4 Cara Mudah Menambah dan Menghapus Akun Google di HP

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 27 Mei 2020, 15:30
Cara menambah akun Google di HP pun sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri. Kamu juga dapat menambah akun lebih dari dua di HP Android kamu. Yuk, simak cara selengkapnya berikut ini!

Memiliki akun Google adalah hal yang dibutuhkan oleh setiap pengguna Android, tanpa adanya akun maka sulit rasanya untuk mengoperasikan HP dengan maksimal.

Akun Google penting dimiliki untuk berbagai hal yang berhubungan dengan layanan Google seperti Play Store hingga Gmail. Bahkan, ada pengguna yang menggunakan lebih dari satu akun dalam HP Androidnya.

Cara menambah akun Google di HP pun sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri. Kamu juga dapat menambah akun lebih dari dua di HP Android kamu. Yuk, simak cara selengkapnya berikut ini!

Cara Menambah dan Menghapus Akun Google

Memiliki HP dengan sistem operasi Android tidak lengkap rasanya jika tidak memiliki akun Google, karena hampir semua layanan yang diberikan dalam Android kini sudah terintegrasi dengan akun Google itu sendiri.

Pengguna bebas memiliki akun Google sebanyak-banyaknya, apalagi jika berkaitan dengan urusan kebutuhan bisnis atau sekadar ingin memiliki akun berbeda dalam satu aplikasi.

Cara menambah akun Google di Android relatif mudah dan bisa kamu lakukan sendiri. Berikut cara menambah akun Google yang Jaka sediakan lengkap dengan langkah bergambar. Serta ada tambahan cara menghapus akun Google jika kamu tidak menginginkan akun lama.

1. Cara Menambah Akun Google Lewat Pengaturan HP

Cara yang bisa kamu lakukan untuk menambah akun Google sangat simpel dan bisa kamu lakukan dengan cepat. Namun, tak semua pengguna Android tahu di mana pengaturan untuk menambahkan akun.

Pengaturan tersebut umumnya ada di dalam halaman setting HP dan terletak di dalam kolom Account. Kamu bisa cek cara menambah akun Google lewat pengaturan selengkapnya yang Jaka lakukan di HP Samsung berikut ini:

ADVERTISEMENT

Langkah 1 - Buka Settings dan pilih Account. Tiap HP memiliki bentuk pengaturan yang berbeda-beda, kamu bisa temukan pengaturan akun di kolom Account.

Langkah 2 Klik Add Account dan pilih Google.

Langkah 3 Masukkan email atau nomor HP dan isi password.

Langkah 4 Setujui Syarat dan Ketentuan, lalu tentukan data yang ingin diinstall

Baca syarat dan ketentuan akun Google terlebih dahulu sebelum kamu menyetujuinya, lalu pilih aplikasi apa yang ingin kamu install di HP dan Restore, atau pilih Skip untuk mengabaikan

2. Cara Menambah Akun Google Lewat Google Play Store

Cara menambah akun Google lewat Google Play Store ini adalah salah satu cara alternatif selain melalui pengaturan HP. Namun, untuk menggunakan cara ini pastikan kamu sudah login akun terlebih dahulu.

Biasanya, akun akan login secara otomatis saat kamu menambahkan akun pertama kali ke HP. Untuk mengetahui akun kamu sudah login atau belum, bisa lihat profil akun Google yang akan tampil di pojok kanan atas layar.

Langkah 1 Buka Google Play Store lalu klik profil akun Google. Profil akun Google ada di pojok kanan atas layar.

Langkah 2 Pilih Add Another Account.

Langkah 3 Login akun Google. Langkah ini sama dengan cara pertama saat kamu login akun Google.

Selain menggunakan Google Play Store sebagai alternatif cara menambah akun Google, kamu juga bisa menggunakan alternatif cara lainnya melalui Gmail.

3. Cara Menambah Akun Google Lewat Gmail

Alternatif cara menambah akun Google lainnya adalah melalui Gmail yang tersedia di setiap HP Android secara default. Sama seperti Google Play Store, kamu harus pastikan akun sudah login jika ingin menggunakan cara ini.

