Cara Mencegah Hacker Ngintip Via Webcam Laptop Kamu

Ditulis oleh Jaka - Senin, 10 Oktober 2016, 16:00
Jangan cuma pakai selotip, begini cara mencegah hacker menyadap dan ngintip via webcam dan mikrofon laptop kamu.

Beberapa bulan yang lalu, sempat heboh bahwa akun media sosial bos Facebook Mark Zuckerberg sempat di-hack. Namun, yang lebih mengejutkan adalah senjata rahasia Zuck untuk menangkal hacker hanyalah dengan selotip. Ya, beberapa pengamat bermata 'elang' mengungkapkan bahwa laptop di meja kerja Zuck ditempelkan selotip di bagian atas layar laptopnya untuk menutupi webcam dan memastikan bahwa tidak ada orang yang memata-matainya.

Tren menutup kamera webcam dengan selotip pun berkembang di kalangan pengguna Internet, terutama orang-orang yang tidak ingin diawasi oleh seseorang. Seperti yang kamu ketahui, bahwa hacker dapat memata-matai dengan mengakses webcam dan mikrofon laptop tanpa diketahui pemiliknya. Kabar gembiranya adalah sekarang sudah ada tool yang diklaim dapat mengetahui jika ada hacker yang menyusup ke komputer kamu.

BACA JUGA
  • Film Tentang Hacking yang Bikin Kamu Pengen Jadi Hacker
  • HARUS TAU! Ini 5 Cara Hacker Dalam Mencuri Data Dari Pengguna Facebook
  • Cara Mudah Melindungi PC dari Hacker Saat Kamu Diintai

Jangan Cuma Pakai Selotip, Begini Cara Mencegah Hacker Ngintip Via Webcam Laptop Kamu

Seorang hacker ex-NSA bernama Patrick Wardle telah menciptakan sebuah alat yang disebut OverSight. Fungsinya adalah untuk mengawasi setiap aplikasi yang mencoba mengakses webcam laptop kamu. OverSight akan memberikan peringatan secara otomatis ketika ada sebuah aplikasi yang menggunakan fungsi kamera dan mikrofon laptop kamu.

Menutup webcam dengan selotip memang sebuah langkah sederhana yang cerdas, jadi hacker tidak bisa memata-matai kamu. Tetapi bagaimana jika kamu harus menggunakan webcam sewaktu-waktu? Itulah kenapa OverSight sangat dibutuhkan. Sayangnya, sampai saat ini OverSight hanya tersedia untuk OS X (MacOS).

Dilansir dari Fossbytes, OverSight akan senantiasa mengawasi semua aplikasi yang menggunakan webcam, termasuk aplikasi ternama seperti Skype. MacBook memang memiliki lampu LED yang berubah menjadi hijau untuk menunjukkan bahwa webcam aktif, namun banyak perangkat komputer yang tidak memiliki indikasi lampu LED seperti MacBook.

Maka dari itu, OverSight diciptakan untuk memberi peringatan jika webcam kamu disusupi oleh hacker. Akhirnya, sekarang ada sesuatu yang dapat diandalkan selain selotip. Semoga saja, OverSight untuk OS Windows segera dirilis. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa langsung mengunjungi situs resmi OverSight di sini.

ARTIKEL TERKAIT

7 Tips ini Bisa Membuat Smartphone Kamu Secepat Galaxy Note 7

12 Tips Penting Membeli Laptop Berkualitas yang Cocok Buat Kamu

10 Cara Merawat Layar Smartphone Agar Selalu Terlihat Seperti Baru

10 Aplikasi Kalkulator Android Terbaik untuk Mahasiswa Akuntansi

APPS TERKAIT
Facebook 259.0.0.36.115
Apps Facebook, Inc.
HideMyAss! Pro VPN for Android 2.0.0.19.2
Apps Privax
CyberGhost VPN 5.5.1.3
Apps Cyberghost S.R.L
Hotspot Shield 9.6.0
Apps Pango
undefined
Kembali Keatas