8 Cara Mendapatkan Uang dari Wattpad, Bisa Jadi Penulis Sukses!

Ditulis oleh Puput Hadiningrat - Thursday, 13 April 2023, 20:00
Begini cara mendapatkan uang dari Wattpad yang bisa membuatmu jadi penulis sukses. Contek caranya di sini!

Jika kamu adalah seorang penulis pemula, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan paltform bernama Wattpad. Yap, platform ini bisa mewadahi karya tulismu, ketimbang membiarkannya tersimpan tanpa pernah dibaca di laptop.

Platform yang dirilis pada tahun 2006 di Kanada ini memang surganya cerita bersambung, artikel, puisi, cerpen, dan tulisan-tulisan lainnya, geng. Ribuan judul cerita romantis hingga cerita Wattpad sedih sudah tersaji di sini.

Dengan jutaan pembaca setiap harinya, maka situs ini bisa banget kamu jadikan sebagai sumber penghasilan yang menguntungkan, loh. Maka dari itu, kali ini Jaka akan menjelaskan beberapa cara yang bisa kamu coba untuk memperoleh penghasilan dengan menulis cerita di Wattpad.

Simak sampai habis, ya!

1. Tulis Wattpad Paid Stories

Wattpad merupakan salah satu aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang, yaitu melalui fitur Paid Story. Dengan fitur ini, kamu bisa memaksa pembaca untuk membayar demi melanjutkan membaca konten yang kamu publikasikan berikutnya (biasanya cerita bersambung).

Untuk mencoba cara menghasilkan uang dari Wattpad yang satu ini, kamu sudah harus memiliki pembaca yang cukup banyak disertai kualitas tulisan yang bagus sehingga banyak pembaca yang tertarik dengan ceritamu.

Untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai cara pendaftarannya, kamu bisa klik halaman resminya di sini.

ADVERTISEMENT

2. Gunakan Patreon

Patreon telah menjadi pilihan utama bagi banyak content creator di berbagai platform daring untuk mendapat uang dari penggemar karya-karya mereka. Nah, sebagai penulis kamu juga dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan uang di Wattpad.

Nantinya, pembaca akan mendapatkan konten tanpa batas dengan membayar langganan bulanan. Cara menggunakan patreon di wattpad pun sangatlah mudah, semuanya bisa kamu atur sesuai keinginanmu.

Bisa saja kamu memberi episode spesial yang hanya dirilis di Patreon atau memberi kesempatan pembaca untuk mengintip episode baru sebelum rilis untuk membuat pembaca Wattpad jadi tertarik.

3. Bergabung di Ko-Fi

Mirip-mirip Patreon, Ko-Fi juga merupakan situs yang bertujuan memberi ruang bagi orang-orang dengan karya untuk menerima apresiasi yang pantas untuk karya mereka. Lebih dari 500.000 content creator dari penulis hingga pelukis telah tergabung di Ko-Fi, loh.

Menariknya, semua biaya langganan dari penggemar akan 100% diberikan kepadamu. Di satu sisi, Ko-Fi menawarkan para penggemar untuk mengapresiasi creator favorit mereka mulai dari USD 3 atau sekitar Rp42 ribu. Lumayan, kan?

4. Kirim Cerita Wattpad ke Penerbit Buku

Film-film adaptasi Wattpad yang pernah kamu tonton di bioskop, pada umumnya sudah diterbitkan lebih dulu dalam bentuk novel, loh. Cara mendapat uang dari menulis di Wattpad ini juga akan membuat namamu semakin dikenal sebagai seorang penulis.

Entah diterbitkan dalam bentuk fisik atau digital, mengirim cerita Wattpad-mu ke penerbit akan menjadi langkah awal yang tepat untuk menambah pundi-pundi rupiah, geng. Siap memulai karier sebagai penulis?

5. Membuat Cerita Versi Ebook

Ini adalah solusi mendapatkan uang dari Wattpad yang cukup menjanjikan lantaran kamu bisa mendapat lebih banyak pembeli dan penghasilan meski menjualnya dengan harga murah.

Itu karena ebook yang berbentuk PDF akan lebih mudah diakses oleh pembaca dari mana saja tanpa harus terbebani ongkos kirim atau biaya yang besar. Kamu bisa menjual ebook tersebut seharga Rp25 ribu sehingga banyak orang yang tertarik.

Semakin banyak yang beli, semakin banyak pula pendapatanmu! Nggak akan ada istilah stok habis atau stok nggak laku, deh.

6. Tulis Cerita di Blog

Kamu yang sudah punya basis pembaca besar di Wattpad bisa menggunakan cara ini untuk menggaet pembaca agar membaca blogmu juga.

Selain menulis lanjutan cerita Wattpad, kamu juga bisa menambahkan konten-konten blog lainnya yang nggak ada di Wattpad.

Rajin-rajin share alamat blogmu agar banyak pengunjung dan jangan lupa pasang iklan supaya cuan ngalir, ya!

7. Gabung Komunitas Penulis

Perjalananmu sebagai seorang penulis cerita yang dimulai dari mendaftar Wattpad hendaknya harus dilanjutkan ke tingkatan yang lebih luas, geng.

Akan lebih baik jika kamu bergabung dengan komunitas penulis tertentu sehingga kamu bisa mempromosikan tulisanmu di Wattpad, bertanya tentang penerbit yang oke, hingga lowongan jadi penulis.

Berbekal pengalaman menulis di Wattpad, cara mendapatkan uang dari aplikasi Wattpad ini bisa menjadi pilihan efektif buat kamu.

8. Sampaikan Pesan Donasi Secara Langsung

Bukan dilakukan dengan cara meminta-minta, kamu juga harus tetap berusaha dengan membuat akun Instagram, fanpage Facebook, atau platform lainnya untuk terhubung dan berinteraksi dengan pembaca.

Jika waktunya sudah tepat, kamu bisa mengumumkan kepada mereka bahwa kamu menerima donasi dari siapa saja yang senang dengan karya tulismu dan ingin mendukungmu.

Akhir Kata

Kira-kira itulah cara mendapatkan uang dari Wattpad yang bisa dicoba. Meskipun nggak berasal langsung dari Wattpad, tapi cara-cara di atas sangat potensial menambah penghasilanmu, loh.

Pasalnya, hingga saat ini belum ada pemberitaan resmi Wattpad terkait cara-cara yang dapat digunakan untuk mencari uang secara langsung dari platform mereka.

Sementara pakai cara-cara di atas dulu, ya. Selamat mencoba!

Baca artikel dan berita menarik dari JalanTikus lainnya di Google News

Baca juga artikel seputar Wattpad atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

ARTIKEL TERKAIT

10 Cerita Wattpad Sedih Terbaru 2022, tentang Keluarga, Cinta, Sahabat, & Penyakit

7 Rekomendasi Cerita Wattpad Islami | Banyak Kisah Perjodohan!

7 Rekomendasi Cerita Wattpad SMA | Krisis Cinta dan Kepercayaan Diri

Download Wattpad Versi Lama Gratis | Fiturnya Gak Kalah Lengkap!

Kembali Keatas