Cara Mengatasi HP Android Lemot Hanya Dalam 5 Menit!

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 06 Juni 2018, 17:00
Smartphone Android yang sudah berumur tentunya akan mengalami pengurangan performa menjadi lebih lambat. Nah untuk memperbaikinya, begini cara mengatasi hp lemot hanya dalam 5 menit saja!

Nggak bisa dipungkiri, Android menjadi sistem operasi mobile yang paling banyak digunakan di seluruh dunia mengalahkan iOS. Sama seperti teknologi lainnya, smartphone Android lama-kelamaan akan mengalami penurunan performa.

Tapi tenang saja, kamu bisa dengan mudah memperbaikinya loh! Berikut adalah cara mengatasi HP Android lemot hanya dalam 5 menit saja!

BACA JUGA
  • 100% WORKS! 10 Aplikasi Android Penghasil Uang Terbaru 2018
  • Praktis dan Mudah! Convert Word ke PDF Terbaik dan Cara Menggunakannya
  • 20 Aplikasi Edit Video di Android, iOS, & PC Terbaik 2022 dengan Fitur Terlengkap!

Begini 5 Cara Mengatasi HP Lemot Hanya Dalam 5 Menit dengan Mudah

HP Android pastinya akan dipenuhi dengan berbagai aplikasi yang membuat performanya bakal semakin melamban dari waktu ke waktu. Apalagi jika kamu jarang melakukan maintenance alias perawatan.

Dilansir dari Tom's Guide, berikut adalah 5 cara mengatasi HP lemot hanya dalam 5 menit saja! Tentunya dengan cara mudah dan dapat langsung kamu lakukan.

1. Membersihkan Cache

Sebenarnya apa itu cache? Secara sederhana cache merupakan data yang disimpan sementara pada sistem penyimpanan internal smartphone. Cache akan mencatat segala aktivitas yang digunakan pada sebuah aplikasi Android.

Apa Itu Cache?
Apa itu cache? Kenapa bisa sampai bikin HP lemot? Yuk, cari tahu penjelasannya di sini sekaligus cara menghapus cache yang bikin HP lemot!
LIHAT ARTIKEL

Nah nyatanya data-data yang berukuran kecil namun berjumlah banyak ini sudah cukup untuk membuat HP menjadi lemot loh.

Maka dari itu kamu harus membersihkan cache yang tersimpan dalam smartphone Android dengan cara sebagai berikut.

2. Menonaktifkan Animasi

Untuk beberapa perangkat Android lawas, animasi yang ditampilkan pada layar membuat performa smartphone melambat karena mengharuskan melakukan banyak proses.

Dibanding kamu harus memaksakan menampilkan animasi, lebih baik kamu menonaktifkannya untuk mengatasi HP lemot semakin menjadi-jadi. Berikut cara mudahnya.

3. Uninstall Bloatware

Tak jarang smartphone Android yang bahkan baru kamu beli sekalipun sudah memiliki banyak bloatware alias pre-installed apps yang mungkin kurang berguna bagi kamu. Sebenarnya kamu bisa saja menghapus aplikasi bloatware seperti ini loh.

Cara Uninstall Banyak Aplikasi Bawaan 'Bloatware' Android Sekaligus
Setiap Android pasti punya bloatware yang menggangu. Inilah cara mudah untuk menghapus semua aplikasi bawaan sistem Android yang tidak penting.
LIHAT ARTIKEL

Dibanding membuat HP Android lemot, kamu bisa menonaktifkan hinggan uninstall bloatware di Android dengan cara sebagai berikut.

4. Menghapus Widget

Smartphone Android pun menyediakan berbagai widget yang bakal mempermudah kamu dalam mengakses sebuah aplikasi. Widget dapat kamu letakkan pada homescreen dan dapat kamu akses dengan cepat.

Namun jika kamu menginginkan performa smartphone Android semakin cepat, kamu bisa menghapus dan menonaktifkan sebagian widget yang nggak diperlukan.

5. Mengoptimalkan Google Chrome

Sistem operasi Android yang kini dikembangkan oleh Google membuat para penggunanya tentu menggunakan Google Chrome sebagai aplikasi browser bawaan yang memang disediakan.

10 Cara Mempercepat Koneksi Internet Google Chrome Di PC
Saat ini, Google Chrome merupakan browser yang paling banyak digunakan di dunia. Pasalnya, Google Chrome memang cukup baik sebagai browser andalan, karena browser tersebut tidak memakan banyak ruang di harddisk maupun SSD.
LIHAT ARTIKEL

Selain performa HP Android selama penggunaan, kamu juga wajib memperhatikan kemampuannya selama berselancar di dunia maya.

Nah berikut adalah cara mengatasi HP lemot saat sedang menggunakan Google Chrome di Android yang tentunya juga bakal menghemat kuota internet kamu.

Akhir Kata

Nah begitulah cara mengatasi HP lemot dengan mudah hanya dalam waktu 5 menit seperti dilansir dari Tom's Guide. Apakah kamu punya tips dan trik lainnya untuk mengatasi masalah seperti ini? Yuk share pada kolom komentar di bawah!

Baca juga artikel seputar Android atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT

5 Item Termahal di PUBG yang Cuma Bisa Dibeli Kalo Kamu Keturunan Sultan

Tidak Butuh Laptop, Kamu Bisa Jadi Programmer Andal Hanya Dengan Smartphone

5 Fitur Canggih ASUS ROG Phone, HP Gaming Sesungguhnya!

Ini 5 Bugs WhatsApp Paling Mengganggu! Pernah Ngalamin?

23 Aplikasi Pemutar Musik Terbaik 2018 (Android dan PC)

APPS TERKAIT
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
PUBG Mobile (Player Unknown Battleground) 0.17.0
Games Tencent Mobile International Ltd.
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
undefined
Kembali Keatas