ingat, makin besar resolusi kamera, ukuran gambar dan file-nya pun makin besar. Apalagi kalau kamu menggunakan banyak efek seperti night mode.

Jangan lupa juga, video bisa jadi sumber masalah habisnya memori HP kamu. Terutama buat kamu yang suka main TikTok atau Instagram Stories. Kamu pun pasti bakal lebih sering menyimpan video di HP.

Kalau sudah begini, cara yang harus kamu lakukan sama dengan treatment pada junk file atau cache. Coba cek galerimu untuk menyisir foto atau video berukuran besar yang tidak diperlukan lagi, lalu menghapusnya.

7. Backup file ke Google Drive atau PC/laptop

Sebenarnya ada cara mengatasi memori HP penuh lain yang bisa jadi opsi terbaik. Ketimbang menghapus file APK, foto, atau video, kamu masih bisa memindahkannya atau backup ke wadah lain.

Wadah yang dimaksud bisa jadi Google Drive atau PC/laptop yang kamu punya. Jaka paling sarankan untuk backup ke Google Drive karena artinya kamu tidak perlu repot-repot melakukan hal yang sama jika nanti memori PC/laptop kamu penuh.

Namun, menyimpan di Google Drive juga punya kekurangan. Dengan memindahkan HP ke Drive yang notabene adalah cloud storage, itu berarti kamu akan menggunakan kuota internet.

Meski begitu, menyimpan di Google Drive sangat penting manfaatnya. Selain membuat HP kamu jadi lebih lega, kamu bisa mengakses data yang kamu backup di mana saja dan kapan saja!

8. Matikan auto-download media di WA

Nah, ini dia sang biang kerok yang bikin memori HP kamu suka penuh tanpa peringatan. Sama seperti fitur auto update di Google Play Store, fitur di WA ini membuat kamu otomatis download media yang dikirimkan di WA.

Satu-satunya jalan adalah dengan mematikan fitur download otomatis tersebut. Memang agak merepotkan untuk download satu per satu media yang dikirimkan. Namun, positifnya kamu bisa memilih konten mana yang penting dan tidak.

9. Hapus data YouTube

Selain WA, YouTube juga bisa menjadi sumber masalah memori HP yang cepat penuh. YouTube memang menyediakan fitur offline untuk menghemat kuota streaming. Akan tetapi, fitur ini justru membuat masalah baru karena menambah file berukuran besar di HP.

Masalah ini akan sangat menyebalkan jika video offline YouTube yang kamu simpan berkualitas HD 1080p. Maka dari itu, kamu juga harus rajin mengecek video mana yang kamu anggap tidak penting lagi, lalu menghapusnya. Berikut cara menghapus data video offline di YouTube:

  1. Buka APK YouTube.
  2. Buka menu Profil.
  3. Buka Setelan > Unduhan > Hapus Unduhan.

10. Lebih baik streaming!

Cara mengatasi memori HP penuh selanjutnya adalah dengan memprioritaskan kebutuhan. Jika kamu sedang punya masalah pada memori HP yang penuh, artinya akan lebih bijak jika kamu streaming video atau musik ketimbang mengunduhnya.

Dengan cara ini, kuota internet kamu memang lebih cepat habis. Namun, ingat, prioritasmu saat ini adalah mengurangi memori pada HP. Jadi, tentu streaming adalah solusi terbaik ketimbang mengunduh konten.

11. Menghapus aplikasi bloatware

Bloatware atau aplikasi bawaan pada HP bisa jadi sebuah momok yang menyebalkan. Sebab, jumlah bloatware pada HP terbilang banyak. Masalahnya lagi, mayoritas di antaranya punya fungsi yang nirfaedah.

Pertanyaannya, apakah kita bisa menghapus aplikasi bawaan pada HP? Biasanya, APK seperti ini memang tidak benar-benar bisa dibasmi dari HP. Namun, ada beberapa cara untuk mengakalinya, setidaknya mengurangi beban memori pada HP.

Untuk cara menghapus aplikasi bloatware selengkapnya, cek panduannya pada artikel di bawah ini, geng!

Cara Hapus Aplikasi Bawaan Di HP Android Tanpa Perlu Root, Bisa Tanpa Aplikasi Tambahan
Bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan di HP Android tanpa root? Berikut tips hapus bloatware atau aplikasi bawaan di HP, ampuh!
LIHAT ARTIKEL

12. Menggunakan memori eksternal

Cara mengatasi memori HP penuh yang satu ini sebenarnya dulu menjadi cara terbaik. Namun, sekarang banyak HP Android dan iPhone yang tidak menyematkan slot memori eksternal sehingga kita hanya bisa mengandalkan memori internal.

Kalau kamu beruntung punya HP yang masih menyediakan slot memori eksternal, manfaatkanlah teknologi tersebut secara bijak. Jaka sarankan kamu beli microSD yang ukurannya minimal 1TB biar nggak cepat kehabisan memori.

13. Factory reset

Kalau kamu nggak mau repot atau nggak punya waktu buat sortir file, cara termudah sebenarnya adalah dengan melakukan factory reset. Namun, cara mengatasi memori HP penuh ini adalah cara pamungkas saat alternatif lain sudah tidak efektif lagi.

Dengan factory reset, HP kamu akan kembali ke setelan pabrik sehingga semua data yang ada di dalamnya akan terhapus. HP-nya memang terasa seperti HP baru. Tapi ingat, semua data yang ada di HP akan terhapus sehingga kamu lebih baik backup terlebih dahulu.

Untuk cara factory reset di HP, kamu nggak perlu repot-repot menginstal APK third party. Ikuti saja cara-cara di bawah ini:

  1. Buka menu pengaturan HP.
  2. Pilih opsi About atau Tentang.
  3. Cari dan pilih menu Setelan pabrik atau Factory reset.

Cara Mengatasi Memori HP Penuh Versi Tim JalanTikus

  1. Selektif dalam menginstal aplikasi
  2. Hapus aplikasi/game yang tidak diperlukan
  3. Matikan opsi update otomatis Google Play Store
  4. Rutin bersihkan cache atau junk file
  5. Gunakan aplikasi cleaner dan antivirus
  6. Hapus foto dan video yang tidak diperlukan
  7. Backup file ke Google Drive atau PC/laptop
  8. Matikan auto-download media di WA
  9. Hapus data YouTube
  10. Lebih baik streaming
  11. Menghapus aplikasi bloatware
  12. Menggunakan memori eksternal
  13. Factory reset

Akhir Kata

Itulah pembahasan mengenai cara mengatasi memori HP penuh terlengkap dan termudah 2023. Dengan begini, kamu pun jadi tidak perlu khawatir lagi saat kehabisan memori internal karena kamu sudah bisa menghindari dan mengatasinya!

Sebenarnya, ada cara lain untuk mengatasi memori HP penuh yang lebih "pamungkas" yakni dengan root. Sayangnya, opsi ini sangat berisiko karena membuat HP-mu kehilangan garansi.

Semoga artikel Jaka kali ini membantu kalian ya. Sampai berjumpa di artikel selanjutnya!

Baca artikel dan berita menarik dari JalanTikus lainnya di Google News

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Frieda Isyana

ARTIKEL TERKAIT
Kembali Keatas