Gak Usah Panik! Ini Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 Termudah

Ditulis oleh Jaka - Senin, 11 Januari 2021, 14:30
Laptop kamu sering mengalami blue screen yang sangat mengganggu? Simak penyebab dan cara mengatasi blue screen Windows 10 berikut ini! Mudah, kok!

Laptop kamu tiba-tiba hang dan layarnya berubah menjadi biru? Tenang! Ada beberapa cara mengatasi blue screen Windows 10 yang akan Jaka bahas di artikel kali ini.

Berbicara soal blue screen, error ini sering kali muncul secara tiba-tiba sehingga membuat penggunanya tak memiliki waktu untuk menyimpan data terlebih dahulu.

Hal ini tentunya menjadi sebuah masalah yang sangat mengganggu buat siapapun, sehingga tidak sedikit orang yang mencari cara untuk mengatasi masalah ini.

Tapi jangan khawatir! Soalnya kali ini Jaka bakal kasih tahu kamu beberapa cara mengatasi blue screen Windows 10 paling ampuh.

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 dengan CMD

Bagi kamu yang masih awam dengan fitur-fitur pada perangkat PC mungkin mengatasi masalah blue screen Windows 10 ini akan sangat sulit untuk dilakukan.

Untungnya, sistem operasi Windows dibekali oleh sebuah program bernama Command Prompt atau biasa disebut CMD.

Lewat program ini kamu bisa menggunakan perintah SFC Scannow yang berguna untuk memeriksa sekaligus memperbaiki file sistem yang rusak secara menyeluruh, termasuk kondisi blue screen.

ADVERTISEMENT

Untuk melakukannya kamu bisa ikuti langkah-langkah selengkapnya dari Jaka berikut ini.

  1. Ketikkan keyword CMD di kolom pencarian Windows 10.

  2. Klik kanan pada Command Prompt dan pilih Run as administrator.

  3. Pilih tombol Yes jika muncul jendela User Account Control

  1. Ketikkan perintah CMD sfc/scannow, lalu tekan Enter.
  1. Restart laptop.

Jika ternyata laptop kamu masih mengalami blue screen, mungkin kamu bisa coba cara lainnya di bawah ini.

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 Tanpa Instal Ulang

Buat kamu yang malas menginstal ulang Windows, ada lho beberapa cara alternatif untuk mengatasi blue screen Windows 10 Asus, Acer, maupu Lenovo tanpa instal ulang.

Penasaran mau tahu gimana caranya? Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

1. Bersihkan RAM PC atau Laptop

Percaya atau nggak, di banyak kasus blue screen yang terjadi pada perangkat PC ataupun laptop sebagian besar disebabkan oleh adanya masalah pada RAM.

RAM memang menjadi salah satu komponen yang mudah mengalami eror terutama jika umur pemakaiannya sudah lama. Padahal, komponen penting satu ini yang berfungsi untuk membaca, menyimpan data sementara, dan berbagai instruksi program.

Oleh karena itu, perannya yang sangat penting tersebut membuat penggunanya harus turut memperhatikan kebersihan dari RAM itu sendiri.

Cara untuk membersihkannya pun sangat gampang sekali, kamu hanya perlu menggosok bagian logam kuning RAM menggunakan penghapus.

Tapi, jika laptop masih mengalami blue screen meskipun komponen RAM sudah dibersihkan, maka solusi akhirnya adalah kamu harus menggantinya dengan RAM baru.

2. Berhenti Overclocking PC

Buat kamu yang ngaku anak PC pasti sudah tahu dong dengan istilah overclock yang mengacu kepada cara untuk membuat suatu perangkat bisa berjalan di kecepatan yang lebih tinggi?

Meskipun mampu membuat kinerja PC lebih tinggi dari biasanya, tapi overclock berisiko menyebabkan perangkat sistem menjadi nggak stabil sampai rusaknya komponen PC.

Bukan nggak mungkin kalau hal itu juga membuat laptop kamu mengalami blue screen lho, geng. Biasanya kode yang muncul pada masalah ini yaitu CLOCK-WATCHDOG-TIMEOUT.

Oleh karena itu untuk mengatasi masalah blue screen, kamu bisa coba berhenti melakukan overclocking pada laptop atau PC.

Overclocking sendiri sebenarnya sah-sah saja asalkan jangan sampai memaksakan clockspeed melewati limit yang bisa kamu perkirakan.

3. Instal Ulang Driver VGA

Selain masalah RAM, driver VGA juga seringkali membuat PC atau laptop dengan sistem operasi Windows 10 mengalami blue screen.

Hanya saja, dalam kasus ini biasanya terjadi karena disebabkan oleh masalah kompatibilitas atau penginstallan driver VGA yang gagal atau belum berhasil.

