Cara Menambah FPS (Frame Per Second) Saat Main Game di PC

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 09 September 2016, 16:00
Untuk mendapat FPS yang tinggi tentunya membutuhkan permintaan _hardware_ yang tinggi. Nah, di sini Jaka bagikan cara meningkatkan FPS meskipun di PC/laptop jadul sekalipun.

Saat ini bermain game menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Tidak hanya sebagai hobi, bermain game juga terbukti bisa menghilangkan stres. Kenyamanan dan kesenangan menjadi kunci utama ketika bermain game. Di dalam dunia game dikenal FPS (Frame Per Second). FPS bisa dibilang merupakan tolok ukur kenyamanan bermain game, karena semakin tinggi FPS yang didapat maka semakin lancar pula game yang dimainkan.

Rata-rata FPS yang bisa dibilang nyaman adalah 30-60 FPS. Untuk mendapat FPS yang tinggi tentunya membutuhkan permintaan hardware yang tinggi. Nah, di sini Jaka bagikan cara meningkatkan FPS meskipun di PC/laptop jadul sekalipun.

BACA JUGA
  • 5 Game Kartu Remi Android Terbaik di Indonesia 2017
  • Line Rush, Game Terbaru dari LINE yang Lebih Keren dari Subway Surfer
  • Game Casual Android Paling Keren Edisi September 2016

Cara Menambah FPS (Frame Per Second) Saat Main Game di PC

1. Update Driver VGA

Cara pertama untuk menambah FPS game PC adalah dengan update VGA. Hal yang satu ini cukup penting karena VGA merupakan salah satu hardware yang berpengaruh dalam bermain game selain prosesor. Jadi, pastikan PC/laptop sudah terinstal driver VGA terbaru. Jika ingin mengetahuinya, kamu bisa cek lewat Device Manager lalu Display Adapters.

Saat ini ada dua perusahaan raksasa dalam urusan VGA Gaming yaitu AMD dan juga Nvidia. Jika kamu ingin update VGA, bisa langsung melalui website resmi mereka, untuk AMD bisa lewat AMD Drivers Update dan Nvidia bisa melalui Nvidia Drivers Update. Nah, kalau PC/laptop masih menggunakan VGA Intel Onboard bisa dicek melaui Intel Driver Support. Namun jika PC/laptop kamu masih menggunakan VGA Onboard, Jaka sarankan untuk membeli yang PC/laptop baru karena saat ini banyak game yang tidak support VGA Onboard.

2. Tweaking Windows

Tips kedua dalam menambah FPS game PC ialah Tweaking Windows. Tweaking Windows bisa dibilang merupakan salah satu cara paling ampuh untuk mengurangi lag atau cara ini terbilang paling favorit untuk menambah fps. Selain untuk menambah kenyamanan dalam bermain game, tweaking juga bisa untuk mengurangi lemot pada PC/laptop. Berikut ini beberapa tweaking yang Jaka sarankan agar bermain game lebih lancar dan nyaman.

Menghilangkan Efek-Efek Animasi pada Windows

Setting Jumlah Core pada Prosesor

3. Menggunakan D3DOverrider

D3DOverrider merupakan software yang cukup ampuh untuk menambah FPS. Software ini menggunakan sistem Triple Buffering. Apa itu Triple Buffering? Saat kita bermain game atau melakukan rendering pastinya memerlukan yang namanya buffer. Nah, buffer ini berfungsi untuk menampung data sementara di dalam VRAM sebelum ditampilkan ke monitor.

Dengan adanya buffer, otomatis kinerja laptop dalam bermain game akan semakin bertambah. Maka dari itu Triple Buffering sangat dibutuhkan jika tiba-tiba game lag di tengah permainan. Selain itu Triple Buffering juga terbukti ampuh dalam menambah FPS. Untuk melakukan Triple Buffering sangat disarankan menggunakan D3DOverrider. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

4. Overclock Hardware

Overclock adalah tindakan untuk meningkatkan sebuah komponen clock rate, dalam kata lain menjalankan komponen pada kecepatan lebih tinggi dari asalnya. Overclocking biasanya dilakukan untuk CPU atau GPU. Jadi, prosesor yang memiliki kecepatan sebesar 2.5 Ghz bisa ditingkatkan hingga ke 3.0 Ghz.

Overclocking bisa dilakukan lewat BIOS maupun melalui software tambahan. Salah satu software Overclocking adalah Rivatuner, SetFSB dan MSI Afterburner. Namun, proses overclocking ini sangat beresiko karena dapat membuat komponen yang di-overclock cepat panas dan juga cepat rusak. Meskipun begitu banyak orang yang rela melakukan overclocking demi mendapat FPS yang nyaman.

ADVERTISEMENT

Itu tadi beberapa cara untuk menambah FPS (Frame Per Second) dalam bermain game. Selain cara di atas, kemampuan hardware yang kamu miliki juga pasti sangat berpengaruh dalam bermain game. Jika kamu punya saran atau pertanyaan bisa ditulis di kolom komentar ya. Semoga Bermanfaat!

ARTIKEL TERKAIT

25 Aplikasi Kamera yang Bisa Mengubah Android Secanggih DSLR

Yakin Android Kamu Asli? Ini Cara Cek Smartphone Asli Tanpa Dibongkar

6 Game Rahasia Milik Google, Udah Pernah Mainin?

APPS TERKAIT
Subway Surfers for PC 1.1
Games Kiloo
Update Transfer Pemain PES 2013 (1 September 2015)
Games BAGAS31.com
FIFA Online 3 Indonesia Full Client Installer 20140618
Games Garena
Angry Birds Star Wars 2 1.5.1
Games Rovio Mobile Ltd.
undefined
Kembali Keatas