7 Cara Ampuh Mengatasi Baterai HP Android Bocor

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 29 Agustus 2018, 16:00
Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan baterai smartphone kamu menjadi bocor. Mulai dari pengisian yang tidak dilepas saat baterai penuh, mencharger dengan charger palsu, dan masih banyak lagi tentunya.

Jika kamu pernah mengalami hal menyebalkan seperti smartphone yang tiba-tiba mati dengan sendirinya maka bisa jadi smartphone-mu telah mengalami kebocoran baterai. Hal ini tentu menjadi sesuatu yang sangat menjengkelkan apalagi ketika kamu sedang asik-asiknya memainkan smartphone.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan baterai smartphone kamu menjadi bocor. Mulai dari pengisian yang tidak dilepas saat baterai penuh, mencharger dengan charger palsu, dan masih banyak lagi tentunya.

Nah, kali ini Jaka akan memberikan 7 Cara Ampuh Mengatasi Baterai HP Android Bocor. Penasaran kan apa aja cara jitunya? Yuk langsung simak aja deh artikel berikut ini.

BACA JUGA
  • Awas! 5 Hal Ini Paling Rawan Membuat Baterai Smartphone Meledak, No. 5 Paling Sering!
  • Cara Mengecek Aplikasi Boros Baterai di Android Tanpa ROOT
  • 4 Teknologi yang Dapat Membuat Baterai Smartphone Tahan Seumur Hidup

7 Cara Ampuh Mengatasi Baterai HP Android Bocor

1. Mengganti Baterai

Meski membutuhkan biaya yang cukup mahal, namun mengganti baterai merupakan solusi paling ampuh untuk mengatasi baterai kamu yang bocor. Namun, jika kamu smartphone kamu memakai baterai tanam, maka kamu harus berhati-hati dalam menggantinya karena diperlukan usaha yang ekstra dan detail. Jadi, sebaiknya kamu menggantinya di service senter resmi dari smartphone kamu.

2. Jangan Lagi Memainkan Smartphone Saat Mengisi Baterai

Memainkan smartphone saat sedang mengisi baterai memang sangat membahayakan karena dapat membuat smartphone panas. Selain itu, cara tersebut juga dapat merusak baterai dan melakukan pengisian lebih lama. Jadi, usahakan agar kamu dapat mengisi baterai smartphone kamu tanpa disentuh atau dimatikan agar lebih cepat dan dapat memperpanjang umur baterai kamu.

3. Men-charge dengan Charger Asli

Charger asli merupakan charger resmi yang pastinya akan aman jika digunakan pada smartphone kamu. Namun sebaliknya, jika kamu memakai charger palsu atau abal-abal maka smartphone kamu akan cepat panas dan baterai kamu juga akan cepat rusak atau bocor.

4. Jangan Menggunakan Aplikasi yang Dapat Merusak Smartphone

Sering kali kita akan mengunduh aplikasi secara ilegal karena aplikasi yang ingin kamu download tidak ada di Google Play Store. Hal ini sebenarnya sangat berbahaya karena bisa jadi situs yang kamu buat untuk download aplikasi tersebut akan membawa virus yang tentunya dapat membahayakan smartphone kamu.

5. Jangan Membiarkan HP Mati Total

Jika kamu membiarkan HP kamu mati total atau sampai mencapai 0%, maka kamu harus menghentikannya mulai dari sekarang. Sebaiknya, kamu harus mencharger saat baterai kamu sudah mencapai 20% agar baterai kamu lebih awet dan tidak mudah habis.

ADVERTISEMENT

6. Jangan Bermain Game Sambil Men-charge

Jika kamu sering bermain game sambil mencharger, hal itu akan membuat smartphone kamu cepat panas sehingga dapat merusak baterai dan smartphone kamu. Selain itu, pengisian baterai juga menjadi sangat lambat, bahkan beberapa kasus juga mengatakan bahwa ada smartphone yang meledak saat dimainkan sambil di-charge.

7. Memakai Power Bank

Jika baterai kamu sering terkuras dengan sangat banyak, hal yang dapat kamu lakukan yaitu membawa Power Bank saat kamu bepergian. Dengan hal tersebut, maka kamu tidak perlu khawatir smartphone kamu mati karena kamu dapat menchargenya melalui Power Bank jika tidak menemukan colokan listrik.

Akhir Kata

Nah, itulah 7 Cara Ampuh Mengatasi Baterai HP Android Bocor. Jika ada cara lain, silakan tulis di kolom komentar dan bagikan juga artikel ini ke teman, kerabat, keluarga, dan media sosial kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

5 Game Android Ini Diciptakan untuk Kamu yang BODOH!

23 Game Offline Android Terbaik 2022, Gameplay Menarik & Grafik HD!

15 Game Android Terbaru dan Terbaik 2020 | Dijamin Ketagihan!

5 Game Online Android Dengan Player Terbanyak 2018

10+ Game Android Terbaik dan Terpopuler 2018, Wajib Download!

10 Game Strategi Terbaik Khusus Android 2018

APPS TERKAIT
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
YouTube Gaming 1.1.20.3
Apps Google Inc.
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Chrome Browser 81.0.4044.138
Apps Google
undefined
Kembali Keatas