Gmail juga digunakan sebagai langkah awal untuk membuat akun Google. Jika kamu belum memiliki akunnya, maka kamu bisa melihat langkah pendaftarannya di artikel Cara Membuat Email Gmail di PC dan HP.

Berikut langkah selengkapnya untuk cara menambah akun Google lewat Gmail:

Langkah 1 Buka Gmail, lalu buka profil akun Google. Profil akun berada di pojok kanan atas layar seperti pada Google Play Store.

Langkah 2 Pilih Add Another Account, lalu pilih Google.

Langkah 3 Login Akun Google.

Ketiga cara ini dapat kamu lakukan untuk menambah akun Google di HP kamu. Jika kamu merasa ada akun yang tidak diinginkan, maka kamu bisa menghapus akun tersebut dari HP kamu. Berikut cara menghapus akun Google di HP selengkapnya!

4. Bonus: Cara Menghapus Akun Google

Memiliki akun yang banyak terkadang malah menyulitkan kamu untuk bisa mengaturnya. Alhasil, HP kamu jadi penuh dengan data-data tak penting dan keamanan juga jadi terancam.

Maka, memilih akun Google tertentu di dalam HP adalah hal yang penting kamu perhatikan. Jika sudah terlanjur menambah akun yang banyak, ada cara untuk menghapusnya, kok!

Cara menghapus akun Google di HP sama-sama bisa kamu lakukan melalui pengaturan, Google Play Store ataupun Gmail. Namun, kali ini Jaka hanya memberikan cara untuk menghapus melalui pengaturan HP.

Berikut cara selengkapnya yang bisa kamu ikuti:

Langkah 1 Buka Settings dan pilih Account. Tiap HP memiliki bentuk pengaturan yang berbeda-beda, kamu bisa temukan pengaturan akun di kolom Account.

Langkah 2 Pilih akun yang ingin dihapus.

Langkah 3 Klik Remove Account. Kamu akan ditanya sebanyak dua kali untuk memastikan akun yang ingin dihapus sudah benar.

Mudah bukan caranya? Kini kamu bisa menambah dan menghapus akun Google kapan saja dengan mudah.

Walau kamu memiliki banyak akun di satu HP, tapi penggunaan akun aktif hanya bisa satu saja. Jika kamu ingin beralih akun, maka harus kamu lakukan secara manual.

5. Bonus: Cara Mengatasi Lupa Password Akun Google

Memiliki banyak akun Google terkadang menyulitkan kamu untuk mengaturnya. Apalagi jika kamu sampai lupa password atau kata sandi akun kamu.

Namun, jika hal ini terjadi masih ada cara untuk mengatasinya asalkan kamu sudah mencatat semua informasi penting untuk account recovery. Cara mengatasi lupa password bisa kamu lakukan dengan 3 cara yaitu:

Kamu bisa melihat cara selengkapnya beserta langkah bergambar di artikel Cara Mengembalikan Akun Google yang Lupa Password.

Akhir Kata

Itu dia cara menambah akun Google yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan cepat. Pastikan akun yang kamu gunakan di HP adalah akun terverifikasi dan aman, ya!

Jangan lupa untuk jaga kesehatan di saat pandemi COVID-19 ini, ya. Jangan lupa cek tips lainnya di JalanTikus, serta berikan komentar dan like jika kamu suka dengan artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

ARTIKEL TERKAIT

Cara Hapus Akun Google Otomatis Saat Kamu Meninggal

Cara Login ke Akun Google Tanpa Perlu Mengetikkan Password

Cara Mengatasi Gagal Login Akun Google di Android

Tips Paling Ampuh Mengamankan Akun Google Kamu

Cara Menyimpan Semua Password yang Kamu Miliki ke Akun Google

10 Fasilitas Unik ini Bikin Kamu Ngebet Ingin Kerja di Google

undefined
Kembali Keatas