Cara Mengaktifkan Dark Mode di HP Android dan iPhone, Auto Hemat Baterai!

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 19 November 2019, 18:00
Salah satu trend di smartphone saat ini adalah fitur Dark Mode yang disematkan pada update OS terbaru di Android dan iPhone. Berikut adalah cara mengaktifkan Dark Mode pada HP Android dan iPhone

Selama beberapa bulan ini, Google terus mempromosikan salah satu fitur terbarunya yang bernama Dark Mode kepada khalayak.

Sesuai namanya, Dark Mode bakal membuat tema di HP-mu menjadi lebih gelap. Fitur satu ini merupakan fitur bawaan dari update sistem operasi Android 9.0 dan iOS 13.

Nggak cuma Android, Apple juga punya fitur Dark Mode, geng. Bahkan, fitur Dark Mode pada iPhone katanya lebih canggih dari pada di Android.

Manfaat Mengaktifkan Dark Mode

Warna tema HP Android dan iPhone yang didominasi warna putih selama ini sudah melekat di pikiran kamu. Nah, Dark Mode bakalan bikin tampilan HP kamu seperti baru, geng.

Dengan mengaktifkan fitur Dark Mode, tema di HP-mu akan berubah menjadi warna hitam dan tampak lebih keren. Nggak hanya tema, bahkan menu slider, user interface, hingga beberapa aplikasi juga ikut berubah warna.

Selain bikin HP makin cakep, tentunya produsen-produsen HP juga telah memperhitungkan mengenai manfaat yang bisa pengguna rasakan dari fitur ini, dong.

Menurut Google, Dark Mode bisa bikin konsumsi baterai kamu menjadi semakin irit. Hal ini dikarenakan layar ponsel nggak perlu menerangi bagian yang berwarna gelap.

ADVERTISEMENT

Warna latar yang berwarna hitam bakal meminimalisir kerja HP kamu sehingga kamu bisa menggunakan HP kamu dengan lebih lama.

Fitur Dark Mode bakal sangat efektif digunakan oleh HP-HP yang sudah menggunakan panel layar AMOLED. Panel ini terkenal lebih irit daya, namun lebih terang dari panel IPS.

Cara Mengaktifkan Dark Mode whatsapp Android

Terdapat 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan Dark Mode di HP-mu. Pilihlah cara yang sesuai dengan kondisi HP-mu saat ini ya, geng.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Android 9.0 (Pie)

Cara pertama ini bisa kamu lakukan kalau HP Android kamu sudah menggunakan sistem operasi minimum Android 9.0 atau Android Pie.

Langkah 1 - Buka Menu Settings

Langkah 2 - Mengaktifkan Dark Mode

Langkah 3 - Selesai

Kamu telah berhasil mengaktifkan fitur Dark Mode di HP Android-mu.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di HP Android dengan Aplikasi Launcher

Kalau kamu ingin mengaktifkan fitur Dark Mode namun HP kamu belum memakai sistem operasi Android 9.0, kamu nggak perlu khawatir, geng.

Dengan menggunakan aplikasi Launcher, kamu tetap bisa mengubah tema HP-mu menjadi gelap. Dalam tutorial ini, Jaka bakal menggunakan aplikasi Nova Launcher.

Langkah 1 - Download dan Install Nova Launcher

Nova Launcher for Android 6.2.9
Apps Browser TeslaCoil Software
DOWNLOAD

Langkah 2 - Mengaktifkan Dark Mode Melalui Nova Launcher

Langkah 3 - Selesai

Selamat! Kamu telah berhasil mengaktifkan fitur Dark Mode pada HP Android-mu dengan menggunakan aplikasi Nova Launcher.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di iPhone

Kalau kamu adalah seorang pengguna iPhone, nggak perlu khawatir, geng. Jaka juga bakal kasih tahu kamu tips bagaimana cara mengaktifkan Dark Mode di iPhone.

Namun, perlu kamu ingat bahwa fitur Dark Mode baru bisa kamu aktifkan apabila sistem operasi iPhone kamu sudah di-update menjadi iOS 13 terlebih dahulu.

Langkah 1 - Buka Menu Settings

Langkah 2 - Mengaktifkan Dark Mode pada iPhone

Langkah 3 - Selesai

Kamu telah berhasil mengetahui cara bagaimana mengaktifkan fitur Dark Mode pada iPhone dengan iOS 13.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai cara mengaktifkan fitur Dark Mode pada HP Android dan iPhone-mu. Nggak cuma bikin tampilan keren, Dark Mode juga dijamin bikin baterai kamu makin irit, geng!

Sampai jumpa lagi di artikel Jaka berikutnya!

Baca juga artikel seputar Dark Mode atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT

5 Alasan Kenapa Dark Mode di iOS Lebih Canggih dari Android, Harga Gak Bohong!

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menggunakan Fitur Dark Mode di HP | Bisa Mencegah Insomnia?

7 Fitur Baru yang Hadir di MIUI 11 | Bisa Pakai Dark Mode di Semua Aplikasi?

7 Fitur yang Segera Tiba di WhatsApp | Dark Mode Siap Meluncur?

Cara Mengaktifkan WhatsApp Dark Mode di HP Android & iOS, Cukup Sekali Klik!

undefined
Kembali Keatas