Masalah blue screen yang disebabkan oleh kesalahan VGA sendiri biasanya ditandai dengan kode eror seperti VIDEO_TDR-ERROR, VIDEO-DRIVER-INIT-FAILURE, VIDEO_SCHEDULER-INTERNAL_ERROR, dan lain-lain.

Untuk mengatasi blue screen dengan kode eror semacam ini kamu bisa coba hapus driver VGA lama lewat Safe Mode kemudian instal kembali driver VGA.

Buat kamu yang nggak tahu mengenai cara untuk masuk ke Safe Mode Windows 10, kamu bisa baca artikel Jaka mengenai cara masuk Safe Mode Windows 10.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan update driver VGA ke versi yang paling baru, geng.

4. Cek Menggunakan Troubleshoot

Pada setiap laptop atau PC Windows 10, ada sebuah fitur bernama Troubleshoot yang berfungsi untuk mencari tahu dan memperbaiki error-error secara otomatis.

Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk mencari tahu apakah ada error yang menyebabkan laptop mengalami blue screen, sekaligus memperbaikinya hanya dengan beberapa klik saja.

Untuk mengakses fitur Troubleshoot, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Control Panel.

  2. Klik System and Security, kemudian pilih Security and Maintenance.

  3. Klik opsi Maintenance, lalu klik Start maintenance.

5. Update Sistem Windows 10

Sama seperti perangkat smartphone, laptop kamu juga perlu melakukan update sistem untuk memperbaiki bug yang mungkin menjadi penyebab laptop Windows 10 mengalami blue screen.

Bukan hanya permasalahan blue screen, update sistem juga sangat penting dilakukan secara rutin untuk menjaga performa Windows 10 kamu agar tetap nyaman digunakan.

Caranya gampang banget, kok! Kmau bisa ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini:

  1. Buka program Settings Windows 10.

  2. Pilih menu Update & Security.

  3. Klik tombol Check for updates.

Install Ulang Windows 10

Jika cara-cara di atas masih belum bisa mengatasi blue screen Windows 10, solusi terakhir yang bisa kamu coba adalah dengan menginstall ulang windows 10 di PC atau laptop.

Meskipun cara ini sedikit lebih rumit terutama buat kamu yang belum pernah melakukannya, tapi artikel Jaka mengenai cara install ulang Windows 10 mungkin bisa membantu kamu untuk melakukan setiap langkah-langkahnya.

Install ulang OS sepertinya menjadi cara ampuh mengatasi blue screen Windows 10 yang bisa kamu lakukan saat sudah nggak ada cara lain untuk memperbaikinya nih, geng.

Cara Install Windows 10 Dengan Flashdisk | Lengkap Dengan Gambar!
Cara install Windows 10 dengan flashdisk beserta panduan gambarnya. Bisa dipakai di laptop ASUS, Lenovo, Dell, dan lainnya.
LIHAT ARTIKEL

Macam-Macam Kode Error Blue Screen Windows 10

Saat laptop atau komputer Windows 10 mengalami blue screen, biasanya akan muncul kode error yang menjadi pemicunya. Ini berfungsi agar pengguna lebih mudah saat ingin mencari tahu info penyebab dan cara mengatasinya di internet.

Karena dengan begitu, kamu hanya perlu mengetikkan stop code alias kode error tersebut pada halaman pencarian Google. Adapun, beberapa kode error Blue Screen of Death (BSOD) Windows 10 yang paling sering muncul adalah seperti yang ada di bawah ini:

Akhir Kata

Nah, itu tadi beberapa cara mengatasi blue screen Windows 10 paling mudah yang bisa kamu lakukan saat ini.

Sebenarnya buat kamu para pengguna Windows 7 ataupun 8, cara-cara di atas juga masih bisa kamu kamu ikuti, kok! Hanya saja, mungkin ada sedikit perbedaan pada keberadaan letak menu atau program-nya.

Tapi, kalau cara-cara di atas masih belum bisa mengatasi masalah blue screen, maka alternatif terakhir yang harus kamu lakukan adalah membawanya ke tempat servis.

Baca juga artikel seputar Windows 10 atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT

Microsoft Resmi Rilis Windows 10X, Apa Bedanya dengan Windows 10?

Cara Aktivasi Windows 10 di PC / Laptop Secara Permanen | Mudah!

25+ Aplikasi Edit Video di Laptop Gratis Terbaik 2022, Ringan & Banyak Fitur!

3 Cara Mengatasi Lupa Password Windows 10 dengan Mudah, Anti Ribet!

Mouse Rusak dan Tidak Berfungsi di Windows 10? Coba Cara Ini Untuk Mengatasinya!

Cara Upgrade Windows 7 ke Windows 10 Resmi, Masih Bisa Upgrade Gratis?

undefined
Kembali Keatas